Tes Berbantuan Komputer

 

(Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik

S2 Pendidikan Fisika UM, Februari 2022)

Essai Topik 4 (Pertemuan 5) : Tes Berbantuan Komputer

(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017)



Pada essay sebelumnya kita telah membahas tentang tes, bukan? Nah semoga teman-teman masih ingat, ya.  Adapun pada pembahasan kali ini kita akan melanjutkan uraian mengenai tes lagi. Sebelumnya kita juga telah mengetahui bahwa tes terbagi menjadi tiga macam berdasarkan jawaban dari siswa, yaitu tes tertulis, tes lisan, dan tes perbuatan (praktik). Kini, perkembangan teknologi telah memberikan beragam inovasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran, salah satunya ilah pada aspek tes, di mana kini tes dapat digunakan menggunakan perangkat digital berbantuan computer.  Sesuai namanya, tes berbantuan computer atau Computer Based Test (CBT) adalah sistem penilaian atau evaluasi berbantuan komputer sebagai media utamanya.

Langkah – langkah menggunakan tes berbantuan komputer yakni:

1.      Soal dapat dikemas dalam bentuk CD ataupun dapat juga ditaruh dalam flashdisk

2.      Penyedia harus menyiapkan peralatan yang digunakan untuk melaksanakan tes berbantuan komputer, yang laing utama yaitu komputernya

3.      Ketika CD atau Flasdisk ditancapkan soal akan muncul di computer

4.      Soal biasanya merupakan soal pilihan ganda

5.      Membaca dan memahami terlebih dahulu ilustrasi penggunaan yang disajikan

6.      Ketika sudah selesai pada satu soal akan berlanjut ke soal berikutnya, pada langkah ini tidak dapat kembali ke soal sebelumnya. Tetapi, pada sebagian besar tes berbantuan komputer yang dikembangkan bahwa ketika sudah menjawab masih bisa kembali mengoreksi jawaban yang sudah dipilih sebelum mngeklik hasil

7.      Soal yang disajikan berjumlah 20 soal pilihan ganda

8.      Nilai akan otomatis keluar setelah selesi mengerjakan soal

9.      Setiap soal diberi waktu 1 menit untuk mengerjakan

Beberapa keuntungan menggunakan CBT dalam penilaian ialah:

1.      Penyertaan multimedia; grafik, klip video pendek, atau file suara dapat dimasukkan dalam pertanyaan, tanggapan, atau umpan balik.

2.      Bentuk barang; CBT memungkinkan untuk jenis item yang tidak dapat diproses dengan memindai lembaran gelembung kertas, seperti "periksa semua yang berlaku".

3.      Mengurangi biaya kertas; Tes Berbasis Komputer untuk kelas besar menghindari biaya yang besar dalam memproduksi tes kertas.

4.      Penilaian; banyak jenis item dapat dinilai secara otomatis.

5.      Dapat dilaksanakan di berbagai tempat asalakn di tempat tersebut terdapat computer.

6.      Mengurangi kecurangan siswa pada saat mengerjakan karena soal dapat diacak

7.      Soal terjamin keamaan dan kerahasiaannya

8.      Waktu yang digunakan dalam pengoreksian lebih efisien

9.      Waktu dalam pendistribusian lebih efiseien karena tidak perlu mendistribusikan secara manual

10.  Siswa dapat mengetahui hasil tes secara langsung setelah selesai mengerjakan tes.

Adapun kelemahan dari penggunaan tes berbantuan computer, yakni:

1.      Tidak dapat dilaksanakan jika tidak mempunyai komputer atau bergantung kepada perangkat computer

2.      Membutuhkan komputer yang memadai dalam satu tempat (lab kkomputer) yang baik dan mendukung pelaksanaakn tes.

3.      Pada saaat pelaksanaan dan terdapat kendala program tesnya, maka pelaksanaan akan tertunda.

4.      Siswa yang akan melaksanakan kegiatan tes berbantuan komputer harus memiliki pengatahuan mengenai pengoperasian komputer.

Adapun prosedur untuk menggunakan CBT (Computer Based Test), antara lain

1.     Pengguna harus memastikan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan CBT. Seperti 1 unit PC untuk setiap siswa dan dilengkapi dengan CD (compact disk) CBT

2.     Soal dikemas dalam bentuk aplikasi yang sudah terinstal atau CD yang dimasukkan kedalam CD room yang terdapat pada PC

3.     Soal akan langsung muncul seketika aplikasi dijalankan

4.     Soal berupa test obyektif berbentuk pilihan ganda (multiple choice item)

5.     Baca dan silahkan dilihat terlebih dahulu video demo serta petunjuk umum dan khusus penggunaan CBT

6.     Soal akan berlanjut setelah pengguna menjawab soal sebelumnya, tanpa bisa mengulanginya kembali. Sebagai upaya mengurangi kegiatan untuk saling mencontek

7.     Soal berjumlah 20 butir yang terdiri dari pilihan ganda

8.     Skor soal akan muncul setelah pengguna menjawab soal semuanya (automatic scoring) i. Masing-masing soal diberikan durasi waktu untuk menjawab selama waktu yang telah ditentukan. Jika melebihi waktu yang diberikan akan muncul peringatan waktu telah habis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Mahasiswa dan Bystander Effect-nya