These You Must



Dokumen Penulis
Awal bulan Maret. Di mana ada beberapa kejadian yang nggak mengenakan terjadi dalam kurun waktu tersebut. I can’t say what I have to say. Sangking nggak tahu mau ngomong apa, I just feel something going to be whatever God wanted. I never expected this one, before. Till I realize, I was wrong, I did some mistakes.
Well, meski sebenarnya pengen banget ngeluarin uneg-uneg di sini, tapi yaudah lah. Toh, sekalipun dikeluarin di sini, yang diomongin juga nggak bakal tentu baca.

Jadi, minggu kedua di penghujung bulan Maret adalah minggu-minggu tersesak dan terpepet. Rasanya waktu berjalan cepettt banget. Mata kuliah yang levelnya “Acekewer” semacam mekanika dan elektronika dasar dua, bahkan belum di retouch sama sekali. Padahal niatnya udah bulat, ehhh taunya kebentrok ama tugas yang lain. Apalagi belakangan ini gue cepet banget ngantuknya. Kuliah jam lima aja, udah mau kelelep. Mungkin karena faktor bangun pagi “yang kepagian” dan tidur malam “yang kemalaman”

Pada postingan kali ini gue mau sedikit sharing tentang poem yang menurut pendapat gue pribadi, itu luar biasa kerennn abisss. A spoken word poem yang dibawain sama Igor Oro. Gue nggak tahu dia itu siapa. Yang pasti gue pertama kali kenal dia lewat puisi-puisi di Soundcloud. Yah, jelas, dulu, kan Soundcloud sempat booming, tuh. Nah, puisi yang bener-bener bikin gue jatuh cinta sama dia adalah Maybe.  His voice, sumpah, deep banget. Entah karena dia ngebawainnya dengan aksen british atau aksen apa, yang pasti itu bener-bener penuh penjiwaan.

1. Maybe
Ini recommended banget, lho, ya. Satu line terbaik yang paling nyantol di telinga gue adalah ini.

I don’t know maybe I’m crazy.
Maybe time is finally outplayed me.
Maybe I stopped seeing beauty in the little things.
Maybe I stopped appreciating the games like frames.
Maybe I’m in over my head.

2. My Dearest Friend
Yang ini sedih bangettt. Jujur, pertama kali gue denger opening instrument dari poem ini, gue udah bisa nebak ni puisi bakal dibawa ke mana.

Jadi ceritanya, temen dia itu meninggal dunia. Tapi, dia masih nggak bisa percaya akan hal itu. Dia masih berharap temennya itu balik, meskipun dia sendiri menampik dan tahu bahwa itu semua nggak bakal terjadi.

“Your footprints are still here.”

Gue nggak tahu music pengiringnya itu dari mana. Yang pasti kolaborasi keduanya itu luar biasa keren bangettt. Bahkan sangking deepnya puisi itu, ada akun Youtube “Miguel Telheiro” yang bikin film documentary berlatar music dari poem My Dearest Friend. Buat yang penasaran langsung aja kalian search, ya!

3. Like lovers do
I love the way the sun wrapped around you.
I love the way you stayed close to me.
As we held hands walking the empty streets at night.

4.  In My dreams
Gue dengerin poem ini di Soundcloud. But, gue nggak ngeh-ngeh banget soalnya Igor Oro ngomongnya cepettt anjay kayak pesawat jet.

***

Beside of it, dalam rangka menyambut SBMPTN tahun ini, gue pengen mengumbar kisah dan kemenarikan buat kalian yang pada mau masuk Jurusan Pendidikan Fisika, terutama di Bumi Lambung Mangkurat. Yah, detail-nya sih nggak bakal jauh beda sama cerita-cerita anak kuliahan yang lain. Yang pasti  semoga bisa berperan sebagai daya tarik dan pertimbangan buat yang punya niat jadi guru fisika.

1. Laporan
Ini udah jadi ciri khas mahasiswa-mahasiswi pendidikan fisika di kampus gue. Terutama buat yang masih menikmati semester awal sampai yang udah kebal di semester empat. Bawaannya kalo kagak papan ujian, lampin kertas margin, HVS A4S dan seperangkat perlengkapan kegiatan macam kayak modul, lembar lapsem, dan lembar abstark yang kalo digabungin itu nggak bakal muat dimasukin di tas selempang. So, jangan heran kalo rata-rata mahasiswa fisika (nggak cuman di unlam) kalo ke kampus yang diboyong ransel semua. Jarang banget ada tas unique mode yang bisanya cuman dijejelin di sebelah tangan. Btw gue juga gitu soalnya. Karena keterbatasan tenaga dan waktu tidur, akhirnya sesempat-sempat mungkin laporan atau pralab dikerjain di waktu luang pas di kampus. Resikonya yaaa sederhana, bawaan gue jadi overload. Bayangin aja nih, dalam ransel gue itu isinya ada clear bag buat laporan, belum lagi tambah botol air minum ama sendok makan, tambah charger hp, tambah buku-buku kajian teori yang seabrek berat (btw rata-rata buku-buku orang fisika adalah kitab semua), kadang tambah netbook ama chargernya. Sering juga tambah buku-buku tulis yang udah pada rangkap lima.
Berat, kan? Dilan aja nggak bakal kuat.

