Instrumen Tes

 

(Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik

S2 Pendidikan Fisika UM, Februari 2022)


Essai Topik 3 (Pertemuan 4) : Instrumen Tes

(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017)


Nah, pada essay sebelumnya kita telah mengetahui urgenitas penggunaan assessment dalam proses pembelajaran. Assessment juga menjadi salah satu alat ukur dalam proses evaluasi. Evaluasi sendiri tentunya membutuhkan tool atau alat berupa tes. Dalam proses pembelajaran, pembelajran tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam bidang kognitif.

Tau, ga, sih teman-teman, bahwa ternyata tes dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yakni tes tertulis, tes lisan, dan tes perbuatan (praktik). Adapun pada tes tertulis sendiri terbagi menjadi dua bentuk, yaitu uraian (essay) dan objektif (objective). Dalam menyusun tes tulis, terdapat beberapa panduan yang perlu kita perhatikan, di antaranya:

a. Tes harus dapat mengukur apa-apa yang dipelajari dalam proses belajar mengajar

sesuai dengan tujuan instruksional yang tercantum di dalam kurikulum yang berlaku.

b. Tes yang tersusun benar-benar mewakili bahan yang telah dipelajari.

c. Tes hendaknya disesuaikan dengan aspek-aspek tingkat belajar yang diharapkan.

d. Tes hendaknya disusun sesuai dengan tujuan penggunaan tes itu sendiri, karena tes dapat disusun untuk keperluan : pretes/postes, materi tes, tes diagnostik, tes prestasi  belajar, tes formatif, dan tes sumatif.

e. Tes hendaknya dapat diguankan untuk memperbaiki proses belajar mengajar.

f. Tes yang disusun mempertimbangkan proporsi tingkat kesulitan dan kesesuaiannya  dengan taraf kemampuan siswa.

g. Petunjuk pengerjaan soal jelas dan bila perlu disertai contoh mengerjakannya.

h. Tes disusun dengan mempertimbangkan kaidah-kaidah penulisan soal pada  masing-masing jenis soal.

i. Penulisan soal menggunakan bahasa yang benar

Pada dasarnya langkah-langkah dalam pengembangan instrumen tes lisan hampir sama dengan pengembangan instrumen tes tulis, karena sama-sama  digunakan untuk menentukan penilaian pada aspek kognitif, hanya saja pada  pengembangan instrumen tes lisan harus memperhatikan kriteria tertentu. Adapun  langkah-langkah dalam pengembangan instrumen tes lisan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan kompetensi pengetahuan yang sesuai untuk dinilai melalui tes lisan.

2. Menyusun indikator proses dan hasil belajar berdasarkan kompetensi  pengetahuan yang dinilai melalui tes lisan.

3. Menentukan kriteria kunci yang menunjukkan capaian indicator hasil belajar pada kompotensi pengetahuan.

4. Menyusun kriteria kunci ke dalam rubrik penilaian.

5. Menyusun pedoman pertanyaan yang menunjukkan kemampuan menggunakan bahasa lisan, sistematika berfikir, memecahkan masalah, mengungkapkan  hubungan sebab akibat, dan mempertanggungjawabkan pendapat atau konsep yang dikemukakan sesuai dengan pokok-pokok pertanyaan evaluasi yang akan  diajukan (memiliki validitas yang tinggi, baik dari segi isi maupun  konstruksinya) serta harus disiapkan pedoman jawaban betul dan peskorannya).

6. Menyiapkan lembaran penilaian, berupa format yang akan digunakan untuk mencatat skor hasil penilaian keberhasilan menjawab setiap soal yang diajukan.

Instrumen tes dinyatakan baik, jika apabila memenuhi kriteria/karakteristik, yakni:

1) Valid: tes dikatakan valid apabila tes benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur.

2) Reliabel: tes dikatakan reliabel jika tes menghasilkan data yang konsisten kapanpun tes dilaksanakan. Reliabilitas mengacu pada konsistensi atau pengulangan tes atau pengukuran.

3) Objektif: tes dikatakan objektif jika tes dapat diskor dipengaruhi oleh pendapat orang lain. Hal ini juga berarti interpretasi tiap item oleh peserta tes.

4) Diskriminatif: tes dikatakan diskriminatif apabila tes dapat membedakan antara siswa yang menguasai materi dan yang tidak menguasai materi.

5) Komprehensif: tes yang komprehensif adalah tes yang cukup panjang dan  jumlahnya sesuai.

6) Praktis: tes dikatakan praktis jika tes dapat dimanfaatkan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020