The Way I Thought

Dokumen Penulis


A Pearl Ray In Light, that’s April!

Berangkat dari janji gue beberapa waktu yang lalu, pada postingan kali ini gue bakal berbagi kesan dan sense yang udah pernah gue dapetin sebagai mahasiswi pendidikan fisika di kampus kuning (read : bukan UI)

Sebenarnya ini sekalian buat ajang promosi juga, biar yang pada bingung mau kuliah apa nggak kayak orang ling-lung lagi. And all of those are my own story, pengalaman pribadi yang mungkin aja bisa beda sama mahasiswa lainnya, atau justru bisa mewakili apa yang mereka rasain.

Warning dulu, deh, postingan ini bersifat persuasive. Jadi, kalo ngerasa nggak kuat, mending nggak usah baca.

Okay, langsung aja, nih. Gue mau flashback ke masa-masa balaha, di mana waktu kelas 3 SMA gue dijejelin sama option-option masa depan. Sayangnya, dari sekian option yang ditawarkan, kagak ada option buat menikah (kamvred). Yakali, gue juga nggak siap nikah, cuman option yang ditawarkan itu sempit banget. They said to me like this “Cari yang di Banjar aja,” “Kuliah itu jangan yang susah-susah buat nyari kerja,” “Jangan kejauhan kuliahnya, di sini aja.” “Carilah sesuatu yang orang lain cari juga,”

Sebenarnya dulu gue punya cita-cita jadi guru. Terus karena keseringan mampir ke Rumah Sakit, gue pengen jadi dokter. Tapi, ya I know who am I. Biayanya, kan gede. Musti ini itu, harus ini itu, buku ini itu, mana habis lulus musti blablabla segala macam. Akhirnya batal. Nggak jadi nyalonin diri jadi dokter.

Terus dengan kenekatan yang luwar ajeb, waktu SNMPTN gue mutusin buat klik Prodi Pendidikan Fisika di Universitas Lambung Mangkurat. Sebelumnya, mari gue cerita dulu. Gue fisika juga rada-rada lemot, serius. Waktu UAS pas kelas X, gue dapat score 55. Terus waktu UAS kelas XI jadi 65. Kan, anjay?

Dulu gue udah keburu bete ama fiska. Liat bukunya aja pake acara nanya “Rossi nikung musti ngitung dulu gitu?” atau “Ntar kalo mau nge-in-in (masukin) basket, ngitung sudutnya dulu, yes!” pokoknya yaaa, apatis gitu, deh.

Terus perlahan, karena gue sadar bentar lagi gue bakal UN. Dan UN anak IPA bukan UN gabungan (Fisika Kimia Biologi kagak digado-gado), finally gue mutusin buat belajar bener-bener. Nah, mulai dari situ gue mikir. Secara otak, gue nggak bakal bisa nguasain ketiga materi IPA sekaligus. Akhirnya gue bikin skala prioritas. Entah karena intuisi atau apa, hasilnya adalah gue nempatin Fisika di top priority, disusul Biologi di urutan kedua , dan terakhir Kimia di urutan ketiga.

Strateginya sederhana, dalam satu minggu, gue nyicil Fisika sama Matematika tiga kali. Nycicil Biologi sama B.inggris dua kali, dan nycicil Kimia and Bindo satu kali. Gue tau konsekuensinya, siapa yang tidak diprioritaskan dia akan menyakitkan.

Dan itu terbukti waktu TO, karena kimia dan Bindo dikesampingkan, hasilnya ya juga rada sampingan. Tapi, beruntung yang gue prioritaskan datang dengan hasil yang tidak mengecewakan.

Sejak saat itu gue sadar, gue harus jatuh cinta dulu. Kalo gue benciin Fisika, sampai kapanpun gue bakal terus musuhan sama dia. Ya, sederhananya, gue musti perbaiki hubungan gue sama dia (read : fisika).

Nahhhh, tiba saatnya di mana hasil SNMPTN gue come out. Dengan perasaan yang argh, pokonya berharap banget (secara nggak ada satupun anak SMAVEN yang ngambil sama kayak gue), gue pikir gue punya peluang besar buat bisa tembus SNMPTN. Tapi, ternyata, gue kagak lulus. Demi apa waktu itu gue mengeluh segala macam. Pasalnya cuman satu, gue males belajar buat SBMPTN.

Yakali udah nanggung UN, nanggung SBMPTN pula. Ke mana hayati musti bersandar?

