Rely on Allah


https://www.pinterest.co.uk/pin/577445983444611790/?autologin=true

Assalamualaikum.

Happy great holiday buat seluruh semesta. Di postingan kali ini saya mau berbagi, berbagi sedikit cerita tentang masa-masa yang sebenarnya dialami oleh seluruh orang yang menempuh pendidikan, terutama untuk pendidikan sekelas perguruan tinggi.

Sejak ujian semester III berakhir, ada banyak hal yang membuat saya semakin bersyukur. Saya baru sadar, sebagai seorang mahasiswi ternyata ada banyak sekali waktu yang saya miliki untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya jarang saya lakukan ketika sibuk kuliah. Well, meskipun sebenarnya nggak ada istilah sibuk di dunia ini, yang ada hanyalah tentang prioritas dan seberapa besar kedudukan kebutuhan kita dalam mengurutkan kegiatan yang kita punya (belepotan banget nulisnya, seriously)

Jadi, gini. I wanna asking you something? Do you ever feel a miracle? Atau pernah ngerasain sesuatu yang sebelumnya nggak pernah terekspetasi dalam hidup kalian? Sesuatu yang melampaui target kalian?

Karena kali ini yang berbagi cerita adalah saya, maka tentu saya yang akan terlebih dulu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, kan?

Ingatan tentang jadwal ujian final semester III sebenarnya udah terpendam begitu dalam dan hilang entah kemana. But, I still remember the sense. Terutama buat final mata kuliah alat-alat ukur listrik.

Guys, serius, suer ini serius. Waktu ujian Alkur, telak banget jawaban saya itu keliru saat nyari nilai hambatan Thevenin (anak fisika pasti pada tau semua). Nah, karena dasar jawaban itu salah, otomatis anak cucu ke bawahnya juga salah, kan? I realized. Saya bilang, “Yah, bablas lah nomor tiga.”

Sebenarnya saya nyadar jawaban saya itu salah. Karena hasilnya itu impossible bangettt. Cuman, waktu ngerjain soalnya, saya nggak tau salahnya di mana. Akhirnya saya kumpul. Dan berselang beberapa detik setelah saya ngumpul, teman saya bilang kalo pecahannya itu dikali, bukan ditambah.

Wah, detik itu juga saya nyaris kehilangan semangat, nyaris kehilangan ambisi. Tapi, beruntung akal pikiran saya masih bisa diperintah buat tetap bersabar. Toh, siapa tau malaikat gantiin jawabannya? Who knows?

Oke, itu edisi alat ukur listrik. Berikutnya edisi Telaah Sekolah Menengah I. Ujiannya so absurd banget buat saya.

Satu minggu saya prepare buat ngadepin ujian Telaah (belajar di perpustakaan daerah, ngerjain soal-soal multiple choice, mantengin paragraph-paragraph materi) akhirnya harus berakhir tragis di ruang ujian. Saya blank dan hampir-hampir putus asa. Apa yang saya pelajarin, lebih separuh dari itu ternyata lepas semua. Ya Allah, rasanya hari itu adalah hari terberat saya selama masa kuliah. Saya nggak bisa jawab sama sekali untuk satu soal dan akhirnya saya bolongin. Terus saya jawab dua atau tiga nomor yang ternyata beda persepsi sama teman-teman yang lain. Keluar ruang ujian saya cuman bisa tarik napas panjang aja. Sepanjang jalan saya berdo’a, semoga hasilnya nggak mengecewakan.

Next, edisi ujian final Fisika Matematika I. Well, ini mata kuliah yang buat saya pribadi itu rasanya angker. Karena dulu waktu semester satu saya cuman bisa dapet B DOANG di mata kuliah matematika dasar. (Oke saya bakal cerita masalah matematika dasar itu nanti).  Jadi, buat prepare ujian fismat, saya punya pegangan rekapan ujian angkatan di atas saya yang kebetulan waktu itu dibolehin buat difotocopy sama pacarnya. Alhamdulillah, setidaknya ada punya bayangan, kan?

