A for Awesome ULM

Integrated Utility Building Lambung Mangkurat University
Sumber: Dokumen Penulis

2016, tahun di mana saya harus menyusun dan mempersiapkan satu persatu mimpi dan masa depan yang saya targetkan selama beberapa tahun ke depan. Sejak lulus dari sekolah menengah atas, saya memutuskan untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Saya sadar, saya harus tumbuh dan berkembang. Saya juga tahu, pendidikan di zaman sekarang menjadi begitu sangat penting, bukan hanya sekedar untuk mencari pekerjaan atau memenuhi standar hidup yang ditetapkan masyarakat, tapi juga untuk menepati hak yang sudah saya janjikan pada diri saya untuk terus belajar dan belajar. 

Because I do believe that learning keep our mind to be young, the one that I always remember and put in my mind is what Henry Ford ever said to us, “Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty.” 


Mllikan Drop Oil Experiment in Physics Laboratory
Sumber: Dokumen Penulis

Keputusan saya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bermuara pada salah satu universitas terkemuka di kota tempat saya dilahirkan, Universitas Lambung Mangkurat. Bukan tanpa pertimbangan, boleh dikatakan saya cukup selektif untuk menentukan kampus pilihan. Tapi, saya tahu dengan visi dan misi yang ditargetkan oleh Universitas Lambung Mangkurat, saya bisa mengembangkan potensi yang saya miliki dan saya yakin keahlian yang saya punya akan terasah di sini.

Big Hall in front of Integrated Building
Sumber: Dokumen Penulis

Saya tahu betul bagaimana universitas ini telah bertransformasi dari waktu ke waktu. Maklum, nyaris setiap minggu saya melihat gerbang kampusnya yang megah itu. Dan nyaris setiap minggu pula saya menghabiskan waktu untuk berolahraga santai di ruang publiknya atau yang lebih dikenal dengan open space. Sejak didirikan tahun 1958, tepatnya pada tanggal 21 September, Univeritas Lambung Mangkurat terus mengalami pembaharuan, mulai dari jumlah fakultas yang bertambah; mengiringi jumlah peminat dan calon mahasiswa yang ada, pembangunan yang terus berlangsung dan berkelanjutan, hingga kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri.



Big Hall from Laboratory Building View
Sumber: Dokumen Penulis
Big Hall from Laboratory Building View
Sumber: Dokumen Penulis

Tidak main-main, Universitas Lambung Mangkurat yang kini lebih dikenal dengan nama ULM, terus berupaya untuk mempersiapkan dengan matang segala tantangan pasar bebas dan kehadiran MEA sejak tahun 2016. Saya sendiri turut serta merasakan bagaimana kampus tertua di Kalimantan ini mendukung setiap mahasiswa dan mahasiswinya untuk berkembang.



Orchid Park in Lambung Mangkurat University for Students
Sumber: Dokumen Penulis


Orchid Park in Lambung Mangkurat University for Students
Sumber: Dokumen Penulis

Sebagai seorang mahasiswi keguruan, kesempatan untuk menjadi partisipan dalam Program Sea Teacher 8th Batch ke Filipina September lalu benar-benar membuka pandangan saya, betapa seriusnya komitmen yang ULM bangun untuk menyiapkan lulusan dengan output yang mampu bersaing, tidak hanya secara nasional, tetapi juga secara global. Saya merasakan betul bagaiamana bentuk kerjasama yang dijalin oleh ULM dengan instansi dan universitas dari luar negeri memberikan segudang pengalaman bagi mahasiswa-mahasiswinya. Salah seorang karib saya yang merupakan seorang mahasiswa teknik, juga berkesempatan untuk menyicipi pengalaman di Negeri Sakura dalam rangka Asian Collaborative Lecture Program yang merupakan kerjasama antara ULM dengan Saga University. Bahkan beberapa orang sahabat saya dari satu fakultas yang sama mampu melangkahkan kaki hingga ke UTM, Malaysia selama hampir satu bulan dalam rangka praktik mengajar.