Skipped away. Setelah beberapa minggu berlalu dan hasil ujian nasional sudah dijadikan berkas yang di bawa ke SBMPTN, gue tetap mutusin buat ngambil Pendidikan Fisika. Jujur, gue ngambil Pendidikan Fisika bukan karena gue kesel kagak masuk SNMPTN. Tapi, setelah gue pikir-pikir…

1. The most needed.
Bukan definisi yang paling diinginkan, sih sebenarnya. Tapi, yang paling dibutuhkan. Yang butuh itu banyak, tapi yang pengennya sedikit.

Karena waktu SMP gue pernah belajar Ekonomi, gue sedikit ngerti, kalo kebutuhan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan akan menimbulkan kelangkaan. Kelangkaan akan berdampak pada kenaikan harga.

It means, yaaa you know lah. Every human has realistic characteristic. Dengen pertimbangan itu gue akhirnya tetap kekeuh di fisika.

2. I would have a nice preparation.
Kenapa gue pengen banget jadi pengajar?  Jadi tenaga pendidik? Jadi guru?

Karena gue pengen punya bekal. I trust it, guru adalah sebuah profesi yang bisa melahirkan jutaan profesi. Dari pernyataan itu, gue tahu, kalo gue bisa mengemban profesi guru dengan baik, gue bisa bikin percetakan manusia dengan high quality.

Belum pernah ngerasain langsung, sih (karena gue belum nyoba PPL), tapi rasanya kayak senang aja. Bisa berinteraksi dengan manusia yang lahir dari Rahim Ibu yang berbeda-beda. Buat gue, guru adalah ladang buat segala kebaikan (as long as we can do the best according to the rules). Ladang investasi buat akhirat, ladang buat berbagi nasihat, ladang buat berbagi informasi dan wawasan yang tersimpan dari profesi yang kita emban.

Gue percaya, setiap ilmu adalah kebaikan (bukan ilmu hitam okay). Dan kebaikan itu suka banget sembunyi di tempat yang bersih, yang adem, yang damai, pokoknya yang enak gitu. Dan ilmu itu adalah cahaya. Dia nggak bakal nyantol di hati orang yang kotor.

Dari situlah gue berangkat, gue bisa perbaiki diri gue, perbaiki tabiat gue, perbaiki kepribadian gue, supaya gue bisa berilmu.

Gue senang berbagi. Btw, karena gue suka story telling, gue demen banget cerita sama orang lain. At the point is, gue suka ngomong. Gue suka menyebar informasi yang udah gue dapetin (it doesn’t mean gue ember lho, ya).

Itu dua alasan paling mendasar, kenapa gue jadi milih Program Studi Pendidikan Fisika. And for you, gue pengen berbagi alasan kenapa lo yang baca postingan ini ngerasa beruntung (karena udah ngambil Pendidkan Fisika) dan ngerasa harus ngambil Prodi yang sama kayak gue (buat yang labil mau kuliah apa).

1. The Unique and Awesome
Gue suka fisika dari segi aplikatifnya. Jujur, kalo udah soal itung-itungan gue juga puyeng. Apalagi musti pake acara elemen-elemen yang ujung-ujung penyelesaiannya itu pake integral-diferensial. Argh, gue masih belum jatuh cinta sama yang begituan.

Karena gue tipikal manusia yang butuh fakta serta alasan di belakangnya,  otomatis gue jadi butuh fisika. Dan yang paling gue favourite itu adalah macro-nya. Gue seneng banget bahas solar sytem, milky way, quasar, dan yang kayak begituan, deh. Karena sekalipun gue nggak pernah liat mereka secara langsung, tapi mereka semua jadi bagian dari kehidupan yang bergerak barengan sama gue.

Uniknya adalah semua ke-kompleksitas-an mereka bisa dijelaskan sama Fisika. Hal-hal yang seyogyanya susah banget buat bisa dijawab secara ilmiah, ternyata bisa diungkapin secara lugas sama fisika.

Pertanyaan-pertanyaan masa kecil gue, tentang kenapa langit biru, kenapa awan bergerak, kenapa kita ngikutin bulan, kenapa orang yang jatuh di laut nggak boleh minum air laut, kenapa galaksi bima sakit di-inggris-in jadi milky way, kenapa kita tinggal di bumi, kenapa-kenapa-kenapa yang entah berapa banyak itu satu persatu terjawab dengan gue belajar fisika. Gue sadar, dulu waktu SMA gue jatuh cinta sama fisika karena gue butuh dia buat nilai UN gue, dan hasilnya fisika waktu itu nggak ngena di hati, nggak ada sense-nya sama sekali. Tapi, sekarang, gue tau, dengan melihat sesuatu dari sudut pandang daily life, kita ngerasa bener-bener deket banget sama sesuatu itu.

