Performance Assessment

(Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik

S2 Pendidikan Fisika UM, Maret 2022)

Essai Topik 6 (Pertemuan 7) : Performance Assessment

(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017) 


Penilaian kinerja merupakan penilaian terhadap keterampilan siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas dan melihat sejauh mana mereka mampu mempraktikkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang sudah dipelajari ke dalam berbagai proses kegiatan (Susila, 2012). Aspek yang dapat diamati dalam penilaian kerja antara lain aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap. Tiga aspek ini dapat diwakili oleh lima poin yaitu: pengetahuan dan produk (Pengetahuan), Praktek serta aplikasi dan komunikasi (Keterampilan), dan Perasaan nilai dan minat (Sikap).

Terdapat beberapa bentuk penilaian kerja diantaranya yaitu penilaian praktik, penilaian produk, penilaian proyek dan portofolio.

Penilaian praktik Penilaian ini menerapkan pengamatan untuk setiap aspek yang dinilai pada kegiatan yang dilakukan siswa dalam melakukan praktik. Guru pada saat penilaian dapat mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik. Rubrik penilaian biasanya berisi langkah[1]langkah yang harus dilewati siswa pada setiap tahapan. Kegiatan yang diamati disusun lengkap dan berurutan agar muda diamati dan diukur.

Penilaian produk Penilaian dilakukan pada hasil kerja siswa. Hasi dapat dinilai secara kualitas dan estetika. Produk yang dinilai dapat berbentuk sesuatu yang benda maupun laporan hasil penelitian. Agar mudah dinilai aspek yang dinilai pada produk harus dibuat jelas, mudah diamati dan lengkap pada rubrik.

Penilaian proyek Penilaian proyek merupakan penilaian yang menyeluruh terhadap proses perencanaan, pengumpulan data, analisis dan penyajian data, sampai pelaporan. Penilaian dilakukan dalam jangka waktu tertentu tergantung tingkat kesulitan produk. Penilaian ini berfokus pada kemampuan mengaplikasikan konsep yang dipahami siswa serta kemampuan dalam mengkomunikasikan.

Portofolio hasil penilaian Penilaian ini adalah kumpulan dokumen hasil penilaian praktik, produk, dan proyek. Dokumentasi ini dapat digunakan untuk beberapa hal, antara lain: (1) mengukur sejauh mana siswa telah berkembang; (2) melakukan umpan balik yang lebih efektif dan bermakna; dan (3) melakukan perbaikan dengan refleksi.

 

Adapun langkah-langkah dalam membuat performance assessment adalah:

1) Identifikasi semua langkah penting atau aspek yang diperlukan atau yang akan mempengaruhi hasil akhir;

2) Menuliskan kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas;

3) Mengusahakan kemampuan yang akan diukur tidak terlalu banyak sehingga semua dapat diamati;

4) Mengurutkan kemampuan yang akan diukur berdasarkan urutan yang akan diamati;

5) Bila menggunakan skala rentang, perlu menyediakan kriteria untuk setiap pilihan.

Dalam melaksanakan penilaian unjuk kinerja perlu diperhatikan langkah-langkah berikut:        a) Langkah-langkah kinerja yang diharapkan dilakukan peserta didik untuk menunjukkan kinerja dari suatu kompentesi.

b) Kelengkapan dan ketepatan aspek yang akan dinilai dalam kinerja tersebut.

c) Kemampuan-kemampuan khusus yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas.

d) Upayakan kemampuan yang akan dinilai tidak terlalu banyak, sehingga semua dapat diamati.

e) Kemampuan yang akan dinilai diurutkan berdasarkan urutan yang akan diamati.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020