Kata Ibu

Kata Ibu

Okay, jadi gue adalah satu-satunya orang yang paling telat ngepost bulan ini. Maafkan semua kesibukan gue yang sengaja dibuat-buat untuk kepuasaan pribadi, demi mencari tahu jati diri #cielahhh
Sesuai janji gue kemarin-kemarin, postingan gue kali ini adalah hasil rangkuman semua keluh kesah yang gue hadapi selama beberapa minggu terakhir. Agak norak, sih sebenarnya curcol di sini. Tapi, niat gue bukan cuman sekedar curcol. Gue sekalian pengen ngajakin kalian semua untuk berpikir sedikit lebih banyak tentang apa yang akan nantinya kita hadapi, saat suatu hari nanti saat kita menjadi orangtua.
First of all, gue mau membuka cerita ini dengan pengalaman yang gue alami sekitar sepuluh hari yang lalu. Jadi, sore itu gue jalan ke dua market yang berbeda. Pertama di supermarket pakaian, terus yang kedua di mini market toserba. Nah, di supermarket pertama, gue lagi ngantri di barisan depan kasir. Kebetulan di depan kasirnya ada dua barisan; yang kanan sama yang kiri. Gue ngantri di sebelah kiri. Di depan gue, ada tiga orang bapak-bapak yang sibuk nunggu giliran. Nah, di samping bapak-bapak itu, tetiba aja ada seorang ibu sama anaknya, yaaa umur anaknya sekitar 5 atau 6 tahunan gitu. Mereka berdua berdiri bingung, mungkin bingung karena harus ngecekin nota pembelian musti ngantri di kasir yang mana.
“Kasir mana, bu?” tanya salah seorang bapak-bapak tadi.
“Kasir tiga, pak. Di sini?”
“Oiya, bu, di sini. Ngantri dulu aja, bu.” kata si bapak sambil nyiapin kartu kreditnya.
Gue yang cuman diem doang, akhirnya memutuskan untuk menunggu reaksi ibu tadi. She had accepted the guide, dan gue penasaran banget apa yang bakal dia lakuin setelahnya.
And for a long time, she just standing a while waiting for whatever idk.
Begitu giliran gue, tiba-tiba ibunya langsung melangkah. Ngambil barisan antri gue.
Mendadak gue kaget, seems like, “Lah, ini ibu-ibu kenapa?”
"Ma.” si anak manggil ibunya.
“Ayo, ke sini, buruan.” balas si ibu sambil liatin muka gue yang lagi kaget-kagetnya. She stare at me sambil pasang senyum. Gue nggak tahu, itu senyum dimaksudkan buat apa. Entah senyum nggak enak karena udah nyerobot antrian gue, atau senyum kemenangan karena udah berhasil nyerobot antrian gue dan gue baik-baik aja karenya.
Si anak liatin muka gue sambil tertunduk, malu nampaknya.
Okay selesai.
The second one, di mini market toserba. Gue beli minuman dingin. Terus pas gue taruh minuman gue di kasir, ada dua orang anak kecil mendadak langsung ambil minuman yang tadi gue taruh; tuh minuman di singkirin, terus saudara dia yang satunya naruh snack-snack yang udah di ambil di meja kasir.
At the moment, sang ibu langsung datang menghampiri. Sambil main gadget, sang ibu ngeluarin uang Soetta dari dompetnya.
Detik itu mbak kasirnya liatin gue. Terus gue bilang, “duluin mereka aja, mbak.”
Selagi mbak kasir ngitung belanjaan anak-anak itu, akhirnya gue memutar pandangan ke arah ibu mereka yang lagi ketawa-ketiwi sambil balasin chat di gadget dia.
Mendadak, gue jadi mikir, “kok? Bisa?”
Dua kejadian itu memberi gue cara baru dalam menyiapkan diri buat jadi seorang ibu. Yaaa, I mean, not today, tapi suatu hari nanti, saat gue jadi seorang ibu, gue bakal punya pilihan yang kayak gimana buat ngedidik anak-anak gue?
Menjadi orangtua, ibu khususnya; tugas kita nggak selesai dengan kita ngandung, ngelahirin, ngerawat, ngasih uang jajan, ngajak anak-anak liburan; not only those.