Bayangin sejak kita bangun tidur aja, deh.
Itu udah buka mata. Optic, kan?
Terus bangun, buka pintu kamar mandi. Torsi, kan?
Nyuci muka pake air. Fluida, kan?
Habis mandi, nyetrika baju. Listrik dinamis, kan?
Baju yang disetrika, langsung dipake. Listrik statis, kan?
Dandan di depan kaca. Optik lagi, kan?
Mau sarapan, makan nasi dari rice cooker. Listrik lagi, kan?
Sarapan roti panggang. Kalor, kan?
Minum teh anget. Kalor lagi, kan?
Minum susu Ultra Milk literan dari dalam kulkas. Termodinamika, kan?
Berangkat ke kampus, liat langit biru. Cahaya, kan?
Oh, ternyata ada matahari pagi. Radiasi, kan?
Ngidupin motor, speedometer jalan. Gerak lurus, kan?
Nemplok polisi tidur. Pegas, kan?
Ada lampu merah. Gaya gesek, kan?
Ada yang ngelakson kayak orang nyari ribut, liatin spion, optic lagi, kan?
Naikin jembatan, arsitektur. Fisika banget, kan?
Nyampe di kampus, kepanasan, langsung deket-deket ke AC. AC, suhu kalor lagi.
Dosen masuk, pake LCD, listrik lagiii.
Ada yang pake wireless, penguat transitor, tuh.
Dosen nulis di papan tulis, kapilaritas tinta spidol, kan?
Nemenin temen balikin LCD ama Wireless, naik tangga. Bidang miring, kan?
Pulang-pulang, mampir dulu ke tukang pentol. Tuh pentol disiram air panas. Kalor lagi, kan?
Nyampe ke rumah buka pintu rumah, torsi lagi kan?
Kecapen, muka lecek, langsung cuci muka, ehhh fluida lagi.
Kepansan, langsung idupin kipas angin, listrik lagi, listrik lagi.
Oh lupa, ngerjain tugas makalah, ngidupin laptop. Jutaan IC, kan?

Ah, kalo gue tulis semua nggak selesai-selesai. Pokoknya kalian bayangin aja, deh. Fisika itu ada di kita banget. Deket banget sama kita. Bagian dari keseharian kita.

Sederhananya, kayak kalian nyari pasangan. Pasangan itu kalo menurut sudut pandang gue adalah orang pertama yang kalian liat saat ngebuka mata, dan orang terakhir yang kalian liat saat pengen terlelap. As the way it tells, fisika adalah pasangan kita. Ngapain nyari jauh-jauh, yang di deket-deket aja dulu. Kalo udah deket itu, kan, gampang? Nggak perlu pengenalan dan apalah-apalah, gitu.

2. They are so kind.
Jujur, ini penilaian gue secara keseluruhan dari pengamatan yang gue tangkep pake mata kepala gue sendiri, hasilnya adalah anak-anak fisika itu rata-rata orangnya bersahaja.

Meskipun pada setiap populasi, akan ditemukan kecacadan, tapi di prodi gue itu persentasenya kecil banget. Dan buat gue, sih itu normal-normal aja.

Selama hampir dua tahun gue kuliah, nggak pernah sekalipun gue lihat cowo fisika ngerokok di depan umum (gue nggak tau apakah mereka smoker atau kagak). Tapi, jujur, nggak pernah sama sekali. Meskipun zaman sekarang beredar rokok elektrik (rokok yang asapnya bikin kelelep), gue nggak pernah liat anak fisika pegang tuh benda.

Rata-rata cowo fisika itu nggak kayak cowo-cowo lain (ngomong apasih gue?). Ya, ada juga sih yang rada mode on. Tapi, kebanyakan dari mereka tampil dengan apa adanya. Nggak dibuat-buat, kagak dimanipulasi. They with their. Ada aja cowo yang baju kemejanya dimasukin, yang suka bawa buku kayak abis borong di pasar malam, yang ranselnya penuh dengan barang-barang perabot laporan, yang nggak ada jadwal bawa laptop, eh malah bawa laptop. Dan kalo menurut gue, itu jadi karaktersitik anak fisika banget. Sesuatu yang sesederhana itu ternyata malah bikin gue tertarik. Ah, so nice, deh pokoknya.

