Friendzone


“Kenapa lo masih pengen liat salju Eropa sementara hujan Indonesia aja udah bisa bikin lo bahagia? Kebahagiaan yang kayak gimana lagi yang lo mau?”




I’m back!

Setelah postingan kemarin belatar ‘mimpi’, kali ini gue bakal sedikit berbagi soal yang namanya Friendzone.

Yup, Friendzone!
Sebelum masuk ke yang namanya friendzone, gue nanya dulu nih. Musti dijawab jujur, ya! Lo pasti punya teman, kan? Atau gak sahabat deh? Atau gak... em, teman dekat, atau teman curhat? Atau seseorang yang selalu ada buat lo saat lo lagi butuh sandaran waktu ngadepin masalah-masalah lo? Punya, kan? Pasti ada lah, ya.

Emang si, gue juga tau, kalo susah banget buat kita punya sahabat yang sempurna. Sempurna di sini adalah sahabat yang ngerti kita luar dalam, yang ada bukan cuman pas saat kita lagi happy doang, tapi ada pas kita lagi di bawahnya aspal jalan tol; terpuruk maksud gue.

Kata mega best friend gue, gak ada sahabat yang sempurna. Bener tuh! Tapi, sekarang coba deh lo pikir. Setidaknya kita punya bejana yang dengan ikhlas mau nampung semua duka cita kita selama hidup di dunia; ya, meskipun gak setiap waktu. Itu sebuah penghargaan yang luar biasa banget, kan?
Tapi, apa lo bisa menghargai penghargaan semacam itu sama sahabat lo yang beda jenis sama lo? Maksud gue, gak menutup kemungkinan kan kalo ada cewe yang punya sahabat yang seorang cowo. Begitu juga sebaliknya. Apa lo salah satu dari orang-orang di dunia ini yang punya atau sahabat yang beda jenis? Gimana rasanya? Happy for after forever? Or you got something that attack your feeling? Huh?

Apa lo tau, gimana rasanya memendam sebuah rahasia di hati lo sendirian? Elo, yang biasanya bakal berbagi soal apapun sama sahabat lo akhirnya musti tutup mulut serapat mungkin karena sebuah rahasia yang cuman hati lo yang tau. Sebuah rahasia yang lo tahan dan lo handle sendiri? Tau, gimana rasanya?


Friendzone?
Buat gue friendzone itu bukan cuman di sebelah atau di salah satu pihak aja. Karena gue ngalamin hal yang beda sama yang di bilang teman-teman gue soal friendzone. Friendzone dalam kamus hidup gue adalah sebuah area yang lo dan sahabat lo gak bisa keluar. Friendzone atau warning situation in relationship adalah sebuah keadaan di mana elo dan sahabat lo ng.stuck di satu titik dan gak bisa beranjak dari hubungan kalian yang cuman sebagai sahabat doang.

Friendzone itu asyik, tapi mengusik, guys. Serius! Asyik-nya saat lo punya seseorang yang (beda jenis) bisa ada buat lo, denger semua cerita dan curhatan lo tiap hari, become all ears person; special just for you, nemenin ke mana pun lo pergi dan kapan pun lo perlu, jadi kekeran utama lo buat di chat kalo lo lagi bete, ketawa bareng karena ngebahas hal-hal gila selama seharian penuh, ngatain bencong-bencong di per-empatan jalan sambil ngatain sahabat lo “tipe lo banget tuh!”.

Gini deh, pernah nggak lo nelpon tukang taksi buat datang ke alamat yang lo sebutin secara ngaco karena usul sahabat lo doang? Pernah nggak karena kalah main TOD ama sahabat lo, lo kepaksa nulis pm atau status buat banci di dekat rumah? Pernah nggak lo telat ke sekolah dan hampir aja di tutup gerbang ama satpamnya, cuman gara-gara nungguin sahabat lo yang ngantri di tempat fotocopy? Pernah gak lo di omelin ama emak sahabat lo karena ngebawa pulang anak orang pas ujan-ujan? Pernah gak lo ngabisin hampir separuh hidup lo bareng seseorang yang ternyata tanpa lo sadari, dia udah jadi bagian terpenting dalam hidup lo? Pernah gak?