Di kejadian pertama tadi, gue nggak kesel kenapa antrian gue diserobot. Gue cuman kesel kenapa seorang ibu ngajarin anaknya untuk berperilaku tidak baik, dan itu dilakukan di depan umum. Di kejadian kedua, gue juga nggak kesel kenapa antrian gue diserobot. Gue cuman kesel kenapa seorang ibu ngebiarin anaknya untuk berperilaku tidak baik, dan itu dilakukan di depan umum.
Wajar nggak, sih, kalo misal gue worry, kalo ntar gue jadi orangtua gue bakal kayak gimana?
Ya, mungkin terlalu dini untuk bicarin soal ini. Tapi, jujur, ya, kadang kalo lagi kehabiskan akal, gue sering mikir. Apa yang harus gue lakuin supaya anak-anak gue nanti bisa menduplikat semua hal-hal baik yang selama ini gue punya? Dan apa yang harus gue lakuin supaya hal-hal buruk yang gue punya nggak bakal ada di diri anak-anak gue nanti?
Yaaa, emang sih, gue nggak mungkin menciptakan sosok manusia yang sempurna. Tapi, gue yakin, dengan belajar gue bakal punya banyak cara untuk ngedidik anak-anak gue buat jadi seorang “manusia”
Gue jadi teringat ama kata-kata emak gue, beliau bilang waktu kakak cewe gue mau akad nikah, “Suatu hari nanti, saat kita jadi orangtua, kita tidak hanya menjadi orang tua.”
Dan gue baru ngerti itu sekarang. Saat jadi orangtua, kita nggak cuman jadi orang tua; yang identik dengan arif, bijaksana, dan tegas. Tapi, kadang saat jadi orangtua, kita juga harus jadi anak-anak; yang identik dengan kawan bercerita, teman bermain, sahabat rahasia. Bahkan saat kita jadi orangtua, kita juga merangkap menjadi pekerja yang bisa ngelakuin semua hal; guru, juru masak, dokter, asisten rumah tangga, dan semua pekerjaan lainnya yang kadang bikin gue bertanya-tanya, “Gue siap jadi orangtua?”
Inget, bukan cuman sekedar orang tua. Tapi, orangtua.
Kalo kita nikah, terus punya anak, yaaa kita udah jadi orang tua. Tapi, tuntutan kita nggak cuman sebatas jadi orang tua; yang udah punya gajih sendiri, yang udah bisa beli rumah, bisa beli mobil, bisa ngajak liburan dari ujung Jakarta sampai ke negeri entah berantah di Eropa. Inget, orangtua nggak cuman nyiapin rumah yang nyaman, tempat tidur yang empuk, mobil yang mewah, uang jajan yang berlimpah. Tapi, orangtua juga harus jadi role model buat anak-anak mereka.
Dari definisi dan standar yang gue buat aja, gue ngerasa, “Gila, jadi orangtua harus kayak gitu?”
Pernah nggak, sih lo mikirin ntar kalo punya anak, lo mau anak lo diapain? Kayak misal, lo mau anak lo sama kayak elo; bisa main musik, bisa bikin puisi, jago masak, orangnya pemberani, gak menye-menye. Pernah nggak sih, lo mikirin habis lo kuliah, lo kerja, lo nikah, lo punya anak, terus di mana lo belajar buat jadi orangtua?
Gue sering mempertanyakan semua hal yang gue jalanin tiap hari, “Apakah semua gue yang lakuin ini bakal bermanfaat buat gue dan anak-anak gue nanti? Kira-kira kalo gue ceritain pengalaman gue yang kayak gini, anak-anak gue bakal termotivasi, gasih?”
Gue tuh takut banget jadi orangtua yang nuntut ke anaknya, kek gini “Kamu tuh harus jadi anak yang bisa bikin orangtua bangga.” Sementara di lain pihak, gue sama sekali nggak jadi orangtua yang bisa bikin anak gue bangga. Egois nggak, sih namanya?
Jadi, ini kedengerannya lucu, sih. Semaksimal mungkin gue mencoba untuk menjadi anak yang membanggakan orangtua gue. Karena gue yakin, kalo orangtua gue bangga, hal yang sama juga akan berlaku buat anak-anak gue.
Btw, apa pesan yang paling kalian ingat dari ibu kalian?
Yuk, berbagi cerita di mana aja. Bisa lewat kolom komentar dan akun sosial media lainnya.

