AFL (Assessment for Learning)
(Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik
S2 Pendidikan Fisika UM, Februari 2022)
Essai Topik 1 (Pertemuan 2) : Assessment
for Learning
(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017)
Tau,
ga, sih? Kenapa guru harus melakukan assessment atau penilaian? Seberapa penting
kiranya assessment tersebut? Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kita
kenali dulu, “Assessment itu apa, sih?”
Assessment
adalah proses pengumpulan dan pengolahan liputan data yang bertujuan untuk
mengukur capaian hasil belajar atau output peserta didik. Ternyata, proses
Penilaian atau assessment itu tidak sembarangan, lho. Assessment mengacu pada
aktivitas yang digunakan oleh guru dan peserta didik, di mana aktivitas
tersebut dapat mendorong, membentuk, dan mengukur pembelajaran. Dalam melakukan
penilaian pun tidak sembarangan. Alat ukur atau instrument yang digunakan
haruslah memiliki reability validitas dan fairness
Penilaian
Pembelajaran penting dilakukan sebab hal tersebut menjadi panduan bagi guru untuk
memberikan umpan balik terkait dengan pembelajaran peserta didik, serta mengidentifikasi
progress atau kemajuan pembelajaran. Nah, ternyata penilaian itu sendiri
bentuknya ada beragam, yakni:
a. Assessment
of learning; dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Fokus
utamanya dalah capaian belajar peserta didik.
b. Assessment
for learning; dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung; untuk
melakukan perbaikan proses belajar mengajar.
c. Assessment as learning; memiliki fungsi yang mirip dengan assessment for learning, yaitu berfungsi sebagai formatif dan di laksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Peserta didik di beri pengalaman untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri. contohnya penilaian diri (self-assessment) dan penilaian antar teman.
Pada essay ini, kita akan
berfokus pada bahasan AFL atau Assessment
for learning. AFL dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran. Dimulai dari
pembukaan atau awal pembelajaran, pembelajaran inti, pleno, sampai kesimpulan
dan kegiatan bertanya. Bahkan pada kegiatan di luar pembelajaran seperti
pemberian umpan balik, menggunakan data menggerakkan pembelajaran, dan terakhir
menanamkan hasil dari penilaian tersebut.
Terdapat beberapa penilaian
yang dapat dilakukan dalam AFL, seperti: Penilaian
Kinerja (penilaian yang meminta siswa untuk mendemostrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan kedalam berbagai macam konteks sesuai dengan
kriteria-kriteria yang diinginkan), Penilaian
Portofolio (kumpulan hasil karya atau hasil belajar siswa, seperti hasil
tes, tugas-tugas, catatan-catatan, ide-ide siswa, karangan siswa, rangkuman
materi yang disajikan dalam berbagai sajian (tabel, diagram, dsb), karya seni,
dan sebagainya) dan Penilaian Afektif
(sikap dan nilai).
Komentar
Posting Komentar