AFL (Assessment for Learning)

 (Tanggapan Berupa Essay Kecil Penilaian Autentik

S2 Pendidikan Fisika UM, Februari 2022)


Essai Topik 1 (Pertemuan 2) : Assessment for Learning

(Fauzia Dwi Sasmita_210321868017)

 


Tau, ga, sih? Kenapa guru harus melakukan assessment atau penilaian? Seberapa penting kiranya assessment tersebut? Sebelum membahasnya lebih lanjut, ada baiknya kita kenali dulu, “Assessment itu apa, sih?”

Assessment adalah proses pengumpulan dan pengolahan liputan data yang bertujuan untuk mengukur capaian hasil belajar atau output peserta didik. Ternyata, proses Penilaian atau assessment itu tidak sembarangan, lho. Assessment mengacu pada aktivitas yang digunakan oleh guru dan peserta didik, di mana aktivitas tersebut dapat mendorong, membentuk, dan mengukur pembelajaran. Dalam melakukan penilaian pun tidak sembarangan. Alat ukur atau instrument yang digunakan haruslah memiliki reability validitas dan fairness

Penilaian Pembelajaran penting dilakukan sebab hal tersebut menjadi panduan bagi guru untuk memberikan umpan balik terkait dengan pembelajaran peserta didik, serta mengidentifikasi progress atau kemajuan pembelajaran. Nah, ternyata penilaian itu sendiri bentuknya ada beragam, yakni:

a. Assessment of learning; dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Fokus utamanya dalah capaian belajar peserta didik.

b. Assessment for learning; dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung; untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar.

c. Assessment as learning; memiliki fungsi yang mirip dengan assessment for learning, yaitu berfungsi sebagai formatif dan di laksanakan selama proses pembelajaran berlangsung. Perbedaannya, assessment as learning melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Peserta didik di beri pengalaman untuk belajar menjadi penilai bagi dirinya sendiri. contohnya penilaian diri (self-assessment) dan penilaian antar teman.

Pada essay ini, kita akan berfokus pada bahasan AFL atau Assessment for learning. AFL dilakukan sepanjang kegiatan pembelajaran. Dimulai dari pembukaan atau awal pembelajaran, pembelajaran inti, pleno, sampai kesimpulan dan kegiatan bertanya. Bahkan pada kegiatan di luar pembelajaran seperti pemberian umpan balik, menggunakan data menggerakkan pembelajaran, dan terakhir menanamkan hasil dari penilaian tersebut.

Terdapat beberapa penilaian yang dapat dilakukan dalam AFL, seperti: Penilaian Kinerja (penilaian yang meminta siswa untuk mendemostrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan kedalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria-kriteria yang diinginkan), Penilaian Portofolio (kumpulan hasil karya atau hasil belajar siswa, seperti hasil tes, tugas-tugas, catatan-catatan, ide-ide siswa, karangan siswa, rangkuman materi yang disajikan dalam berbagai sajian (tabel, diagram, dsb), karya seni, dan sebagainya) dan Penilaian Afektif (sikap dan nilai).

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Mahasiswa dan Bystander Effect-nya