When I was Complete My Last Demo in Philippines
When I was Complete My Last Demo in Philippines

 
Sumber: Dokumen Penulis

Hal yang demikian dapat menjadi gambaran mengenai pendidikan dan pengajaran di lingkungan kampus ULM. Saya rasa, saya patut berbangga sebab almameter saya mampu bersaing secara global, mulai dari bidang pendidikan pengajaran hingga bidang penelitian. Saya sadar, sinergi yang baik dari civitas akademik melalui kualitas sumber daya manusia yang mumpuni juga mendorong ULM hingga sampai diraihan A untuk akreditasnya selama lima tahun mendatang.


The Awesome Effort
Sumber: Humas ULM (ulm.ac.id)

Peningkatan manajemen riset dan publiksi ilmiah terus digalakkan, bahkan ULM telah memiliki 14 jurnal ilmiah berstandar nasional dan internasional. Saya tidak pernah menyangka bahwa keunggulan Kalimantan Selatan dalam bidang lingkungan lahan basah ternyata mampu menjadi topik-topik penelitian dan publikasi ilmiah. Potensi yang dimiliki oleh Kalimatan Selatan ini juga menjadi ciri khas dan karakterstik yang membedakan ULM dengan kampus-kampus lain. Menempatkan lingkungan lahan sebagai bagian dari visi yang akan dicapai, membuat saya merasakan korelasi yang nyata antara keterkaitan ilmu yang saya tekuni dengan sumbangsih yang akan saya berikan pada masyarakat.



Visi ULM
Sumber: Dokumen Penulis


Saya sadar, diiringi dengan fasilitas dan sarana pembelajaran yang mendukung, tentu akan mampu mendorong ULM untuk menjadi universitas yang terdepan dan terkemuka serta mampu menghasilkan lululusan yang berkualitas, tidak hanya berkualitas secara lingkup nasional, namun juga internasional.


Michelson Morley Interferometer Experiment
to Facilitate and Improve Students Skills in Physics Laboratory
Sumber: Dokumen Penulis

Rydberg Wavelength Experiment
to Facilitate and Improve Students Skills in Physics Laboratory
Sumber: Dokumen Penulis

Last but not the least, I want to emphasize that being ULM students is a jubilant and precious journey. If you want to know how great this university, make sure you take your chance, here, with us.

You deserve ULM, because it present for your future.

If you need to go, go with ULM.
ULM go international!

Komentar

  1. Setuju, memang berasa banget perubahan nya dari awal masuk sampai mau lulus. Banyak bgt perkembangan nya dari segi fasilitas dan cara pembelajaran nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau kita sudah lulus nanti pasti semakin maju lagi.

      Hapus
  2. Makasih mbaknya yg sudah memotivasi, dan menginspirasi untuk lebih memanfaatkan fasilitas kampus yg sudah ada. Bismillah smg bisa menjadi mahasiswa berprestasi seperti mbaknya :)

    BalasHapus
  3. Pas aku baca ini, jadi semakin bersyukur bisa menjadi salah satu mahasiswa di ULM. Pengen bgt menjadi salah satu mahasiswa yang ikut berkontribusi seperti kak Fauzia untuk kampus kita tercinta

    BalasHapus
  4. Terima kasih ka fauzia, bangga ka jadi salah satu mahasiswi ULM

    BalasHapus
  5. Mantap ULM, Terimakasih Kak Fauzia blognya sangat memotivasi dan bangga jadi mahasiswa ULM

    BalasHapus
  6. A for Amazing ULM
    So proud to be one of thousands of students who can study in here

    BalasHapus
  7. ............................

    Jadi, aku gak tahu mau komen apa :v dan maaf karena baru komen, soalnya biasa ada notif kalo ada pos baru

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

Kilas Balik 2020