Cerita di Atas Awan


“Sebab awan tak pernah membongkar rahasia kita, dia menjaga bahkan sampai kita lupa bahwa kita punya rahasia dengan mereka.”





Kenalin, nama gue Fauzia. Dan cewe yang lagi duduk di samping gue sekarang namanya Ellyta. Yap, Ellyta, Ellyta Shafira; cewe yang gue kenal belum genap usia 3 tahun. Gue tau dia udah lama, dari awal tahun ajaran baru pas di SMA, tapi dekatnya pas mau lanjut semestar 3. Ellyta, pecinta sastra dan lihai bicara, kata-katanya puitis bagai digurui ama Khalil Gibran aja. Nggak salah emang, epek dia doyan ama novel-novel dan bacaan sastra lainnya.

Dan dia, dia, teman SD gue yang sekarang merayap jadi sosok laki-laki paling terkemuka di sekolah, sebut saja Bambang (nama samaran). Menjabat sebagai *tit *tit *tit dengan wibawa yang merujut ampe ubun-ubun. Dia jago bicara, stimulasi yang bagus buat ngomong di depan umum. Gue dulu mikir apa jangan-jangan dia suka nangkring di depan metro tv setiap malam senin buat nonton acara motivator paling terkenal di Indo?

Ellyta, dulu satu SD ama teman-teman SMP gue; Rima, Nanda, Kevin, Sarah, Talitha. Dan Bambang; dulu satu SMP ama teman-teman SMA gue sekarang; Akmal, Suci, Adhis, Nabil, Munifah, Evana, pokoknya berderat deh. Sampai akhirnya kita semua ngumpul di satu SMA yang sama. Di sebuah SMA yang dulunya bikin gue terkagum-kagum, tapi setelah gue masukin ternyata sama aja ama sekolah-sekolah yang lain. Serius, dulu pas SMP, gue mikir, kenapa gue ampe bisa punya temen-temen yang doyan banget ngatain orang, doyan banget nyontek pas ulangan, suka tindih-tindihan (tumpuk-tumpukan) gak jelas gitu, suka keluar kelas cuman buat nongkrong-nongkrong doang? Dan pas SMA gue baru nyadar, itu udah jadi sifat anak SMA; ngebawa PR balik lagi ke sekolah, naroh sepatu di depan pintu padahal raknya udah disediain, molor di kelas kalo udah jam pelajaran terakhir, bolos terus jajan di kantin, dan habit lainnya yang gak bisa gue sebutin.

Pas SMP gue juga pernah mikir, kenapa si teman gue ampe nangis cuman karena pacaran doang? Emang cowo di dunia cuman punya stock segitu doang? Dan pas SMA gue baru nyadar, ternyata itu karena satu rasa yang gak bisa dideskripsikan pake kata-kata; sayang. Jangan lo pikir gue alay karena ng.post yang kayak beginian, ini real. Dan gue udah nyurvei sebelum bikin bahan, okay.

Balik lagi ke topik deh, “sayang”, rasa yang bisa lo ke kasih ke siapa aja, ke ortu lo, guru-guru lo, teman-teman atau sahabat lo, atau bahkan sama orang yang bikin lo kesel pun bisa lo kasih rasa sayang. Rasa sayang lo ama ortu lo bisa bikin lo menggebu-gebu setiap hari berangkat sekolah, pengen jadi orang yang pintar, lulus dengan hasil yang memuaskan ortu lo dan bikin mereka bangga. Rasa sayang lo ama guru-guru lo bisa bikin lo jadi murid paling rajin yang bakal tetap melek sambil dengerin materi sekalipun alam sadar lo udah nggak lagi bisa diajak berdamai. Rasa sayang lo ama teman atau sahabat lo bakal bikin lo jadi orang rendah hati, penolong, bahkan ampe setia malahan; selalu ada  buat sahabat lo apapun keadaannya. Dan terakhir rasa sayang lo ama orang yang bikin lo kesel, ini tingkat sayang yang paling banyak pahalanya karena menguji kesabaran kita sebagai seorang manusia. 

Tapi, apa yang terjadi kalo rasa sayang kita justru melekat sama orang yang gak bisa... pokoknya nggak bisa aja, nggak bisa apa-apa? Gak bisa bersatu, karena sesuatu. Gimana? Kasih saran sebagai jawaban di kolom komentar ya wkkwkw.