Kalo udah kayak gitu, sedekat apa jadinya hubungan kalian? Apa bisa di bilang teman baik doang? Apa bisa di bilang sahabat doang? Apa bisa?

Gue udah ngalamin hal itu, dan gue tau, gak ada yang bisa di bilang ‘‘Kita temenan doang, kok’’ dari setiap moment dan cerita yang udah gue alamin sama sahabat gue. Gue tau, baik gue atau dia, kami emang gak bisa ngapa-ngapain lagi selain ngadepin konsekusi atas hubungan yang udah kami bangun selama bertahun-tahun lamanya. Gue udah ngabisin hampir 7 tahun dari hari hidup gue bareng dia. Kita ketawa, nangis, berantem, saling bantu, kita masing-masing jadi pendengar yang hebat, saling ngisi satu sama lain. Dan entah kenapa konsekuensi itu muncul dalam sebuah bentuk perasaan yang sampai hari ini tetap gak bisa gue toleran.

Hancur aja rasanya saat gue tau, sahabat yang gue kenal selama ini ternyata udah nggak lagi bisa jadi sahabat buat gue. Semudah itu ‘perasaan dia’ merubah ‘kami’. Semudah itu dia angkat kaki dari rumah yang udah jadi bagian dari cerita gue sama dia. Dan saat itu, gue nggak bisa ngapa-ngapain lagi. Gue lepasin dia, sebisa gue. Ya, sebisa gue.

Penekanan terbesar gue sama dia adalah “Gue udah terbiasa sama keadaan yang sekarang. Dan gue nggak mau ada perubahan.” Gue tau, itu salah. Keegoisan gue udah ngehancurin semuanya. Gue emang gak bisa keluar dari zona persahabatan gue sama dia. Makanya, gue mati-matian nekanin sama dia kalo kita emang udah musti stay di sini doang.

Asataga, jadinya gue sesi curhat dong nih hahahaha.

Yaudah, langsung aja deh, gue bagiin komentar teman-teman gue soal yang namanya friendzone.
Let's correct one by one.

Me : What's friendzone? Explain to me

***

"friendzone" atau zona pertemanan, biasa dialami sm orang yang terlalu lupa akan rasa nyamannya. sehingga ketika ditanya apa hubungan mereka, org itu tidak bisa menjwb. karna hanya sebatas "teman". mngkin disatu pihak ada yg meinginkan lebih dr sekedar teman, tp mngkin pihak satunya tdk meinginkannya atau bahkan mmg hanya untuk pertemanan semata. hati-hati yg sdg dlm "friendzone" karna ada kemungkinan satu pihak berperan sbg PHP:)

Itu kata pacar temen gue.
iya? Emang jadi PHP? Kalo buat gue si ya nggak selalu, nggak mesti kayak gitu. PHP itu efeknya jadi jahat banget lah, ya. Sementara, mana ada si orang yang mau nyakitin perasaan sahabatnya sendiri? Sesayang-sayangnya kita sama sahabat kita, nggak bakal bisa jadi kekasih buat dia. Dan sejahat-jahatnya kita ama sahabat kita, nggak bakal bisa jadi PHP-er. PHP itu bentuk ketidak-sengajaan, guys. Inget itu.

"...terlalu lupa akan rasa nyamannya. sehingga ketika ditanya apa hubungan mereka, org itu tidak bisa menjwb..." 
Lupa akan rasa nyamannya sebagai sahabat. Pas ditanya apa hubungan mereka, nggak ada jawaban yang spesifik. "We're just be friends" tapi ngarepnya lebih. "We're in love" tapi kenyataannya? Kadang rasa nyaman itu yang jadi alasan, kenapa bisa jadi sahabatan. Bahkan nggak jarang, rasa nyaman itu juga yang bikin kita ng.stuck di friendzone doang.



***
"Ya gitu pang.. Maunya beteman aja padahal salah satunya mengharapkan lebih.. Mungkin(?)"

Itu dari mantannya temen gue.

"...mengharapkan lebih.." Emang itu yang dimau, more than friends. Tapi, gimana, namanya juga ke-konsistensi-an persahabatan. Selalu aja di pertahanin meskipun sakitnya ampe ke ubun-ubun. Dan, kalo udah kayak gitu, kita tinggal memilih, berhenti berharap? Atau berhenti bersahabat?



