Fix You


Lights Will Guide You Home
(Inspirated by Coldplay - Fix You) 





Riani

Senja di tengah pantai Kuta, dengan horizon di ujung pantai yang masih menjadi misteri. Nggak salah, kenapa ilmuwan ama ahli kosmologi mati-matian nyari tau apa yang ada di belakang horizon sana. Karena sampai detik ini kita semua nggak ada yang tau apa objek yang menemani matahari saat ia terbit dan terbenam. We just know that it’s sunrises and sunsets.

Ini sore terakhir dari One Week My Trip- gue di Bali bareng Kiki. Nggak habis pikir gue, akhirnya rencana gue bareng dia buat holiday di Bali bisa terwujud. Perlu perjuangan keras buat bisa sampai di tempat ini. Iya, gue ama Kiki rela nggak jajan selama tiga bulan tiga puluh hari alias empat bulan lamanya biar bisa beli tiket PP dan nginep di resort Kuta. 

Bayangin selama empat bulan gue nggak jajan, dan empat novel bestseller yang harusnya udah berderet di meja belajar gue akhirnya masih aja nyumpel rapi di toko buku. Tapi, gue harus akuin kalo rencana Kiki buat ngajak gue liburan di sini emang te-o-pe-be-ge-te. Nggak nyesel gue nabung uang sampai lima juta buat bisa sampai di Kuta. It’s La La Land! Beautiful Place! Awesome! Satu hal yang paling gue suka dari pantai, dia bisa mengajarkan pada kita bahwa ombak yang damai itu juga pasti mendapat tekanan dari air di bawahnya. Yang berarti, semulus dan seindah apapun kehidupan seseorang, pasti pernah merasakan ujian dari Tuhan. Dan mau, nggak mau, dia mesti menjalani ujian itu sampai selesai. Sama kayak ombak laut yang akhirnya berakhir di bibir pantai.

“Woy!” gue tersenyum begitu menyadari siapa orang yang baru aja berniat buat ngagetin gue.

“Basi lo, Ki.” balas gue bersamaan dengan Kiki yang melepas sendal pantai dia dan duduk di samping gue. Menikmati sunsets dengan deburan ombak dan hembusan angin sore kayak gini emang bikin hati damai. Apalagi kalo ditemenin sama Kiki, sahabat terbaik gue yang pernah gue miliki selama ini, sampai saat ini.

“Galau-galau-an di sini nih ceritanya? Ah, kupay lo, Ri.” kata Kiki yang bikin gue tercengang.

Galau? Ngaco ni anak.

“Ngawur lo, Ki. Udah move on gue, udah move on.” jawab gue dengan pasti.

Ngeselin lo, Ki.

“Udah move on nih? Boleh dong gue ngantri buat jadi pengganti Novan.” Satu jitakan melesat di kepala Kiki.

Gampang banget ni anak bawa-bawa nama Novan dalam pembicaraan gue sama dia. Nggak tau apa, kalo gue mati-matian berusaha buat nggak denger lagi nama tu cowo.

“Pengen gue buang ke laut lo, Ki.” satu kalimat yang keluar dari mulut gue disambut dengan satu gelegak tawa dari Kiki.

“Kalo lo buang gue ke laut, terus gue mati, dan gue nggak bakal ada lagi buat lo, apa lo bakal sanggup?” pertanyaan kupay dari Kiki itu bikin gue terdiam.

Iya, kalo dia udah nggak ada di samping gue lagi, apa gue bakal sanggup? Lagian, apa gue juga tega buang dia ke laut? Udah pasti jawabannya “Nggak.”

“Jangan tinggalin gue, ya, Ki.” ucap gue sambil menatap wajah dia dari samping kiri, dan sedetik setelah itu dia menoleh ke arah gue.

Ya, Tuhan, ini dia orangnya. Dia, yang selama tujuh tahun ini udah jadi bagian dari hidup gue, ngisi hari-hari gue, nemenin perjalanan gue ke mana pun gue pergi. Dan selama itu juga gue tetap diam dengan satu tatapan lurus ke depan buat seseorang yang bernama Novan. Selama tujuh tahun lamanya gue nggak pernah berpaling dari cowo purba itu, selama tujuh tahun lamanya gue menutup hati gue buat orang lain selain Novan, dan selama itu juga gue nggak pernah nengok sahabat gue sendiri, Kiki.