Beruntungnya lagi, mata kuliah ini ngasih ruang selebar kertas HVS yang diperizinkan secara legal sama dosennya untuk ditulis dengan apapun yang ingin kita tulis dan boleh dibawa masuk ke ruang ujian sebagai sarana dan media untuk mempermudah pengerjaan ujian (read : carpet aka cerpean). For me, itu sebenarnya nggak efektif banget, sih. Karena waktu ujian mid kemarin hampir semua yang saya tulis ternyata meleset sia-sia.

Prepare berikutnya adalah saya nyari bahan materi ajar di internet buat latihan. Waktu itu nemu PDF dari salah satu jurnal anak Gunadarma, materinya tentang kalkulus lanjutan. Setelah saya kerjain satu persatu, ehhh ternyata soal-soal tahun ujian angkatan tahun kemarin ada nongol di PDF itu. Saya nyoba positive thinking, mungkin kebetulan sama. Apalagi soal anak-anak fisika matematika rata-rata emang kayak begituan. Akhirnya saya coba-coba buat ngerjain soal integral lipatnya sekitar 23 soal.

Dan ketika duduk dikursi ruang ujian lalu dihadapkan pada lembar pertanyaan, saya merasa nama Fauzia adalah nama yang paling saya senangi. Saya beruntung, 2 dari 23 soal yang saya kerjain kemarin malam, ternyata nongol di ujian. Kebayang nggak, sih? Alhamdulillah banget, kan.

Hari demi hari berlalu, satu per satu nilai come out. Nah, malam itu saya baru pulang ngeles dari daerah Mahligai. Taunya, pas nyampe rumah saya dikabarin nilai fismat udah keluar. Buru-buru cek portal, baca Bismillah aja nggak tau deh berapa banyak sekalian loadingnya mayan lama. Dan ternyata hasilnya, Alhamdulillah banget. Sama sekali nggak ngecewain. Saya senyum lebar bangettt. Saya sendiri aja ngerasa, kedua bibir saya ditarik lebar banget. Ya Allah, ternyata sekalipun mid kemarin rada apes, Alhamdulillah hasilnya bisa bikin bernapas lega.

Dan yang paling saya nanti-nantiin itu adalah nilai Alkur sama nilai Telaah I. Teruntuk Alkur, saya nggak berani muluk-muluk, yang penting nilanya adem ayem aja, udah syukur Alhamdulillah. Dan teruntuk nilai Telaah, saya ridho, saya tahu saya banyak salah, jadi apapun hasilnya nanti saya terima dengan lapang dada.

Nggak taunya, begitu saya pantengin situs portal, nilai Telaah nongol. Dan saya dapat bobot nilai yang Alhamdulillah sempurna. Kebayang nggak, sih gimana rasanya? Saya sendiri aja hampir nggak percaya. Saya pikir, “Hah? Yakali? Beneran? Ya Allah.” Gitu-gitu, deh pokoknya.

Di ujung-ujung weekend, nilai alkur keluar. Ya Allah, saya bener-bener speechless. Bayangin, nih, saya yang udah salah jawab nomor tiga, yang jawabannya masih rada-rada nggak lengkap gitu, ternyata masih bisa dapet nilai yang bener-bener Subhanallah banget, deh pokoknya. Saya aja ampe melongo, sangking takjubnya. Pake nanya ama sendiri, “Ya Allah, ini beneran?” Pokonya saya nyaris nggak percaya, “Apa iya? Beneran?”

Sangking nggak percayanya, saya ngerasa nilai fismat, telaah dan alkur itu adalah nilai ajaib. Setiap habis sholat, saya hampir-hampir mau nangis kalo inget ternyata janji Allah itu emang bener-bener tepat.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”
(Q.S Al-Insyirah ayat 5-6)
  
Ayat itu melakukan penegasan dan mengulangnya ampe dua kali, coba?