2. Laboratorium.
Nggak ada tempat senyaman lab.

Lab adalah tempat di mana semua kegiatan abstrak mahasiswa fisika dapat kalian temui. Ada yang sibuk ngerjain skripsi, sibuk ngerjain pralab, sibuk ngerjain laporan, sibuk ngerjain tugas kuliah, sibuk belajar, sibuk nyalin catatan temen, sibuk latihan presentasi, sibuk praktikum, sibuk nyari tempat buat bisa istirahat, sibuk nyari stop kontak buat ngecharge handphpne, sibuk nyari signal wifi, sibuk main game, bahkan nggak jarang ada yang sudah terlalu lelah dan terbantai begitu saja di lantai laboratorium. 

Secara keselurhan gue nggak tau panjang lebar tinggi lab fisika di kampus gue itu berapa, yang pasti nggak lebih luas dari kelas XII MIPA 2 gue waktu SMA dulu. Bahkan sebagai sebuah laboratorium, bisa dibilang terlalu sempid. Terlalu sempid buat bisa dijadiin tempat praktikum satu kelas. Tapi, tetap aja lab fisika adalah pelarian gue kalo nggak bisa nimbrung ke kost temen atau nggak ada niat pulang ke rumah.

Di lab itu banyak humornya. Ya, sekalipun beredar stigma bahwa orang fisika itu “angker” , tapi nggak semua anak fisika punya selera humor yang rendah. Kadang ada aja orang yang sibuk penelitian buat skripsi masih bisa bercanda, yang sibuk konsul masih bisa ketawa, yang adu mulut saat rangkai alat bahan percobaan juga ada, yang aneh-aneh deh pokoknya. Tempat di mana kalo nggak ngerti materi kuliah bisa nanya sama senior, terus kalo seniornya nggak tau materinya didoain nggak keluar pas ujian. Pokoknya special bangettt.

3. Twenty one
Ini julukan khusus dari gue buat nyebut ruang 21 sebagai ruangannya anak fisika. Btw ruang kuliah anak fisika itu cuman dua, yaitu ruang 21 sama ruang 22. Kedua ruangan yang punya banyak cerita sejarah itu didesain dengan ukuran yang berbeda. Gue sendiri juga nggak tahu kenapa ruang 21 itu dua kali lebih besar daripada ruang 22. Kenapa arsitek yang bikin tuh gedung, ngerancangnya begituan. Selain perbedaan ukuran, jumlah pendingin ruangan dan papan tulis yang tersedia juga berbeda.

Twenty one adalah tempat buat kuliah-kuliah pokok seperti Fisika Dasar I, Fisika Modern, Fisika Dasar II, Fisika Matematika dan pokoknya yang fisika banget gitu deh. Twenty one juga tempat di mana kalo ACnya lagi belangsak, temperature dalam ruangan itu mendadak jadi lembap. Dan menurut pengamatan gue yang keseringan pulang sore, twenty one adalah kelas terakhir yang ditunggu sama tukang jaga pintu buat dikunci. Yang paling sering dipantengin sama tukang beresin kelas karena cuman ruang 21 yang masih nyala lampunya. Yaaa, namanya juga twenty one, nggak greget kalo keluar sebelum jam kuliahnya dibilang bubar.

5. RPP
Ini masalah baru buat yang naik semester tiga. Berkutik sama laporan yang makin ke atas makin rumit, ehhh malah ditambah buat bikin RPP, lengkap sama seluruh perangkat pembelajarannya.

RPP adalah keluh kesah yang deadline konsulnya bareng sama jadwal presentasi dan ngumpul laporan. Terutama buat gue, RPP adalah nyeri yang perlahan bisa memudar jika satu-persatu bagiannya dituntaskan. Masalahnya sederhana, gue belum terbiasa bikin RPP yang satu hari jadi. Belum punya skill ampe ke situ.

RPP adalah langkah awal buat nuntasin 1 SKS selama 1 JP tampil di depan dosen. Emang, masih butuh banyak belajar supaya bisa bikin RPP dengan kecepatan cahaya.