“Kapan si gue pernah ninggalin lo, Ri?” tanya Kiki sambil menatap tajam ke mata gue.

“Nggak pernah si, tapi tetap aja lo harus janji sama gue buat nggak ninggalin gue. Gue bakal nahan lo mati-matian kalo sampai itu terjadi.” jawab gue sambil ketawa cengengesan.

Kedengeran alay banget, ya kalimat gue tadi, Ki?

“Gue sayang sama lo, Ri. Sayang banget.” balas Kiki sambil menghalau poni gue yang berguguran. 

Dan demi Zeus di langit Olympus, gue akuin kalo saat-saat kayak gini, Kiki mempesona banget. Guratan jingga dalam pelupuk senja menerpa wajah dia dan membentuk satu memori dalam ingatan gue mengenai Kiki; gue bakal selalu ingat, Ki, gimana raut wajah lo saat matahari senja ada di depan kita. 

“Muna nggak, Ri, kalau selama ini gue berdoa sama Tuhan buat ngejauhin lo dari Novan?” tanya Kiki pelan yang gue sambut dengan satu kalimat singkat, “Muna banget, Ki. Muna banget.”

Bahkan gue tau kok, Ki, do’a apa yang lo panjatin sama Tuhan tiap hari ulang tahun gue, “Jauhkanlah Riani dari Novan ya, Tuhan. Janganlah Kau dekatkan jarak antara mereka. Amin...”

“Maafin gue, Ri. Karena sampai detik ini gue nggak bisa terima keputusan lo buat jadiin hubungan kita dalam friend zone doang.” kata Kiki pelan, dan langsung disambut dengan deburan ombak pantai yang membasahi ujung kaki gue.

“Gue juga minta maaf, Ki. Karena sampai detik ini gue nggak bisa ngerubah sedikit pun perasaan gue buat Novan. Tapi gue udah move on, kok. Gue bakal terus berusaha buat-”

“Sampai kapan si, Ri, lo bakal terus nungguin dia? Lo harus sadar, Ri, dia-”

“Sampai gue cape, Ki. Gue bakal terus nungguin dia. Lo tau, kan, terkadang hati ama otak nggak pernah sinkron buat ngelupain seseorang yang pernah ngasih kenangan terindah dalam hidup kita.” sela gue yang justru bikin Kiki memutar mata ke laut lepas, menghindari tatapan gue.

“Gue juga bakal terus nungguin lo, Ri.” balas Kiki lalu berdiri dan langsung ninggalin gue yang masih duduk diam di depan bibir pantai.

Ya, Tuhan, udah nggak sekali dua kali gue ngomong soal “perasaan” ama Kiki. Dan selalu berakhir kayak gini, selalu berakhir dengan gue yang bilang, “Gue bakal terus nungguin Novan.” dan dia yang bilang, “Gue juga bakal terus nungguin lo, Ri”

Lo ngarepin orang yang salah, Ki. Begitu juga gue, gue juga ngarepin orang yang salah.


Kiki

Gue nggak perlu alasan kenapa sampai sekarang gue masih bisa bertahan buat lo, Ri. Gue juga nggak tau, kenapa gue nggak bisa merubah sedikit pun perasaan ini ke elo. Sama, seperti lo yang nggak bisa merubah perasaan lo ke Novan. Yang pasti, yang perlu lo tau, gue sayang sama lo lebih dari lo sayang sama Novan. Gue ngeharapin lo lebih dari lo ngeharapin Novan. Dan gue nggak tau, kapan itu semua bakal berubah.

“Ki! Kiki!” gue menoleh ke arah gazebo pantai dan mendapati seorang gadis yang berlari-lari kecil ke arah gue.

Ya, Tuhan, dulu waktu lo masih jadi adik kelas gue di SD, gue pengen banget ngerjain lo dan bikin lo nangis, Ri. Lo yang dulunya selalu minjam sepeda gue tanpa izin, nyembunyiin sepatu gue di pot bunga, sampai-sampai gue ngejar lo keliling sekolah pake acara hujan-hujanan cuma karena lo ngatain gue gak jago main bola. Dan detik ini juga, gue pengen banget balik ke masa itu, masa di mana gue jadi bocah ingusan yang nggak ngerti apa-apa sama yang namanya perasaan dan hati.

