Kilas Balik 2020

Kilas Balik Memulai 2020 dengan yang Baik

Nah, jadi sehari setelah berselangnya kegiatan 1001 Project Jilid Pertama, banyak banget orang-orang yang pada nanya pas ketemu sama gue, “Fau, bikin acara apa?” “Fau, project apa?” “Fau, ke mana kemarin tuh kok rombongan?” “Fau, ke SD mana?” “Fau, bikin perpus, ya?” “Fau, kunjungan?” “Fau, KKN?” “Fau……”

Ternyata tim publikasi dan humas 1001 (yang isinya adalah semua anggota) kurang nyesss promosiin 1001. Apalagi, kemarin pas 100 hari nabung; nabung aja, sih, tapi ga menyebarluaskan 1001. Jadinya, banyak banget yang nggak tau kalo ternyata gue sama sohib-sohib gue dan Komunitas Literasi Banua punya agenda yang super duper manis banget.

Jadi, buat yang nggak tau 1001 itu apa, aku kasih sedikit cerita, ya. Semoga suka, nih.

Pertengahan Agustus 2019 kemarin, Litban (Literasi Banua) dapat undangan dari temen-temen KKN Unlam buat ngisi kegiatan di SDN Sungai Pinang Baru 2 di daerah Sungai Tabuk sana. Wah, parah, sih. Kita satu komunitas ke sana pas musim panas, parah-parah-parah. Melejit, bruh. Matahari lagi terik-teriknya, kita lewatin jalan yang kiri kanannya semak belukar semua. Jauh banget, pula. Pertama kali mau ke SD, gue mikir, “Ini SD masuk kota apa desa? Jauh banget, lah. Mana kiri-kanan hutan semua, tiang listrik kagak ada. Ini kalo malam pasti gelap gulita. Kalo bawa motor pas malam-malam, musti gimana? Sungainya dalam kayak begini, pula.”

Debu, gengs. Apalagi gue satu komunitas motornya matic semua. Itu akses jalan cuman bisa buat satu motor, terus berbatu-batu, jembatannya bolong-bolong pula. Pokoknya parah, deh. Nah, sekitar 45 menit kita naik motor dari jalan tol, nyampe lah kita di sebuah sekolah yang kalo diliat dari luar udah bikin hati miris. Pertama, lapangan upacara buat sekolahnya ditumpukin jerami, karena tanahnya lumpur. Kedua, pas gue liat-liat ruang kelasnya, dindingnya pada bolong semua, lantainya udah mau amblas juga. Ketiga, gak ada perpustakkan di sana.

Gimana, ya. Kalo menurut gue pribadi, sih, sekolah kalo ga punya perpustakaan itu aneh. Maksudnya ada yang ga utuh, gitu. Apalagi perpustakaan itu, kan sumbernya sumber ilmu. Jadi, riskan banget sih kalo menurut gue di sana ga ada perpusnya.

Nah, karena kunjungan Litban ke sana buat ngisi acara perihal literasi, kita bawain adik-adiknya buku-buku koleksi Litban; mulai dari majalah sains, majalah bobo, buku membaca, buku serial pengetahuan; tentang hewan, kapal, alat transportasi, binatang laut, dinosaurus, dan beberapa buku membaca yang menarik dari segi visual. Di samping baca buku, kita juga ngasih tau sama adik-adik di sana, kenapa harus baca buku, kita bacain cerita, bikin games, ngasih hadiah, ngasih alat tulis, ngajak nyanyi juga, intinya sih kita bikin suasana yang lebih kondusif lah pada saat itu.

Sekitaran satu setengah jam, kita siap-siap mau pulang. Kita beres-beres, ngerapiin buku, foto bareng. Terus pas lagi masukin buku ke dalam tas, adiknya bilang, “Bukunya di bawa pulang ya, kak?” terus ada yang nanya lagi, “Nanti ke sini lagi, ya, kak?” ada juga yang bilang, “Kakak ke sini lagi, ya. Baca buku lagi kita.”