3. Wealthy by the Greatest Inspirator.
Dosen-dosen fisika, terutama di kampus gue itu punya sense masing-masing yang setiap dari mereka itu nunjukin variasi dari rasa gula. Manis, tapi dengan cara mereka masing-masing. Setiap kali gue ngeliat dosen fisika gue, gue kayak nemu inspirasi. Jadinya tuh kayak, kayak pengen jadi kayak beliau.

Ada yang manis kayak syrup marjan rasa cocopandan, ada yang manis kayak sirup ABC rasa melon. Ada juga yang manis kayak gula pasir. Manis kaya gula merah. Manis kayak susu kental manis cap enak. Manis kayak madu juga ada. Manis kayak kurma, pun ada. Pokoknya mereka semua penuh dengan rasa manis yang ketika disatuin itu jadinya manisss bangettt.

Fisika itu rumit, tapi ketika dihadapan orang lain ada seseorang yang bisa membawakan kesulitan itu dengan kemudahan, maka seseorang itu penuh dengan kebaikan. Hatinya dipenuhi dengan kebaikan, sehingga orang yang mendengar akan mudah menangkap apa yang mereka katakan. Ah, I wanna be yours.

4. Ready to be a….
Percaya, nggak, nih kita punya persiapan buat jadi orang tua. Ah, gue kalo ngomong kayak beginian jadi pengen nikah. (HAHAHAHAHAHA)

Dalam dunia pendidikan, kita dibekali gimana caranya memperlakukan dan mendidik anak orang. And then, automatically kita bakal punya bahan ajar buat memperlakukan dan mendidik anak kita. Nanti. Ya, nanti.

Setiap anak itu istimewa.Dan dunia pendidikan sangat menghormati keberagaman karakteristik setiap anak. Anak adalah manusia yang belum utuh. Menjadi bagian dari mesin cetak anak bangsa adalah suatu kebanggaan tersendiri. Gue ngerasa punya tanggung jawab dan tugas yang amat mulia. Anak bangsa, di mana suatu hari nanti anak gue juga bakal jadi populasi anak bangsa.

Gue selalu percaya, bahwa dari rahim gue nanti harus terlahir anak yang cerdas. Cerdas dalam akhlak, dalam perilaku, dalam ilmu pengetahuan, dan dalam sikap.  Selagi gue masih semangat dalam belajar, maka selagi itu juga gue masih punya kesempatan buat punya anak yang cerdas.

Yaaa, gue cuman bayangin aja, oneday ketika anak gue nanya kenapa langit warnanya biru, someday saat anak gue nanya kenapa pelangi warnanya mejikuhibiniu. Kan, nggak mungkin gue jawab, “Ya emang dari sononya udah kayak, gitu.”

Setiap anak itu kepo, dan mereka selalu pengen tau sesuatu yang baru. Gue pernah jadi anak-anak, dan gue tau gimana rasanya ketika pertanyaan mengawang-awang kayak gitu malah semakin abstrak sekalipun udah kita cari tau jawabannya dari orang dewasa.

Ah, gue ngebayangin, gue berbagi cerita seputar alam semesta sama anak gue. Would you like to be the same like me?

5. My idea
Mungkin ini terdengar nggak bisa dipercaya, tapi jujur naskah Aksara Rasa gue itu terinspirasi dari Gerak Lurus pas gue belajar Telaah SM I. Gue bahas tentang kerelatifan jarak dan waktu yang tercipta dari sepasang manusia yang punya mimpi berbeda, yang mereka terpisah oleh keadaan atas mimpi yang mereka kejar.

Karena bahasa orang fisika itu rada-rada berat, rada-rada classy juga, sih menurut gue. Gue jadinya seneng aja ngait-ngaitin script gue ke bahasanya orang fisika. Kayak makin nyantol, gitu.

Yaaa, kesannya itu jadi tambah berkesan aja. Ah, pokonya the source of all of my lines.


Nah, itu lima bujuk rayu gue yang bisa jadi bahan pertimbangan dan alasan buat kalian yang udah masuk pendidikan fisika tetap bertahan di fisika, dan buat kalian yang bingung mau masuk kuliah apa bisa langsung bulat pengen masuk ke fisika juga.

Satu yang harus kalian tau, bahwa semua ilmu itu kebaikan. Dan semua kebaikan itu akan tetap utuh menjadi kebaikan selagi kita melakukan kebaikan itu dengan cara yang baik.

So, sampai ketemu di postingan berikutnya di bulan May. See ya!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020