“Jadi keong mati lo di sini? Ikut gue yuk, Ki. Jamin gak boring, deh!” seru dia sambil mempererat jaket tebal bertulisan “My Love is Never End!”. Jangan tanya kenapa gue bisa baca tulisan jaketnya, Strawberry Moon alias Super Moon lagi di atas langit Kuta.

“Nggak deh, mending di sini aja gue. Males kalo ngikut-ngikut elo.” jawab gue spontan. Gak tau aja, rasanya malam ini gue pengen galau-galau-an ama langit Kuta. Sendirian.

“Yah... Kok gitu si, Ki? Udah deh, ikut gue aja. Janji, gak garing. Lagian-”

“Kalo gue bilang nggak, ya nggak. Bisa ngerti nggak si?!” entah kesadaran darimana, gue justru menaikkan oktaf dan nada bicara gue ke Riani.

Dan sedetik kemudian dia langsung pergi dari hadapan gue.

Ya, Tuhan, gue nggak maksud ngebentak dia. Gue nggak maksud kayak gitu.


Riani

Astaga Kiki, kenapa si tu anak. Niat gue kan baik, mau ngajakin dia liat Rigel, mau bikin janji bareng dia. Kesel gue dibentak-bentak kayak gitu!

Akhirnya gue kembali lagi ke gazebo dengan membawa rasa suntuk bercampur penyesalan karena tadi ngajakin Kiki. Denger maksud omongan gue aja belum, udah main nolak aja.

Duar!!! Duar!!! Duar!!

Bunyi kembang api yang menghantui malam dan gemerlap cahaya di langit Kuta ternyata berhasil bikin satu tetes airmata jatuh mengenai pipi gue. 

Ya, Tuhan, nangis juga gue akhirnya.

Kenangan-kenangan masa kecil gue kembali bermunculan dalam dimensi yang berbeda. Di saat kembang api kayak gini, dengan Super Moon di depan mata gue, bersambut ricuh oleh teriakan kebahagiaan orang-orang, gue masih ingat semuanya. Enam tahun yang lalu, dalam kegiatan sekolah yang bikin gue mau mampus sama nyamuk-nyamuk hutannya. Gue masih ingat gimana sebuah senyum malu-malu ditunjukin oleh seorang bocah laki-laki yang bernama Novan. Buat gue. Senyum itu buat gue.

“Van, liat langit yuk!” tawar gue yang berdiri di samping kiri kemah Novan.

“Nggak deh, Ri. Gue nggak paham astronomi.” jawab dia sambil tersenyum malu-malu. Memperlihatkan wajah dia yang sedikit memerah.

“Ntar gue ajarin lo nyari konstelasi. Ayo!” ajak gue sekali lagi yang justru ditanggapi dia dengan, “Lo ajak Kiki aja. Gue nggak paham soal konstelasi-konstelasi kayak gitu.”

Akhirnya gue nyusul Kiki ke tengah lapangan dan ngajakin dia buat liat langit malam. Waktu itu gue ngajarin dia gimana caranya ngitung jarak benda langit pake sudut paralaks. 

Gue tau, Kiki nggak ngerti soal astronomi; nggak jauh beda sama Novan, tapi gue ngerasa nyaman ada Kiki di samping gue. Dia dengan cermat memperhatikan penjelasan paralaks dan gerakan jemari gue. Ya, meskipun ujung-ujungnya dia bilang, “Capek gue liatin jempol lo doang. Sekarang jarak Rigel-lo itu berapa?” gue yang melongo diam akhirnya cuman bisa bilang, “Gue juga nggak tau, Ki. Yang gue tau cara ngitungnya kayak gitu.”

“Aduh... Payah ni bocah.” balas Kiki yang berakhir dengan gelak tawa gue bareng dia di tengah lapangan.


Seandainya waktu itu Novan bersedia buat ikut gue ke tengah lapangan, apa dia yang bakal ada di samping gue sekarang ini? Mungkin nggak, kalo aja gue bisa maksa Novan buat ikut gue ke tengah lapangan waktu itu, gue juga bisa nahan dia buat nggak pergi ninggalin gue? 

Ya, Tuhan, gue cape menerka, gue cape harus berpura-pura, gue cape harus ngerasa happy dan enjoy-enjoy aja waktu Kiki cerita soal Novan ama Tia.