6. Sekre
Sekalipun gue bukan anak himpunan, sekre termasuk tempat paling strategis buat monitoring kedatangan dosen biar bisa konsultasi. Ukurannya entah seberapa, tapi yang pasti cukup buat naruh seluruh perlatan dan stuff himpunan. Ditambah lagi WIFI-nya yang bebas gratis cepet, pas banget dijadiin sasaran buat ngunduh video-video high quality.

Dari sekre Himapsika, kalian bisa monitoring gebetan dari berbagai prodi. Tempatnya yang terpencil, tersudut, dan dipojokan, tepat banget buat jadi kantor BIG (Badan Intelejen Gebetan), karena dari sekre, aktivitas-aktivitas dari prodi sebelah bisa terlihat. Di sekitar sekre Himapsika, beredar sekre-sekre prodi MIPA lainnya; matematika, kimia, biologi. Ituh tiga yang paling familiar yang pernah gue denger dari temen-temen himpunan.

7. Kelangkaan Sumber Daya Pria
Di kelas gue yang total manusianya ada 23, 17 di antaranya adalah wanita, dan 6 sisanya adalah pria. Parahanya adalah 6 pria yang beragam itu tercipta dengan karakteristik yang sama. Susah disuruh ngambil LCD, susah dimintai tolong buat ini itu, ngakalinnya dengan cara datang tepat tiga menit sebelum kelas dimulai.

Dan itu nggak cuman berlaku di kelas gue aja, btw di kelas sebelah juga gitu. Di kelas kating gue juga gitu. Rada susah liat muka laki di kelas fisika, entah karena apa.

8. Ini yang terakhir, musti kuat dan bermental pejuang.
Yang bertahan di fisika adalah mereka yang punya sudut pandang yang istimewa dalam menyikapi rencana kehidupan. Fisika adalah ilmu yang nyebar ke mana-mana. Nyebar ke tukang listrik (ini yang gregetnya di fisika), nyebar ke tukang printer (btw anak fisika musti bisa benerin printer yang lagi ngadat atau bermasalah, rugi besar kalo nggak bisa), nyebar ke tukang komputer (musti bisa bikin animasi yang high class buat jadi bahan ajar di kelas), pokonya anak fisika musti banyak bisanya.

Fisika butuh perhatian khusus. Kalo cuman mau bercanda dan sekedar nyari gelar aja, fisika bukan tempatnya. Fisika adalah tempat di mana orang-orang rela memberikan waktu tidur malamnya untuk nulis laporan yang berlembar-lembar hitungannya, rela memaksa rasa malasnya supaya tetap terus belajar mekanika, memaksa imajinasinya bekerja buat bisa memahami elektronika dasar yang bahas aliran arus dan electron yang ke mana-mana, rela memanggil-manggil matematika sebagai bahasanya anak fisika (sekalipun integral dan diferensial adalah teman lama yang sudah terlupakan begitu lama)

Fisika menjelaskan sesuatu secara ilmiah. Mengungkap alasan dan membuat kita sadar bahwa sekecil apapun sesuatu yang terjadi, bukanlah kebetulan belaka (gue sok bijak banget). Fisika memberi kita jembatan dan tangga yang bisa meningkatkan rasa syukur kita pada Sang Maha Pencipta. Fisika menampakkan kekuatan daya tariknya pada keseharian yang kita lihat, mulai dari kenapa langit warnanya biru, kenapa senja warnanya gitu, kenapa air laut jadinya asin, kenapa jendela rumah jangan ditutup kalo lagi berangin, kenapa siang malam terjadi, kenapa berat dan massa adalah dua hal yang sangat jauh berbeda, keistimewaan Antartika dan Jakarta, keistimewaan Indonesia dan Saudi Arabia, pokoknya mulai dari micro ampe ke macro.

Karena ini udah kemaleman, gue tutup sampai di sini deh, ya. Buat kalian yang punya kolega mau kuliah tapi bingung mau jadi apa, jadi aja guru fisika. Next, Insha Allah gue bakal posting kenapa lo harus milih fisika buat jadi impian masa depan lo.
Gue cukupin, ya.
Sampai ketemu di postingan berikutnya.

Komentar

  1. Gue suka dech baca nya, tapi gue enggak ngerti bagian Bhs Ingrris nyach. Entar bikinin postingan tentang gue yachh hehehehe

    BalasHapus
  2. Ucul deh.. kesannya santai banget tulisannya gk berkesan menggurui dan ini recomended banget buat dedek2 yg lagi bingung milih jurusan..wkwk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020