Komentar

  1. Kebanyakan pesen sih dari ibu, sampai lupa apa aja. Yang paling utama sih jangan tinggalin agama dan jaga pergaulan. Aku tertarik dengan masalah ibu yang membiarkan anaknya menyerobot antrean. Entah beliau ibu muda atau tidak, tapi sekarang entah kenapa orang tua terlihat gampangan ngurus anak dan sampai lupa ngajarin hal sederhana buat anak mereka. Kadang orang tua dengan gampang kasih handphone buat bikin anak mereka diem waktu rewel dari pada bicara sama mereka 4 mata. Komunikasi antara orang tua sama anak itu penting, anak kecil perlu dini ditanamkan sifat baik biar tuanya tidak kurang ajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh, ini bener bangettt. sebenarnya ngantri itu hal yg sederhana banget. tp karena kita terlalu sibuk sama dunia kita, sampai-sampai kita lupa kalo dunia anak kita ada di tangan kita juga, kadang kita ngasih mereka dunia yang harusnya nggak mereka terima. utk urusan gadget juga, aku angkat tangan dah kalo ortu udah ngasih gadget ke anak. itu sikap yang mencerminkan kalo "jadi orangtua bisa sesimple ini, tau."

      Hapus
  2. Dari sekian bnyk pesan ada satu pesan dari mama ku yg paling melekat "jangan terlalu memanjakan anak kalau minta ini langsung di belikan minta itu langsung di belikan, bukan karena kita tidak tau bagaimana kondisi ekonomi kita kedepannya tetapi karena kita tidak tau sampai kapan kita bisa hidup di sisinya, hal paling menyakitkan dari seorang anak saat di tinggal selamanya oleh orang tua nya adalah ketika dia tidak punya lagi seseorang yg dpt memanjakannya, jadi ajarkan anak mandiri sedini mungkin agar kelak dia tidak terkejut saat kita di panggil yang Maha Kuasa"
    Dan itu bukan sekedar kata2 tapi memang mama ku terapkan semenjak ku TK, jika ingin ini harus berusaha menyelesaikan sesuatu agar aku bisa mendapatkannya, semenjak ku kuliah mama selalu menjelaskan mengapa ia selalu melakukan itu dan ia selalu berharap aku juga bisa menerapkan itu kepada anak2ku kelak

    BalasHapus
    Balasan
    1. "bukan karena kita tidak tau bagaimana kondisi ekonomi kita kedepannya tetapi karena kita tidak tau sampai kapan kita bisa hidup di sisinya."

      fixed aku suka bangettt ini!
      iya bener-bener. duit mungkin bisa dicari, tapi belajar buat hidup mandiri itu susahnya setengah mati.

      iya nih
      kadang ya, kita tuh kalo mau dapetin apa gitu, nabung dulu, kumpulin duit dulu, sisihin uang jajan dulu. sedikit banyaknya itu ngajarin anak kalo, "hidup itu indah dan kejam secara bersamaan."


      jgn biasain anak buat menye2, kasih tau aja emang hidup itu indah. tapi dia bakal buruk rupa kalo selama hidup kita nggak bisa ngandelin diri kita sendiri

      Hapus
  3. Zahaha, begitulah, sebagian orang seenaknya bikin anak :v, padahal kalo gak sanggup mendidik ya gak usah bikin.

    Becanda doang min, jangan anggap serius komen gue min

    BalasHapus
    Balasan
    1. simple ya

      itulah kenapa nikah-kawin-punya anak : adalah rentetan tanggungjawab seumur hidup

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020