Gue pengen banget move on dari lo, Van. Tapi, kenapa gue nggak bisa? Apa niat gue yang masih setengah-setengah? Atau justru hati gue yang emang nggak bisa move on dari lo? 

It’s hard to forget someone who gave us so much to remember. Cuz we can’t find a way to forget him.


Duar!!! Duar!!! Duar!!

Duar!!! Duar!!! Duar!!

Duar!!! Duar!!! Duar!!

Dentuman keras bersama kilauan indah di langit malam, berbaur dengan pesta pantai di ujung jalan. Ini malam terakhir gue di Kuta, dan malam ini juga pengen ikhlasin semuanya. Gue udah janji sama diri gue sendiri, kalo gue udah bisa liat Super Moon gue juga udah harus bisa ngelupain semuanya.

Satu langkah, dua langkah, tiga langkah, hingga akhirnya gue nggak lagi bisa ngitung berapa banyak langkah yang udah gue ambil buat sampai di bibir pantai. Deburan ombak yang menyapu kaki gue sontak bikin gue tersentak; dingin banget ternyata.

Tapi akhirnya gue tetap aja melangkah, terus melangkah hingga air laut udah nyentuh sampai lutut kaki gue.

Ya, Tuhan, bantu aku buat bisa lepasin semua rasa ini pergi.

Nggak tau kenapa, tiba-tiba aja rasanya mata gue panas, dan tanpa gue sadari satu tetes airmata jatuh mengenai pipi gue. Berat banget rasanya buat gue nahan airmata pilu ini. Hingga akhirnya gue biarin tangis gue pecah, dan gue teriak sejadi-jadinya.

“Kenapa bukan gue, Van?! Kenapa musti Tia?! Kenapa bukan gue?! ... Kenapa?!!” teriak gue sambil memukul genangan air laut yang udah nyentuh paha gue.

“Kenapa harus gue yang nanggung sakit ini sendirian?! Kenapa lo nggak ada waktu gue lagi butuh seseorang, Van?!... Kenapa?!” gue terus melangkah hingga akhirnya perut gue udah basah ama air laut. Dan gue nggak peduli itu, yang pengen gue lakuin sekarang adalah melampiaskan semua penyesalan dan rasa kecewa gue sama bintang-bintang di atas langit sana.

“Kenapa sampai sekarang gue nggak bisa relain lo pergi sama Tia?! I’m still thinkin’ ‘bout the fuckin’ love... for every fuckin’ day!” langkah demi langkah gue ambil sampai air laut udah nyentuh dada gue. Dan tepat saat itu juga sebuah pelukan hangat menjalar ke tubuh gue. Bahkan dalam isak tangis gue yang berbaur sama dinginnya angin malam, gue masih bisa nyium aroma parfum yang menusuk hidung gue.

“Ada gue, Ri. Ada gue di sini.” gue bisa denger dengan baik siapa pemilik suara lembut yang lagi berbisik di telinga gue sekarang. Kiki.

“Lo nggak nanggung sakit itu sendirian, Ri. Ada gue buat lo.” kata Kiki sambil memutar tubuh gue yang hampir basah kuyup karena air laut.

“Dan kalo lo lagi butuh seseorang, gue bakal ada di sana buat lo.” sambung Kiki seraya menyentuh pipi gue yang basah sama airmata.

Ya, Tuhan, gue jadi cengeng banget ya, Ki, di mata lo?

“I’ll be there, wherever you are.” dan dengan satu rengkuhan Kiki, gue udah bersandar dalam pelukan dia.

“You’re the idiot! But i’m more than the idiot if I let you down, alone.” rasanya gue pengen banget ngebagi luka gue sama Kiki. Tapi, apa gue masih pantas mewek-mewek di depan dia? Apa masih pantas gue menangisi Novan di depan mata Kiki. Gue tau, itu pasti gak adil buat dia.

“Bilang sama gue, Ki, udah sejauh mana rasa sakit yang lo rasain sampai-sampai lo masih bisa bertahan buat gue? Apa luka yang udah gue kasih buat hati lo itu-”

“Gue nggak peduli, Ri. Gue nggak peduli seberapa jauh luka dan rasa sakit yang dirasain hati gue karena mencintai lo. Yang penting buat gue, gue bisa liat lo bahagia dan gue bisa ada di momen-momen bahagia lo itu.” sela Kiki sambil menghapus airmata gue yang nyatanya masih aja berjatuhan.