Ambyar lah, ga bisa gue mah, ga bisa. Kalo udah anak-anak yang bilang gituan mah, lemah gue. Terus ya gue jawab, “Nanti kakak sama temen-temen kakak ke sini lagi. Doain, ya.”


Sumber: Ig Literasi Banua

………………..

Pas udah nyampe rumah, gue kepikiran, “Ini mah sekolah paling parah yang pernah dikunjungin.” Terus gue cerita sama sohib-sohib gue satu geng SMA dulu. Mereka nanya sekolahnya di mana, adik-adiknya gimana, terus mereka pada ngusulin buat bikin perpus di sana. Ah, gilak, sih. Sohib-sohib gue mah, teharu banget gue. Akhirnya kita sepakat buat bikin kegiatan nama projectnya 1001.

1001, yaaa kita nabung seribu rupiah tiap hari selama seratus hari buat ngasih satu hari khusus ke adik-adik yang masih punya keterbatasan sama dunia literasi. Emang, sih, literasi mah, banyak. Tapi, fundemantalnya di baca-tulis. Makanya, gue emphasize banget sama adik-adik dan orang-orang juga buat punya habit baca.

Selama seratus hari, kita satu tim mulai dari tanggal 23 Agustus sampai 30 November 2019 kemarin. Ada yang nanya, “Kenapa nggak minta sumbangan atau donasi langsung seratus ribu aja?”



Ya, sebenarnya yang mau kita emphasize dari project ini tuh bukan nominal duitnya, tapi konsistensinya. Ngelatih diri kita, kaum dewasa buat nabung seribu rupiah doang selama lebih dari 3 bulan, bisa nggak, sih? Dan ternyata berat lo, guys. Bukan berat di seribunya, tapi di seratus harinya.

Yang gue salut, sih, ternyata sohib-sohib gue semangat banget. Pas awal Desember kemarin tuh, padahal mereka ada yang pada sibuk semhas, sibuk tugas, sibuk revisian, ternayata masih nyempetin buat beli buku, beli rak, beli tikar, beli alat tulis, beli meja, bikin sertifikat, bikin poster, bikin agenda kegiatan. Semangat nyampulin buku, ngetok-in buku, nambahin alat tulis juga. Dan satu hal, sih, yang haru banget, ternyata ada banyak banget uang hasil donasinya. Gue mah ga nyangka, ternyata temen-temen gue yang di luar project ngasih respon yang positif. Gila sih, thankyou banget Meyla, ampe promosiin, ngumpulin duitnya juga, ampe tf-in segala, terharu banget gue, serius.

Dramanya dimulai karena pihak sekolahnya agak susah dihubungin, terus adik-adiknya udah pada mau bagi raport. Padahal kalo sesuai rencana, eksekusinya minggu kedua bulan Desember, tapi karena manusianya pada sibuk revisian, akhirnya kita undur ke bulan Januari. Nah, pas di bulan Januari juga kita semua pada worry, musim hujan, terus ada yang pada sibuk tugas akhir juga. Jadilah akhirnya kita netapin berangkat dan bilang sama pihak sekolah kalo kunjungan kita hari Senin tanggal 6 Januari.

Wah, parahnya pas hari minggu tanggal 5, Litban mau ngelapak, failed; karena hujan lebat banget. Gue mah ketar-ketir, “Kalo besok hujan gimana, ya?”

Jujur, nih, gue mah worry banget, sumpah. Apalagi sohib-sohib SMA gue sohib gue dari Litban cewe, yang cowo mah dari Litban semua sama satu lagi cowo; cowonya sohib gue. Terus pas gue ngedumel ama mereka, “Ini begimana ya, hujan. Takut euy, besok kita gimana.” Itu satu grup pada ketar-ketir. Sampailah kita doain bareng-bareng, pokoknya karena niatnya buat yang baik-baik aja, Insha Allah dikasih mudah aja, gitu.