Pasti ada kemudahan, pasti ada kebahagian, pasti ada jalan. Sesulit apapun ujiannya, sesulit apapun prosesnya. Selama kita melakukannya ridho karena Allah, Allah pasti bakal bantu kita dengan kebaikan-kebaikan yang nggak kita sangka-sangka.

Saya ngebuktiin ini sendiri, teman-teman. Nggak ada kebaikan yang kita lakukan ternyata bernila sia-sia. Yang sia-sia adalah ketika kita ingin memperoleh kebaikan dengan cara yang nggak masuk akal, dengan cara yang menurut saya justru malah mencelakakan diri sendiri.

Well, saya udah pernah posting tentang betapa ilfeelnya saya menghadapi perangai orang yang suka nyontek. Buat saya, mereka-mereka yang ngandelin cara kayak gitu adalah mereka yang pengecut, nggak punya persiapan, penakut, pecundang, lemah dan malas. (Saya minta maaf banget. Saya sendiri juga pedih banget nih ngomongnya)

Jujur, saya bukan manusia yang sempurna. saya juga bukan manusia yang suci, yang nggak punya salah dan dosa. Tapi, saya cuman bingung. Bisa-bisanya mereka kecewa dengan sesuatu yang sama sekali nggak mereka usaha-in, nggak mereka perjuangin. Mereka kecewa kenapa nilainya jadi segini, kenapa hasilnya jadi segini, kenapa kok gini, kenapa kok gitu.

Udah jelas, syaratnya itu musti kesulitan dulu, baru kemudahan. Mana ada, sih kebahagiaan yang instant? Mie instant aja musti direbus dulu (inget, rebus itu bagian dari proses).

Kita ini makhluk Allah yang paling sempurna, teman-teman.

"Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan”. (Q.S Al Isra’: 70)

Umpamanya gini, nih temen-temen. Kalian dikasih sama orang tua kalian sebuah motor baru buat sarana transportasi kalian ke kampus. Motornya itu adalah motor dengan kualitas terbaik, high quality deh pokoknya. Mereka pesan ke kalian buat ngejaga motor itu baik-baik, dirawat, dan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Dan kalian setuju sama permintaan itu.

Ehhh, nggak taunya, tu motor malah kalian pake buat ngebut-ngebutan, bonceng lima, terus kalian modif nggak jelas gitu, suara knalpotnya berisik banget dan bikin orang-orang pada terganggu.

Nah, sampai di sini, bisa nggak kalian bayangin gimana perasaan orang tua kalian? If I were them, I would go disappointed.

Kecewa pasti, lah. Anak yang disayangin, dicintain, dipenuhin kebutuhnya, nggak taunya malah kayak gitu. Jadinya apa? Bukanya malah bikin orang tua bangga, kita justru berdosa karena udah bikin orang tua kecewa sama sikap kita yang kayak gitu.

Sekarang, coba deh kita merefleksikan sikap dan tingkah laku kita selama ini, kira-kira udah bener apa belum, sih? Kira-kira akal yang menjadi kelebihan kita udah digunakan dengan bijak apa belum? Apa perilaku kita yang sekarang ternyata udah bikin Allah kecewa sama kita? Apa selama ini, yang kita lakuin ternyata justru membuat Rabbi kita kecewa?

Teman-teman, coba deh mulai sekarang kita berakad sama Allah. Jamin, deh, nggak bakal dikecewain. Nggak bakal ngerasa dicurangin, nggak bakal merasa rugi. Ketika kita udah libatin Allah dalam setiap hal yang kita lakuin, percaya deh Allah nggak bakal pernah biarin kita sendirian.

Masalahnya, kita itu jarang banget melibatkan dan mengandalkan Allah dalam kehidupan kita. Ingetnya nanti, pas udah kepepet. Waktu lagi di atas, senangnya ama temen-temen. Eh, pas waktu jatuh baru manggil “Ya Allah…”

Setiap usaha yang kita lakuin, pasti bakal Allah ganti dengan balasan yang setimpal. Setuju, kan? Apa yang mau kita harapin dari usaha kita yang kerjaannya cuman nyontek, ngerpe, nengok kanan-kiri waktu ujian, nyari-nyari soal ke kelas tetangga terus ngerjain soalnya duluan H-2???