“Gue sayang sama lo, Ri. Sayang banget. Dan itu nggak bakal pernah berubah. Sampai kapan pun.” itu adalah kalimat terakhir yang gue dengar dari mulut Kiki sebelum sebuah kecupan manis mendarat di bibir gue.


Kiki

Ini adalah ciuman pertama yang gue kasih buat lo, Ri. Ini bukan nafsu atau pelampiasan gue, ini hanya sebuah bentuk rasa sayang yang nggak terkira dari gue buat lo. Dan gue harap lo ngerti itu.

Hanya terdengar isak tangis yang perlahan mulai mereda bersamaan dengan deburan ombak yang menampar tubuh gue dan Riani. Pengen banget rasanya gue narik dia buat menepi ke bibir pantai. Tapi, jangankan narik dia buat menepi, ngebalas ciuman gue aja, dia nggak. Dan nggak tau kesadaran dari mana gue justru menarik tengkuk dia buat merapat ke tubuh gue, dan tepat detik itu juga gue ngerasa dia balas ciuman gue.

Dan cuman ada satu rasa waktu dengan manisnya lo balas ciuman gue, Ri. Lo rapuh, rapuh banget.

Ombak laut, bintang langit, Super Moon, angin malam, elo, dan gue. Rasanya gue pengen waktu berhenti detik ini juga buat bisa nahan semua momen ini, Ri. Lo yang jatuh dalam ciuman gue, kita yang beradu hati di bawah naungan bulan dan gemerlap bintang tanpa peduli sama selimut air laut yang bikin kaki keram. Egois banget ya gue, Ri? Pengen memiliki lo seutuhnya, tapi gue nggak mikir, apa lo bakal bahagia kalo lo sama gue. Tapi, emang itu, kan yang namanya cinta? Manis dan egois secara bersamaan. 
Mungkin gue bisa jadi malaikat pelindung lo kapan pun lo mau. Dan nggak menutup kemungkinan kalo gue bisa jadi iblis paling jahat karena selalu berusaha buat ngejauhin lo dari kebahagiaan lo; Novan. Gue nggak mau lo terluka buat yang kedua kalinya cuma gara-gara dia, Ri. Buat gue udah cukup; semua cinta dan penantian lo selama ini buat dia. Gue nggak mau lo menangisi kenyataan yang udah jadi skenario Tuhan. Jangan tanya ‘Kenapa?’ sama Tuhan, karena lo pasti nggak bakal dapat jawabannya. Dan kalo pun lo dapat jawabannya, lo pasti nggak bakal ngerti. Karena emang itu kenyataannya; Novan punya Tia, bukan punya lo.

“Jangan tinggalin gue, Ki.” gue tertegun seraya membiarkan bongkahan manis di bibir Riani merekah dengan sendirinya waktu dia ngelepas ciuman gue.

Ya, Tuhan, ini adalah kali pertama dalam tujuh tahun kita sahabatan lo nangis di depan gue dengan muka pucat kayak gini, Ri. Apa sesakit itu? Apa seberat itu beban cinta yang lo pikul buat Novan? Apa lo nggak tau, bahkan cowo purba itu aja nggak pernah nangis buat lo, nggak pernah sekali pun, Ri.

“Gue nggak bakal pernah sanggup buat ninggalin lo, Ri.” balas gue sambil menatap lekat ke mata dia.

Lo kayak orang stress, Ri. Kayak orang nggak punya tujuan hidup. Nyeburin diri ke laut, terus nangis sejadi-jadinya cuma buat seseorang yang nggak pernah nengok ke arah lo. Udah tau nggak bisa berenang, masih aja sok-sokan ke laut, mana udah malam kayak gini pula. Kalo terjadi apa-apa sama lo, gimana? Bisa mampus gue, Ri, digorok Ibu-Bapak lo. Dan kalo aja tadi gue nggak nyusul lo ke gazebo, gue nggak tau udah sejauh mana langkah putus asa lo itu ngebawa lo pergi. Dan kalo hal paling buruk itu terjadi sama lo, gue nggak tau, apa gue bakal bisa maafin diri gue sendiri.

