Karma? Hukuman?



Akhir bulan Mei, di mana segala sesuatu di akhir bulan senantiasa bikin gue jadi manusia super sibuk yang hidup dalam kelimitan karena masalah finansial, mulai dari dompet menangis, duit menipis, kuota mau habis dan persedian stock pos-pos kepentingan gue juga musti harus diisi. Di tengah kemelut kayak gitu, gue musti ngejar deadline jurnal, laporan, dan tugas kuliah lainnya yang nggak bisa selesai dalam waktu satu hari, dikarenakan faktor mata gue yang nggak tahan lama-lama di depan pc buat ngerjain hal kayak begono. Syukurnya, minggu tenang dan bulan suci Ramadhan bikin gue bener-bener adem dan ngerasa fresh banget sebelum akhirnya  gue musti flashback ke masa-masa sialan yang tiba-tiba aja muncul dipikiran gue karena sosok manusia berkepala koala berhati serigala.

Gilanya adalah dia ngirimin gue ucapan yang justru gak sinkron sama suasana bulan Ramadhan. Maksudnya apa coba? He called me for many times. Bukan karena gue nggak mau ngangkat. Cuman HP gue waktu itu gue silent, jadi nggak kedengaran. Kamvretnya lag dia ngechat gue dan nanya perihal sesuatu yang bikin gue kesel mampus.

“Udah sejauh mana pelarian lo?”

“Apa udah lo pikirin baik-baik kalo manusia purba kayak dia bakal bisa balik lagi ke lo?”

“Sibuk banget ya lo sekarang. Sampai-sampai cuman baca chat gue aja, gue musti ngespam kayak gini. Seolah-olah gue nguntit lo mulu.”

“Fau”

“Fau”

“Fau”


Gue murka luar biasa. Sumpah. Kenapa juga dia musti balik ke dunia gue setelah di awal bulan April lalu dia ngelakuin hal yang sama. Well, mungkin karena Tania (aka temen satu komplotan gue sama dia, mungkin ngebocorin pertanyaan absurd gue)

Pertengahan bulan April lalu, gue emang nanya Tania soal mega bestfriend gue. Iya, gue ngaku, gue kangen berat sama Kiki, entah karena apa. Akhirnya gue mutusin buat nanya-nanya ke Tania. Tania bilang kalo mega bestfriend gue baik-baik aja, dia sibuk kuliah walaupun masih sempat hangout bareng ama temen-temen dan Nadia.

Nadia?

Well, gue nggak pernah dengar nama tu cewe dalam dunia gue dan kiki. Tepatnya dalam kamus hidup gue, gue nggak pernah dengar ada kaitan antara nama Nadia dan Kiki. Karena penasaran, gue kepoin lah si Tania. Untungnya Tania emang gudang informasi buat semua kebutuhan rasa penasaran gue. She’s His.

Deg.

Rasanya dada gue panas banget waktu tau itu. Rasanya gue pengen gulungin Kiki dari atas puncak Everest dan bikin dia sadar kalo selama ini dia udah bikin gue kayak orang linglung yang murka luar biasa saat dia ngehubungin gue dan sedih tak terkira saat gue tau dia udah punya cewe.

Sesimple itu mungkin, ya, I know, waktu emang bikin semuanya berubah. Terlebih lagi kalo masing-masing dari kita emang pengennya jalan masing-masing. Cuman kenapa dia ngehubungin gue lagi sekarang? Dia mau nunjukkin ke gue gitu kalo dia jadi orang pertama di antara kami yang bisa move on sepenuhnya? Buat apa? Buat bikin gue nyesel karena udah lepasin dia? Buat bikin gue berdosa karena dulu nggak bisa keluar dari zona sialan yang udah gue ama dia bikin?

Ya, gue akuin. Gue sedikit terluka karena tau hal itu. Dan gue pikir, “Ya udah selesai.” Intinya setelah pertengahan bulan April itu dia bakal have fun karena udah jalanin suatu hubungan istimewa sama cewe yang bahkan nggak gue tau seistimewa apa. Gue rasa saat itu adalah saat yang tepat buat gue bikin semua kejenuhan ini jadi clear dan selesai. Gue udah terbiasa buat hidup tanpa mega bestfriend gue selama dua tahun terakhir, walaupun nggak sepenuhnya kita lost contact dan bener-bener hilang dari kehidupan masing-masing. Tapi, bermodal hal itu, gue udah siap buat bener-bener ngelupain Kiki dan bikin dia jadi stranger yang nggak ngaruh lagi sama gue meskipun Tania dan Arsa sebut nama dia ribuan kali.

Tapi ternyata apa? Saat gue udah bulatin tekad, dia justru hadir dengan mengajukan pertanyaan sialan yang bikin gue kesel mampusss. Gue rasanya pengen mengutuk keadaan hubungan gue sama dia yang serumit ini. Kita terjebak di area terlarang yang bikin semuanya berasa canggung dan nggak nyaman. Dia nuntut gue buat bisa ngelupain cowo purba yang udah gue taksir bertahun-tahun lamanya tapi justru gue tolak dan bikin dia angkat kaki dari kota Banjarmasin karena kebutuhan pendidikan dia. Kita kehilangan kita. Kita bukan lagi kita. Dan kita nggak bakal bisa jadi kita lagi.

Buat lo, Ki. Pernah nggak sih lo mikir, kalo kemarahan gue itu bukan tanpa alasan. Gue murka lo ngechat-ngechat gue itu karena gue takut gue bakal noleh lagi ke arah lo, gue takut gue berasa nyaman sama lo, gue takut gue pengen kita kayak dulu lagi, gue takut kalo pada akhirnya gue nuntut lo buat jadi mega bestfriend gue lagi, gue takut kalo usaha gue selama ini buat bisa ngelupain lo jadi sia-sia dan nggak bernilai. Lo tau, Ki, di sini gue berat banget buat ngejalanin semuanya tanpa sahabat yang biasanya gue ajak makan bareng, sahabat yang biasanya gue minta tolongin ini itu, yang sering gue kibulin ini itu, sering gue kerjain ini itu, sering bantuin gue ini itu. Gue marah karena lo milih buat ninggalin kota Banjarmasin perihal alasan pendidikan lo yang buat gue itu kayak lo ngibulin gue.

Gue nggak tau, Ki. Gue udah sejauh mana  lari dari lo. Mungkin selama ini gue cuman lari di tempat dan masih berdiri di titik yang sama, seolah-olah gue udah lari triliunan kilometer jauhnya dari perasaan lo dulu. Apa mungkin ini karma atas semua yang gue lakuin dulu? Hukuman karena gue yang sok bego sama perasaan lo dan jadi orang bodoh yang terus-terusan mandang ke depan sana buat cowok purba itu?


Apa mungkin sekarang udah waktunya gue buat restart dan membuka mata, Ki? Sementara lo sendiri udah jauh banget ninggalin gue, kan? Lo udah jauh banget buat gue panggil. Apa mungkin bisa? Kita mulai lagi? Setelah semuanya kayak gini? Setelah lo yang udah ninggalin gue dan gue yang nggak perduliin lo? Apa bisa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020