Mau berharap dapat kejutan dari tingkah laku kita yang kayak gitu? Realistik sedikit, teman-teman. Kita dari zaman SD juga udah tau, yang kayak gitu-gitu mah kagak boleh, bahkan saya sendiri mengganggap itu perbuatan yang haram, meskipun sebenarnya nggak ada ayat dan hadist yang secara jelas menerangkan bahwa nyontek saat ujian itu haram.

Pertanyaannya sekarang adalah, wajar nggak, sih kita kecewa? Kita yang udah berusaha keras, belajar mati-matian, tau-taunya malah dikecewain?

Now, at this moment of time, coba kita flashback ke masa-masa di mana kita sempat ngecewain Allah, sempat jauh banget dari Dia, sempat nyasar ke mana-mana, sempat hilang kendali, sempat lupa kalo Allah itu ada terus sama kita, sempat berbuat yang seharusnya nggak diperbuat. Kita yang lebih dulu ngecewain Allah. Kita yang lebih dulu bikin jarak sama Dia.

Dalam keadaan kayak gini, dalam keadaan di mana orang yang paling kita cintai udah kita kecewain, ternyata Dia masih sayang bangettt sama kita, Allah masih perhatian sama kita, masih peduli sama kita. Buktiya, Allah masih negur kita, kan? Allah ngasih kita peringatan supaya nggak terus menerus larut dalam kesalahan. Cuman kitanya aja yang punya perspektif terlalu amat sempit. Kita nganggap teguran Allah itu justru ngecewain kita, justru bikin kita down, bikin kita berpikir kalo Allah udah mencurangi kita.

Masih pada ingat semua, kan? "Bukankah, Allah akan membalas keburukan meskipun hanya sekecil zarrah sekalipun?"

Jadi, ayo, mulai sekarang kita benahi diri kita. Mungkin selama ini kita keliru dalam bergaul, yuk mari kita benahi pergaulan di sekitar kita. Mungkin selama ini kita udah berjalan jauhhh bangettt sampai-sampai waktu Allah manggil kita, kita nggak bisa menyikapinya dengan baik. Waktu Allah manggl kita, kita justru bingung, justru ling-lung, justru plin-plan dan segala macam karena kita nggak tau jalan pulangnya ke arah mana. Jadi, yuk mari kita benahi hubungan kita sama Yang Maha Adil dan Maha Bijaksana. Sama manusia aja bisa romantis, kan? Harusnya kita harus lebih romantis lagi sama Rabbi kita. Atau mungkin juga kita bermasalah sama cara dan pola belajar kita yang Old System (Sistem Kebut Seminggu atau Sistem Kebut Semalam). Yuk, kita ubah Old System itu jadi lebih baik, SKS (Sistem kebut Setiap Hari).

Jika dalam ujian kecil kita udah terbiasa mengandalkan Allah, udah terbiasa melibatkan Allah, maka Insha Allah, itu semua bakal jadi latihan buat kita untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian kehidupan yang akan Allah berikan.

Selagi kita yakin, kita percaya, maka nggak bakalan ada yang sia-sia. Selagi kita berpegang dan berjalan sesuai dengan rute-rute yang Allah ridhoi, percaya deh, temen-temen, kita nggak bakal jadi orang yang rugi. Kita nggak bakal merasa kecewa.

Yuk, berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Mari saling mengingatkan dalam kebaikan.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

  1. Iloveyoumoreeeee❤❤❤❤❤
    MasyaaAllah sukaaaaa, selfreminder banget fau. Bangga aku beisi kawan kya km😂😂😂

    BalasHapus
  2. Iloveyoumoreeeee❤❤❤❤❤
    MasyaaAllah sukaaaaa, selfreminder banget fau. Bangga aku beisi kawan kya km😂😂😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020