Nah, kan yang mau gue bahas jadi ke mana-mana. Oh iya lo setuju nggak kalo gue bilang, "Selalu ada orang yang hebat di belakang orang yang hebat." Setuju nggak? 
Atau lo setuju kalo gue bilang “Wanita hebat itu ada di belakang laki-laki yang hebat.” Gimana? Setuju? Menurut gue itu 100% benar, murni. Gak ada laki-laki yang bisa berdiri tegak tanpa seorang perempuan yang ngedorong dia dari belakang. Liat deh Bapak lo, kalo nggak ada Ibu lo, kira-kira Bapak lo bakal kayak gimana? Nggak perlu jauh-jauh deh, liat Bapak Presiden kita yang ceritanya diangkat ke layar lebar. Ada sosok istri yang dengan setia nemenin dan ngedukung beliau ampe akhir hayatnya, kan?

Terus, gimana jadinya kalo ngedukung-ngedukung itu ceritanya terjadi di sekitar lo, di antara teman lo ama teman lo sendiri? Dan lo tau cerita mereka; batu, kerikil, pasir, debu, topan, badai, huricane, ampe tsunami. Gue ampe mikir, kenapa nggak jadian aja si? Kenapa harus saling menahan? Dan gue nemuin jawaban itu dari Ellyta, dia bilang “Gue nggak mau jadi penghalang.”

Seketika itu juga gue takjub, serius. “Ini si namanya pengorbanan” pikir gue. “Pantes aja ni anak rela banget nahan ampe nggak tau kapan, pe-ngor-ba-nan.” 

Gue pernah berbagi cerita ama Ellyta, tentang dia dan tentang gue juga. Dan setelah gue pikir-pikir, cerita dia jauh lebih bermutu dibanding cerita gue, lebih bikin greget wkwkwkw. Gue aja ampe pengen ngomong langsung ke cowonya, terus nanya “Lo mau kasih waktu berapa lama lagi? Ampe lulus? Atau pas ntar masa jabatan lo udah habis?”, tapi niat gue urung karena ingat kata-kata dia “Gue nggak mau jadi penghalang.” 

“Gue mau lihat ending cerita gue, Fau.”

Itu kata-kata Ellyta yang sempat terngiang-ngiang di telinga gue selama 2 hari berturut-turut. Itu juga yang bikin gue percaya kalo semua yang kita jalani itu pasti bakal indah pada waktunya, cukup hadapi saja semua masalah kita, hanya itu. 

Gue pikir dia cewe easy going, iya, awalnya gue ngira Ellyta kayak gitu. Tapi, namanya juga manusia, makhluk ciptaan Tuhan yang pandai berpura-pura dan lihai berdusta, ketauan aja kali ya, mana yang bisa nahan mana yang nggak; meski lo berada di antara keduanya, Ta. Tapi lo tetap manusia, lo tetap punya hati yang bisa aja dimakan rayap, terus tanpa lo sadari ternyata lama-kelaman cuman ada kata rapuh yang bisa mendeskripsikan keadaan hati lo nantinya.

Dalam jangka waktu penantian+pengorbanan=jadian itu ternyata banyak banget ceritanya. Mulai dari di cie-cie-in, di PDKT-in ama yang lain, jadian ama yang lain, ampe akhirnya mutusin buat menunggu sampai waktunya tiba. 

Yang diperluin sekarang hanya “sabar”, memfokuskan ke “study oriented” dan nyelesain cita-cita sesuai tujuan dan mimpi kita. Seperti yang pernah gue bilang dulu, “Percayalah, semua akan indah pada waktunya. Jalani saja semua yg kamu hadapi. Hidup bukan sedang mempermainkanmu. Tapi, hidup sedang mengajak kamu bermain. Hidup hanya mengajakmu berkeliling di roda-rodanya. Itu saja.”




Nih pesan dari gue buat lo, Ta.

Gue pengen ngasih tau ama lo, Ta, kalo lo nggak bisa belagak se-terong kayak gitu. Lo kan punya Icep, ada gue, ada gang gokil lo yang pasti bakal dengan setia nemenin lo, dengerin curhat lo, ngasih solusi ini itu buat lo. Atau nggak, lo ingat kata-kata presiden pertama kita nggak? Ir. Soekarno, beliau pernah bilang, “Ada saatnya dalam hidupmu engkau ingin sendiri saja bersama angin, menceritakan seluruh rahasia, lalu meneteskan air mata.”