“Jangan galau-galau-an di laut lagi, ya, Ri. Kalo terjadi apa-apa sama lo, gimana? Kelelep terus tenggelam? Atau-”

“Iya, Ki. Gue nggak bakal kayak gini lagi, Kok.” sela dia sambil menyapu pipi gue dengan jemari dia yang mulai bergetar; menggigil.

Andai aja lo itu punya gue seutuhnya, nggak bakal pernah gue biarin lo kayak gini, Ri.

“Sebelum balik ke hotel, temenin gue bentar, ya. Kita bikin janji bareng di sini, Ki.” gue mengangguk setuju dan disambut dengan sebuah senyuman manis dari bibir dia yang tadi sempat gue kecup rasanya.

Riani menatap lekat ke mata gue sambil menyentuh punggung gue yang nggak tau kenapa ikut-ikutan basah sama air laut.

“Lo tau nggak, Ki. Lo itu cakep, ganteng, baik, tapi ngeselinnya minta ampun. Tapi... gue suka itu semua. Gue suka cara lo ngata-ngatain gue gagal move on-lah, susah di ajak ngomong lah, keras kepala lah, dan semua ejekan-ejekan gak bermutu lo itu.” kata dia sambil ketawa kecil.

“Kadang gue pengen banget nyoba buat belajar hidup satu hari aja tanpa lo. Tapi, baru sepuluh menit lo nggak ada di samping gue, gue hampir aja kelelep di laut. Dan sekarang gue sadar, Ki, gue perlu lo lebih dari sekedar teori makhluk sosial, gue butuh lo lebih dari gue butuh Novan. Buktinya, gue bisa kok selama lima tahun ini hidup tanpa dia, tapi gue nggak jamin, apa gue bakal bisa hidup kalo nggak ada lo di samping gue satu jam aja.” sambung dia sambil cengengesan.

“Alay banget si kata-katanya. Lo kalo mau ngerayu gue, jangan pake acara ketawa kayak gitu, Ri. Jadinya nggak romantis, kan, malah bikin gue mau ngakak.” balas gue sambil memperbaiki poni dia yang berguguran. Dan satu jitakan melayang di kepala gue tepat waktu gue nyelesaiin kalimat gue tadi.

“Siapa juga yang mau ngerayu lo? Gue kesel tau nggak, lo bentak-bentak gue tadi. Denger maksud omongan gue aja belum, udah main nolak aja.”

“Iya deh, gue minta maaf. Lagian, lo sensi banget si. Gue-”

“Gue nggak sensian kok. Lo-nya aja yang ngeselin.” adu mulut gue berakhir dengan selaan Riani yang bikin gue narik napas panjang.

“Iya deh, gue ngeselin, sering bikin lo naik darah, sering ngataian lo dengan ejekan-ejekan nggak bermutu gue, dan semua keburukan gue yang sering gue lampiasin ke elo. Gue minta maaf ya, Ri, gue belum bisa jadi sahabat yang sempurna buat lo. Gue belum bisa jadi cowo yang siap ngantarin lo ke bintang Rigel-lo itu, belum bisa jadi sky-sky apalah-”

“Skygazer.”

“Nah jadi itu buat lo. Dan... maaf ya, Ri, buat semua keegoisan gue selama ini yang selalu nuntut lo buat bisa liat perasaan gue-”

“Gue mau belajar buat liat lo lebih deket lagi, Ki.” sela Riani dengan satu tetes airmata yang jatuh mengenai bibir dia.

Hah? Gue nggak salah denger, kan, ya?

“Lo masih punya tiket masuknya, nggak?” sambung dia sambil mencoba tertawa, menyembunyikan airmata sebagai bentuk manipulasi.

“Gue nggak punya tiket masuknya lagi, Ri.” jawab gue yang detik itu juga bikin suasana antara gue sama dia jadi hening. 

Hanya bunyi deburan ombak yang mampu gue dengar sekarang.

“Tapi gue sukses, kan, ngetuk pintu hati lo?” tanya gue lembut yang di tanggapi Riani dengan satu alis terangkat tinggi; bingung.

“Gue udah ngantri selama bertahun-tahun buat dibukain pintu sama hati lo. Dan sekarang, apa gue udah boleh masuk?”

Akhirnya senyum itu muncul lagi di bibir lo, Ri.

“Gue yang masuk ke hati lo atau lo yang masuk ke hati gue?” tanya dia seraya menyapu bibir gue yang nggak tau kenapa kayaknya udah sinkron sama kondisi air laut yang dingin.