***
"Friendzone Adalah situasi yang Sulit bagi beberapa orang , tapi menurut ku friendzone bisa sjaa tidak terjadi. Kenapa? Kalau niat awal nya Ada sebagai teman curhat , atau sahabt , tidak mungkin lah seseorang bisa sayang sama sahabat nya karena "cinta" yang Ada sayang sebagai sahabat. Menurut ku juga , kalo friendzone harus langsung dikatakan , daripada dipendam. Terus friendzone tidak Akan terjadi apabila keduanya berpikir dewasa."

Nah, kalo yang itu dari ketua kelas gue kelas 2 SMA, waka E-Band di sekolah gue.
"...Kalau niat awal nya Adalah sebagai teman curhat , atau sahabat ,tidak mungkin lah seseorang bisa sayang sama sahabat nya karena 'cinta' "
Hey, who knows? Siapa yang bisa merubah perasaan? Siapa yang mau rasa sayangnya ama sahabat berubah jadi rasa sayang yang awkward kayak gitu? Who Wants?
Gue kasih tau ni, ya. Nggak ada yang bisa menyangkal perasaan, nggak ada yang bisa meng.convert rasa sayang dalam bentuk apapun. Semuanya itu ya datang dari diri kita sendiri, dari perasaan dan hati kita sendiri.

Iya, bener. Niatnya cuman sebagai teman curhat atau sahabat doang. Pas ditanya di 1 tahun pertama kenalan, dijawab "Cuman temenan doang.". 2 tahun berikutnya, "Kita ya, gitu-gitu doang. We're just be friends." Next year selanjutnya, "Kita, ya... yang kayak lo semua liat. Sahabatan." Next year for more "Gue ama dia...."
Siapa yang tau misteri lo besok hari?



***
"Hmm friendzone? Tiap hari chat, di perhatiin, cerita cerita bareng, jalan bareng juga, ketawa ketawa bareng, sedih sedih bareng. Semua nya bareng (? Tapi pas ditanyain hubungan nya apa dijawab "aku udah nganggep kamu temen" :) tapi ada juga yg bilang kalo friendzone itu gaada cuma kita nya aja yg geer dan baper tapi tergantung juga sih. Kalo dia emang ngelakuin hal itu ke yg lain juga berarti dia emang baik kesemua. Dan anggep kita cuma temen."

Itu dari temen satu legion gue pas masuk SMA dulu.

"...Semua nya bareng..." Kebersamaan, rasa saling melengkapi dan saling mengisi. Sahabat lo bakal berusaha buat selalu ada di samping lo, nemenin lo gimana pun keadaan lo saat itu; susah, sedih, suka, duka, bahagia, derita, bahkan sampai lo ngabisin beratus-ratus lembar tisu pun dia bakal tetap ada di samping lo, dengerin ocehan-ocehan lo yang padahal bikin suntuk berat, ngasih lo saran ini itu, nyabarin lo sambil bilang "Lo musti gini... gini, bla bla bla ini itu."
Kebersamaan, dan saling mengisi. Sanggup lo?



***
"Friendzone itu zona yg aneh . Karena segalanya itu awkward dan ngestuck on 'friends' status."

Itu dari temen gue yang jago Bahasa Inggris di sekolah.

"...segalanya itu awkward dan ngestuck on 'friends' status."
Gimana rasanya ampe awkward moment ama sahabat lo sendiri? Seolah-olah lo nggak punya topik pembicaraan, seolah-olah lo bisu banget buat cuman sekedar ngomong doang. Berasa jadi stranger aja lah kalo awkward moment itu terjadi di elo sama sahabat lo. Ng.stuck, nggak tau musti bergerak ke arah mana. Maju salah, mundur salah. Kalo lo nerusin friendzone-lo, lo bakal mendam sendiri perasaan itu, bakal mendam sakit lo sendiri. Tapi, kalo lo keluar dari friendzone-lo, lo bakal kehilangan sahabat lo.

Mau pilih yang mana?



***
"friendzone itu...... dimana kita merasa nyaman sama seseorang yang nyatanya cuma bisa kita anggap tidak lebih dari seorang teman."

Ini dari siapa, sumpah gue lupa.

"....merasa nyaman sama seseorang yang nyatanya cuma bisa kita anggap tidak lebih dari seorang teman." Merasa nyaman. Inget ya, guys, rasa nyaman itu mahal. Nggak bisa dibeli, atau diobralin gitu aja. Rasa nyaman itu kayak elo pake sistem barter. Apa yang lo kasih ama orang terkadang gak sama seperti yang lo terima, tapi itu yang lo butuh, kan? Lo jual kebahagian lo buat orang yang lo sayang, dan lo terima luka dari orang yang udah lo kasih kebahagiaan itu. Inget baik-baik, hati dan perasaan itu bukan hukum III Newton, bukan sebuah dongkrak dan pesawat sederhana yang dengan mudah bisa lo pake buat ini itu. Perasaan itu bukan aksi = reaksi, karena apa yang kita berikan ke orang yang kita sayang tidak sama dengan apa yang dia berikan ke kita.


***

"Pren? pren itu forever."

"...forever." Itu dari anak Indo yang pernah tinggal di belahan dunia sana.

Selamanya bakal tetap kayak gini aja, bakal tetap jadi sahabat yang dengan setianya bla bla bla ini itu. Sanggup emang buat ng.jaga ke-konsisten-an forever itu?



***

"Friendzone itu suatu kondisi dimana kita udh nganggap seseorg yg udh bisa kta bilang deket bgt dgn kita ato yaa bisa jd shabat ato gebetan tp cuma ngangap ke kita nya temen biasa ato sekedarnya aja. ya klo dgn gebetan sih tanda2 one sided love."

Itu dari teman SMP gue.
"...one sided love." gimana? Sakit nggak? One sided love sama sahabat lo sendiri, sama orang yang udah lo kenal luar dalam. Mau di kayak gimanain lagi kalo udah kayak gini? Pendam sendiri aja. Kalo kata temen gue "mamam tu cinta!".



Kekuatan friendzone itu berbanding lurus sama seberapa lama lo and sahabat lo stay bareng. Makin lama lo stay bareng dia, makin besar juga hukum friendzone berlaku buat lo. Semakain lama kita ng.stay bareng, makin lama kita ng.stuck, makin lama juga hukum friendzone mengikat kita.

Hukum friendzone?

Hukum friendzone itu :
1. Selalu ada bagian dari diri sahabat kita yang gak kita tau, yang dia sembunyiin lebih tepatnya.
2. Terkadang “I’m okay” adalah tipudaya friend in friendzone.
3. Terluka dalam tawa
4. Bahagia dalam luka
5. Kebahagiaan sahabat kita adalah segala-galanya buat kita

Itu buat gue hukumnya. Nggak tepat banget si, cuman kalo buat gue yaaa emang kayak gitu. Nggak sepadan, tapi itulah kenyataannya. Kalo menyangkut sama orang yang kita sayang, apa aja juga bakal dilakuin, kan?

Oh iya, di sini gue mau sedikit berbagi.
Cerita tentang sahabat yang akhirnya mengalah dan pergi karena dia sadar, dia nggak bisa memiliki orang yang dia sayang melebihi batas sahabat.

Jadi gini...
Gue udah ngehabisin bertahun-tahun masa hidup gue bareng sahabat gue. Seorang cowo yang dengan ikhlasnya udah jadi bagian terpenting dalam hari-hari gue selama bertahun-tahun lamanya. Dengerin curhatan gue, jadi teman ngobrol gue, mau aja gue ajak keliling-keliling tukang fotocopy pas hujan-hujan cuman karena tugas gue doang, nggak ngambek waktu gue kata-katain ini itu, gue omelen ini itu. Dia ngasih gue banyak pengalaman dan kenangan-kenangan gokil yang buat gue sendiri gak bisa gue dapetin dari orang lain. Dia sahabat terbaik gue, mega best friend gue. Sumpah, gue gak nemuin lagi orang yang kayak dia; mungkin, bahkan di belahan dunia manapun.

Sampai pada akhirnya, gue tau. Gak ada lagi yang musti di jaga. Gue emang gak bisa move on sepenuhnya dari cowok sialan yang udah gue taksir selama hampir 5 tahun lamanya. Gak ada yang bisa bikin gue move on; gak terkecuali mega best friend gue. Buat gue, dia tetap sahabat gue, dan gak ada yang berubah buat hal itu sampai kapanpun. Gue bukan orang yang bisa mudah nerima fakta, musti gue telusurin dulu bener-bener. Gue juga bukan orang yang mudah... the point of this one is I’m not simple for bla bla bla.


Dan dia ninggalin gue. 

Sumpah.
Ada yang hilang dari hidup gue selama beberapa waktu karena hal itu. He told me that he has already taken. Hahahaha, dunia udah mempermainkan perasaan atau perasaan yang udah menipu dunia? Gue gak tau, kenapa dia ampe ngirimin gue email dan ngasih gue tips-tips buat get out from friendzone, sementara dia sendiri juga terjebak di sana. He told me that he has already taken isn’t  to prove. Dan buat gue, itu semacam kayak dia pamerin cewe dia. And it ain’t make me dizzy. Karena apa? Karena gue juga bisa kayak gitu. Secepat itu dia taken, secepat itu juga gue bakal ngelupain dia. Gue kenal dia bukan cuman setahun dua tahun doang, tapi udah tujuh tahun. Udah selama 7 tahun gue kenal dia, luar dalam. Gue tau sifat dia, makanan favorit dia, film genre apa yang jadi tontonan dia di rumah, bahkan gue sampai tau deretan mantan-mantan dia. And he’s not simple one for bla bla bla.

And finally, gue taken. Gue pikir emang itu yang musti gue lakuin. Langkah yang tepat untuk melupakan masa lalu adalah dengan membuka buku baru. Dan gue berprinsip “It’s bitter to be better. But if we believe our ways, it would be the one reason for us to go on.” Gue berusaha  buat membuang muka dari kenyataan yang nyatanya tetap aja jadi background di hidup gue. For first time I fell in love, with my mega best friend’s best friend. And Atlas looks so weak to hold the earth when I knew my mega best friend’s best friend had run for someone. Gue bisa apa? Gue berbagi sakit hati gue ya cuman sama mega best friend gue. Dan gue bersyukur banget sama Tuhan, gue gak sendirian sewaktu ngadepin masalah-masalah gue until I could make him burried. Gue udah kubur sedalam-dalamnya  5 tahun rasa suka gue dengan mencoba ngikutin saran mega best friend gue. Gue ingat banget kata-kata dia, “kenapa sih lo masih pengen liat salju Eropa sementara hujan Indonesia aja udah bisa bikin lo bahagia? Kebahagiaan yang kayak gimana lagi yang lo mau?” Dan gue sadar, mega best friend gue udah ngajarin gue satu hal yang berharga, “Lo nggak perlu liat seluruh alam semesta buat meyakinan seberapa luas ciptaan Tuhan. Cukup lo resapi dan tatap baik-baik apa yang udah ada di depan mata lo.” Gue suka sama sahabatnya sahabat gue, dan sahabatnya sahabat gue itu gak bisa jadi sahabat gue karena gue tau, gue nggak bisa jaga hati semudah itu. And we just break up ours. Kita bertiga sekarang menjalani hidup masing-masing. Without contact as we should to be.



***


Nah, ini ada resolusi keluar dari friendzone. Dibaca dulu deh. Ini Semacam kayak prolog kehidupan; orisinil!


To : Mega bestfriend

Karena itu pilihan kita, kan? Karena setiap orang selalu punya alasan buat bertahan. Setiap orang selalu punya cara buat bertahan? Apa harus gue ceritain di sini sama lo, apa alasan dan cara gue selama ini buat bertahan sama hubungan yang udah stuck di friendzone aja, ***?

Gue pikir ini emang udah takdirnya kali, ya. Kita emang gak bisa lebih dari sekedar mega best friend doang, ***. Parah banget ya, we fall in love with someone we can’t have, sahabat sendiri. Hahaha... 