Atau, kalo pun lo tetap nggak bisa acc ama kata-kata Ir. Soekarno, lo bisa berbagi cerita sama awan-awan di atas sana, Ta. Sebab, awan bukanlah angin yang bisa menerbangkan cerita lo dan bikin orang-orang tau. Awan hanyalah gumpalan kapas di atas langit sana, mau hujan kek, mau badai, tornado, atau tsunami sekalipun, awan hanyalah awan. Dia tetap menyimpan cerita kita di dalam kapas-kapasnya. Awan hanya bergerak, dan dia tidak memberi tau kepada awan-awan yang lain. Dia hanya akan berubah kelabu, tapi tak merubah sedikit pun ceritamu. Sebab awan mengerti, langit adalah tempat yang luas yang bisa manusia gunakan untuk apa saja, dan awan akan tetap menjaga rahasia. Sementara bumi punya banyak serdadu yang terlalu sulit untuk kita ajak bicara. 

Jadi, nggak ada salahnya kalo lo punya niat buat cerita sama awan-awan di atas sana, Ta. Sebab awan tak pernah membongkar rahasia kita, dia menjaga bahkan sampai kita lupa bahwa kita punya rahasia dengan mereka.


Oh ya ni, Ta. Gue ada punya satu lagu yang cocok banget buat lo. Judulnya “Tak Akan Pernah Mati” dari Nidji. Lo download lagunya, ya. Terus dengerin ya, Ta. Baca juga liriknya nih.
*recomended banget nih buat si dia-nya-elo wkwkwkw


Hidupi hidupmu denganku saat tua nanti
Denganmu ku selalu merasa muda dan tidak pernah menyerah

Melangkah untuk tetap kuat ke jalan kemenangan
Walaupun sulit tapi ku tahu kau selalu di sisiku

Di atas awan kisah kita tertulis
Bercinta di bawah bintang yang sama

Setiap kenanganku dan kemenanganku selalu ada cintamu
Setiap langkah ini yang mulai melemah, cintamu nyalakan aku
Ooh denganmu seperti hidupku takkan pernah mati

Setiap bercinta denganmu hidupku abadi, detik berhenti
Seperti hidupku tak akan pernah mati

Setiap kenanganku dan kemenanganku selalu ada cintamu
Setiap langkah ini yang mulai melemah, cintamu nyalakan aku
Ooh denganmu seperti hidupku takkan pernah
Ooh denganmu seperti hidupku takkan pernah mati

Setiap kenanganku dan kemenanganku selalu ada cintamu
Setiap langkah ini yang melemah, cintamu nyalakan aku
Denganmu (denganmu denganmu denganmu denganmu)
Denganmu (denganmu denganmu) seperti hidupku takkan pernah mati
Tak akan pernah mati (denganmu) tak akan pernah mati

Komentar

  1. Haha ngikutin kata Ir. Soekarno lumayan juga tuh pau, btw ngga nyangka aja lo nulis ceritanya aku. Makasih ya pau dan satu hal yang harus lo tau, disini aku berdiri ga tersiksa kok aku bukan so seterong atau apalah. Ini semua berlalu begitu aja pau dengan ambisiku mencapai cerita ending ku, aku mulai lupa sendirinya bagaimana perasaan ku dan bagaimana sakitnya ini. Mungkin bisa dibilang karna aku terlalu fokus dengan 1 tujuan aku melupakan segalanya. Dan yang membuat ini semua begitu mudah dan indah di jalani karna selalu ada harapan dan Allah ingat itu pau. Dengan adanya situasi "elipsis" ini membuat hati ini lebih kuat dan mengerti apa itu sabar. Klo ga au elipis cari di google haha

    BalasHapus
  2. elipsis yang ada yang hilang tu kan (?) kalo dalam bahasa inggris jadinya elyptical construction, Ta.

    Yeah, you look so strong, Ta.
    sampai-sampai gue penasaran, sekuat apa sih lo #dicekek
    ternyata mentalitas baja juga lo, Ta

    Ya, Ta
    semuanya kembali lagi ama yang di atas
    gue selalu doain yang terbaik buat lo ndut
    gue dukung semua keputusan lo *belagak gue

    keep moving ndut

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020