“Ah, bawel deh, Riani. Jadi gue diterima apa nggak, nih?” gue balik nanya dengan perasaan dag dig dug nggak karuan.

Sumpah, gue nggak ada persiapan apa pun buat nembak lo, Ri. Ini di luar dugaan gue, di luar skenario gue.

“Hahaha, Kiki maksa. Gimana ya? Ehm...” cetus dia sambil cengengesan.

Kalo kayak gini, yang ngeselin itu jadinya siapa? Gue apa elo? Bocah... Bocah.

“Ck, udah deh terima aja.” rayu gue sambil meraih tangan kanan dia.

Sok-sok-an deh lo, Ri. Udah ngaku juga kalo lo nggak bisa hidup tanpa gue, masih aja dipikir-pikir.

“Kalo udah kayak gini, mana bisa nolak gue.” kata dia sambil tersenyum. Dan waktu gue angkat wajah dia buat liat mata dia, gue ngerasa gue udah memiliki dia sepenuhnya.

Makasih udah mau move on dari Novan, Ri. Makasih udah mau percaya sama gue. Thanks, Kuta, di tempat ini gue bisa memiliki Riani seutuhnya, dan gue bakal terus berusaha buat mempertahankan itu, sampai kapan pun. Itu janji gue.

“Eh, niat gue ngajak lo ke sini, kan buat bikin janji bareng. Liat deh, Ki! Liat nggak, Rigel-gue tuh! Cemerlang banget! Lo-”

Cup. 
Sebelum gadis bawel ini nyerocos lebih banyak lagi soal astronomi, sebuah kecupan mesra gue layangkan di pipi kanan dia. Dan detik itu juga dia terdiam.

“Mau nggak gue panggil ’Sayang’ ?” satu tatapan maut langsung gue terima dari Riani.

“Nggak! Nggak mau! Ogah gue, Ki!” balas dia sambil nyubit lengan gue yang sontak bikin gue mengaduh minta ampun.

“Awas ya, kalo lo manggil gue kayak gitu.” kata dia yang langsung gue sambut dengan sebuah pelukan mesra, dan syukurnya seketika itu juga dia ngebalas pelukan gue.

Rasanya bahagia banget gue bisa meluk lo dari belakang kayak gini, Ri.

“Mana si Rigel-lo itu? Ayo deh kita bikin janji bareng.” tanya gue sambil menjatuhkan dagu gue ke pundak kanan Riani.

Ya, Tuhan, nggak pernah terlintas dalam pikiran gue, kalo akhirnya lo bakal ngebuka pintu hati lo buat gue secepat ini, Ri.

“Itu, Ki, yang warnanya biru.” jawab dia sambil menunjukkan objek langit yang menurut pandangan gue warnanya sama semua.

Payah banget deh gue.

“Nemu nggak?” tanya Riani sambil narik tangan kanan gue yang sedari tadi melingkar di pinggang dia. Dan dengan polosnya gue tersenyum sambil jawab “Nggak.”

“Ki, kita menepi yo, dingin banget gue di sini.” gue tersentak begitu menyadari tangan Riani yang bergetar hebat.

“Kenapa nggak ngomong dari tadi si?” celoteh gue sambil narik dia menepi ke bibir pantai. Niat gue mau langsung bawa Riani ke hotel pupus, dia malah nahan lengan gue sambil bilang, “Langsung balik ke hotel ya, Ki? Yah... gue belum bikin janji sama Super Moon-nya.”

Akhirnya gue cuma bisa mengiyakan permintaan dia buat stay dulu di bibir pantai.

“Dingin banget ya, Ri?” tanya gue sambil kembali menjatuhkan pelukan ke tubuh dia. Tapi, nggak dikasih jawaban apa-apa.

“Ki, lo bisa nggak tutup telinga lo sekarang?”

Permintaan macam apa nih?

“Tutp telinga aja, kok. Nggak tutup mata.” sambung dia seraya melepas pelukan gue. Dan dengan patuhnya gue bilang, “Iya, deh.”

“Awas kalo nguping!” ancam dia sambil ketawa galak.

Gue pun dengan santai akhirnya menutup kedua telinga gue dengan kedua tangan gue. Sementara Riani masih tetap berdiri di depan gue dengan tubuh tegap menghadap Super Moon.