Pas pagi tanggal 6, wahhhhhh, serius, Allah mah baik banget. Itu matahari lagi hangat-hangatnya. Kita berangkat cerah banget, pas ke sana juga cerah, banyak drama juga; muterin jalan karena amblas, yang cewe pada takut bawa motor naik jembatan, ban motor berat karena tanah liat, pokoknya mah perjalnanan yang harusnya 45 menit, jadi satu setengah jam.



Pas udah nyampe. Gue mah kaget, beda banget dari kunjungan Agustus kemarin. Pelongo-pelongo gue sama rumah di bantaran sungai kagak ada, sawah-sawah juga amblas gatau ke mana.

Dan, jujur nih, capenya muter-muter satu setengah jam hilang sirna menguap ke udara entah ke mana, pas adik-adiknya teriakan, “Eh! Kakaknya datang! Bawa buku! Yang kemarin!”

Semoga ketemu lagi, dek :)


Adik-adik pas dengerin kakak-kakak bercerita

Kita ngabisin kurang lebih sekitar satu jam. Ada yang ngisi acara di kelas; games, bagiin alat tulis, main tebak-tebakan, sisanya ada yang nyiapin perpustakaan; gelar tikar, ngerakit rak, susun buku, nempel poster, atur meja. Pokoknya mah, seneng banget gue, serius.



Bagi-bagi doorprize

Bagi-bagi alat tulis

Ngajarin cara ngerawat buku

Ngajarin cara ngerawat buku
Arsitek yang siap sedia ngedesain apa aja

Sohib kental sekental marjan, ikhlas banget Timah, gatau deh sayang banget gue ama lu, tim.

Dia ga bisa kalo naik motor tapi ga diboncengin sama fauzia

Pas mau pamit, mereka ada yang bilang kek gini ama kita semua, “Makasih banyak, kak, sudah mau ke sini. Sudah mau memberi kami ilmu, buku, perpustakaan, hadiah ada gamesnya juga. Semoga kakak panjang umur ya, kak, sehat selalu.”

Nah, lewat cerita ini, gue mau ngasih tau ke kalian semua kalo kalian bisa kok makai project kita juga; intinya nabung seribu perhari selama seratus hari. Atau misal kalian butuh partner mutualan, kalian juga bisa ajakin kita buat join. Kalian bikin jilid-jilid berikutnya. Harapannya, sih dari 1001 Jilid Satu bisa ampe 1001 Jilid Seribu Satu. Manis banget, kan?

Terus juga, buat yang punya circle-circle berteman, nah kegiatan kayak gini kayaknya musti circle kalian coba, deh. Kerasa banget gimana kalian ngelakuin kegiatan kayak gini bareng sohib-sohib tuh, lebih berasa positive vibes-nya, suerrr, ga bohong gue mah.


Barokah emang, tapi gaada Haifa; sibuk semhas ibu mah

Ga usah jauh-jauh kalo misal gau mau, di Kota Banjarmasin aja masih ada sekolah-sekolah yang terbatas dalam fasilitas literasinya, terutama baca. Kalo gue bahas kenapa membaca penting banget buat hidup kayaknya kepanjangan, deh; ntar lu bosan bacanya hahahaha.

Terakhir, aku pribadi ngucapin makasih banyak buat semuanya, ga bisa disebutin satu per satu. Pokoknya thankyou so much, ya! Semoga Allah membalas semua kebaikan dan kebahagiaan yang kalian kasih ke adik-adik di SDN Sungai Pinang Baru 2. Aamiin.

Oh, iya, percaya ga kalo sohib-sohib gue pada mau lagi, ketagihan ternyata! HAHAHA

Kalian, mau nyoba juga? Nyoba virus bahagia? Yuk, kita sama-sama!

Adik-adik bareng Fajar, Ketua Litban

Poster seabrek

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM