Performance Assessment
(Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik
S2 Pendidikan Fisika UM, Maret 2022)
Essai Topik 6 (Pertemuan 7) : Performance Assessment
(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017)
Penilaian
kinerja merupakan penilaian terhadap keterampilan siswa untuk menyelesaikan
tugas-tugas dan melihat sejauh mana mereka mampu mempraktikkan dan
mengaplikasikan pengetahuan yang sudah dipelajari ke dalam berbagai proses
kegiatan (Susila, 2012). Aspek yang dapat diamati dalam penilaian kerja antara
lain aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Tiga aspek ini dapat diwakili
oleh lima poin yaitu: pengetahuan dan produk (Pengetahuan), Praktek serta
aplikasi dan komunikasi (Keterampilan), dan Perasaan nilai dan minat (Sikap).
Terdapat
beberapa bentuk penilaian kerja diantaranya yaitu penilaian praktik, penilaian
produk, penilaian proyek dan portofolio.
❖
Penilaian praktik Penilaian ini menerapkan pengamatan untuk setiap aspek yang
dinilai pada kegiatan yang dilakukan siswa dalam melakukan praktik. Guru pada
saat penilaian dapat mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta
didik. Rubrik penilaian biasanya berisi langkah[1]langkah yang harus
dilewati siswa pada setiap tahapan. Kegiatan yang diamati disusun lengkap dan
berurutan agar muda diamati dan diukur.
❖
Penilaian produk Penilaian dilakukan pada hasil kerja siswa. Hasi dapat dinilai
secara kualitas dan estetika. Produk yang dinilai dapat berbentuk sesuatu yang
benda maupun laporan hasil penelitian. Agar mudah dinilai aspek yang dinilai pada
produk harus dibuat jelas, mudah diamati dan lengkap pada rubrik.
❖
Penilaian proyek Penilaian proyek merupakan penilaian yang menyeluruh terhadap
proses perencanaan, pengumpulan data, analisis dan penyajian data, sampai
pelaporan. Penilaian dilakukan dalam jangka waktu tertentu tergantung tingkat
kesulitan produk. Penilaian ini berfokus pada kemampuan mengaplikasikan konsep
yang dipahami siswa serta kemampuan dalam mengkomunikasikan.
❖
Portofolio hasil penilaian Penilaian ini adalah kumpulan dokumen hasil
penilaian praktik, produk, dan proyek. Dokumentasi ini dapat digunakan untuk
beberapa hal, antara lain: (1) mengukur sejauh mana siswa telah berkembang; (2)
melakukan umpan balik yang lebih efektif dan bermakna; dan (3) melakukan
perbaikan dengan refleksi.
Adapun
langkah-langkah dalam membuat performance assessment adalah:
1) Identifikasi
semua langkah penting atau aspek yang diperlukan atau yang akan mempengaruhi
hasil akhir;
2) Menuliskan
kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas;
3) Mengusahakan
kemampuan yang akan diukur tidak terlalu banyak sehingga semua dapat diamati;
4) Mengurutkan
kemampuan yang akan diukur berdasarkan urutan yang akan diamati;
5) Bila
menggunakan skala rentang, perlu menyediakan kriteria untuk setiap pilihan.
Dalam melaksanakan penilaian unjuk kinerja perlu diperhatikan langkah-langkah berikut: a) Langkah-langkah kinerja yang diharapkan dilakukan peserta didik untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompentesi.
b) Kelengkapan
dan ketepatan aspek yang akan dinilai dalam kinerja tersebut.
c)
Kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.
d) Upayakan
kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak, sehingga semua dapat diamati.
e) Kemampuan
yang akan dinilai diurutkan berdasarkan urutan yang akan diamati.
Komentar
Posting Komentar