Btw lo ada punya resolusi saat terjebak dalam friendzone, gak? Gue ada punya lo, ***. Nggak mujarab-mujarab banget si, cuman ya... gue harap bisa membantu kita biar bisa cepat-cepat keluar dari zona berbahaya ini.
1. Lupain gue
2. Lupain semua tentang kita
3. Delete file “Kita” di memori-memori rahasia lo
4. Hapus nomor gue, ***
5. Jangan “PING!!!” gue kalo lo lagi butuh seseorang
6. Janji sama langit-langit dan dunia Astronomi lo buat bisa ngelupain kenangan-kenangan gila kita
7. Cari orang lain, ***

7 step aja si. Nggak banyak-banyak emang, ntar lo makin susah buat bisa keluar dari zona “kita”

Lo tau nggak, ***. Waktu Tania nanya, gue udah di step yang mana, gue bingung, ***. Gue bingung. Kira-kira gue udah bisa lupain lo apa nggak. Tapi, lo tenang aja, gue bakal nepatin janji gue buat bisa lupain lo secepat mungkin.
Btw, lo udah liat kan cewenya?
Nggak kayak elo, si. Soalnya lo kan impossible to find, ***, Hahaha.

Gue mau balas apalagi nih, bingung gue.
Oh iya, lo sendiri gimana? Udah nemu pengganti gue apa belum? Ingat, ya, ***, jangan nyari orang yang kayak gue, soalnya gue kan limited product, wkwkwkwkwkwk.

Eh, tapi soundtrack cerita kita tetap Rahasia Hati-nya Nidji, kan, ***? Itu lagu sepanjang massa gue nungguin lo tau. Makanya gue nyuruh lo dengerin tu lagu tiap malam biar lo ingat kalo masih ada gue di dunia ini. Tapi, sayang ya, ***, nggak ada effectnya juga emang. 
We still stuck in friendzone area, danger, emergency, warning.

Eh, ***. Ntar kan desember Kak Ajeng mau nikah di sby, lo ikut gk? Ntar gue jemput deh biar lo bisa ke ygy, sekalian mau gue kenalin ama Tya.

Apa lagi nih...
Nah, iya! Mulai malam ini kita nggak usah chat-chat-an lagi, ya ***. Jadi repost-repost kita di blog itu contact terakhir kita. Gue mau fokus belajar buat UN ntar. Lo juga mau fokus bikin KTI, kan?

Sorry, ya, ***. Gue nggak bisa stay lagi buat lo, nggak bisa lagi denger curhat lo, nggak bisa lagi dukung lo buat ini itu. Alasan bertahan gue selama ini udah kalah telak sama friendzone kita yang udah stuck kayak gini.

We always stuck, we don’t know how to move. So, I just need to break up ours.

Buat gue, lo adalah sahabat yang luar biasa, ***. Sampai-sampai gue ragu, apa sayang gue selama ini emang bener cuman sekedar buat sahabat? Lo orang yang ngasih gue banyak pelajaran, thanks ya, ***. Thanks buat semua kenangan gokil dan pengalaman gila kita, thanks buat setiap ucapan “I’m okay!”- lo yang udah ngasih gue inspirasi, dan thanks... thanks karena lo udah mau jadi sahabat gue buat selamanya. Gue janji, ***, gue gak bakal ngehancurin tembok baja yang udah lo bangun sedemikian rupa buat menjaga perasaan kita masing-masing.

Yaudah deh, segitu aja.
Kalo lo kangen gue, buka aja ni file lg. Trus lo liat step-step-nya deh.
Gue nggak bakal ganggu hidup lo, dan lo jangan pernah ganggu hidup gue lagi.
Itu janji.
Yang harus di tepati.
Sepenuh hati.

Komentar

  1. "boy friend and boyfriend, there is a space that called FRIENDZONE." okay dat is ma fav quotes abt friendzone....

    BalasHapus
  2. what a nice post, Fauzia!:)

    BalasHapus
  3. Hard to do but must to do

    BalasHapus
  4. nyet nyet, Tania kan bwahaha
    noh lo hiatus berapa lama fau
    nongol juga
    ubur-ubur daratan udah selesai ampe tingkat tiga

    BalasHapus
  5. Alahhh friendzone, orang yang sok sokan selalu ada buat dia saat dia sedih dan saat dia perlu padahal cuman nyakitin diri sendiri. Gini loh fau mungkin cuman karna kmu terlalu fokus kedia sampai engga memperhatikan orang sekitar yang siapa tau diam-diam perhatiin kamu. And our jurney still too loongg so dont worry About everything. Be happy girl

    BalasHapus
  6. Mantapp fauuu������

    BalasHapus
  7. whahahaa step terampuh melupakan
    7. Cari orang lain,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020