“.................Ya, Tuhan, makasih buat semuanya, jalan hidupku adalah skenario terbaik yang telah Kau buat. Bantu aku belajar untuk melupakan semua kenangan pahit dan melepaskan semua rasa ini buat Novan. Aku janji, aku akan berlajar mengikhlaskan dia pergi sama Tia, Tuhan. Malam ini aku sudah menerima kenyataanMu dengan damai, aku ingin memulai hidupku yang baru tanpa ada Novan, karena sekarang aku udah punya dia, aku udah punya Kiki. Dia bukan pengganti, karena dia nggak bakal pernah sanggup menggantikan atau tergantikan. Jaga Kiki buatku Tuhan. Jaga dia buatku. Amin...”

Dan kali ini, jangan salahin gue kenapa melanggar janji gue buat nggak nguping; telinga gue sontak kebuka gitu aja. Satu tetes airmata gue jatuh waktu Riani nyelesain janji sederhananya itu.

Ya, Tuhan, andai aja gue janji buat nggak ngibulin lo, Ri, gue pasti bakal langsung meluk lo dan ngapus airmata lo itu.

“Kiki.” kata Riani yang sontak langsung gue jawab, “Ya! Gue di sini, Ri.”

Detik berikutnya sebuah cubitan sukses mendarat di perut gue beriringan dengan omelan kesal dari Riani, “Ngibulin gue lagi, kan lo? Ih! Kiki, udah dibilang jangan nguping juga!”

“Gue gak denger semuanya kok. Sumpah.” bela gue sambil menahan tangan Riani buat nggak memperbanyak cubitan di perut gue.

Dan janji gue sama Tuhan malam ini adalah, “Aku hanya ingin membuatnya bahagia. Bantu aku, Tuhan.”

***

Angin malam akhirnya mengantarkan Strawberry Moon Kuta buat jadi lentera paling terang di langit. Dan detik berikutnya setelah gue nutup jendela hotel, gue baru sadar, siapa cewe yang udah terlelap di samping kiri ranjang gue, gue tersenyum sambil nggak henti-hentinya ngucapin terimakasih sama Tuhan atas semua kejadian malam tadi.

“Selamat malam, Ri. Selamat tidur.” kata gue sambil narik selimut buat nutupin tubuh Riani yang tadi sempat menggigil. 

Setelah itu gue kembali lagi ke sofa buat berbaring, mengistirahatkan pikiran gue yang tadi sempat shock karena nggak nyangka, kalo sekarang gue udah jadi cowo dia.

We can’t get the reason why he’s not for us. We just can accept the God’s plane.



Kuta, Bali
16 Juni 2014



It’s a part of my life with someone who gotta be a stranger. I never chose to lo love him, I just get my way, I just walk. But, now, I try to forget him. I’m the wimp, I wanna croak my heart, I wanna bump off this feelings, I wanna out from this bind. 
So, I made it... Special for you, for your new age. Hope you always remember how many times that we ever spent. I won’t ask your promises, cuz I know you can’t. I just need you say “Yeah, i’ll always remember. You, me, us, and them.” You hold all of my story, my tears, my laugh, but no for my love. 
Ending of this story I made as a I... Maybe you (too) want. 

So, goodbye, Ki. Take your happy in YGY :) 

Komentar

  1. Kalimat kiasannya mantap ukhti

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan, mak wkwkwkw

      sayang
      tapi kalah


      tp, ttp gue bales kan yyyya xD

      Hapus
  2. Balasan
    1. Thxxxx deh wkwkwkw

      yya meski gk menang
      lo udah berhasil dpat 1 thumb dr gue

      congratsss (?) :D

      Hapus
  3. Buatan sendiri yaa? Kereenn bangett ��

    BalasHapus
  4. Emak blm kelar baca nak. Tp emak tau jalan ceritamu macem mana. Eh ini link perlu banget gak emak kirimin ke no*an??

    BalasHapus
    Balasan
    1. What??????

      noooo!
      astagaaa, jangan lah mak
      malun-maluin gue -_____-

      Hapus
  5. omaigaaattt ceritanyaa keren sekeren kerennyaaa suka bangeet wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dehhh :D
      wkwkwkw, makasihh yo udah mau ngebaca
      yya, meskipun gue gk dpat reward apa-apa xD

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020