Awal Penghujung Musim Penghujan



Setelah sekian lama nggak nulis apa-apa, finally ada waktu luang buat berkeluh kesah sama seluruh semesta.

Well, November bakal berakhir. It means, nggak kerasa bentar lagi mau nginjak semester empat dengan status mahasiswi aktif.

Hiatus sejenak dari dunia tulisan beberapa waktu yang lalu cause of my business yang nggak nanggung-nanggung. Belum lagi musti nyelesain laporan dan nyalin materi kuliah setiap hari.

Cerita pembuka strat from a terrible accident yang terjadi di awal bulan.
Maybe I should put my identified personal kalo sebenarnya Fauzia itu manusia paling mudah dikibulin di dunia. Am I over too kind? Overload, mah. Sangking oon-nya, dimanfaatin orang banyak juga nggak nyadar.

Bukannya sombong atau apa, nggak sama sekali. Tapi, kalo nyangkut masalah kuliah dan dunia pendidikan, I have a completed writing down list formula for step by step. Semua catatan penting yang tertulis di my Kitab Sakral nggak perlu diraguin, sih. Sistematis, urut, full colored, dan yang pasti Insha Allah nggak bakal keliru, karena sebelum disalin di kitab sakral, I put my focus point to make it easy, so I understand, and people do.

Permasalahan muncul ketika kemudian catatannya dipinjam, dicopy, diperbanyak, terus dipake buat belajar ama teman kelas. Well, I’m fin, it’s a few little thing that I can do to helping each other. Nggak ngerasa apa-apa juga, niatnya pengen bantu, supaya lulus mata kuliah itu, dan happy ending.

Tetiba, ketika ujianya dimulai, hampir semua yang ada dalam catatan sakral itu keluar, dan angkanya nggak pun juga nggak berubah sama sekali. Excellent banget, kan? Nggak zonk!

Secara, I rewrite and redraw the circuit for many times, ngulang ngerjain tuh soal pake cara sendiri, ngitung sendiri, ngerjainnya pun sendiri juga. Dan ternyata, ada satu hal penting yang nggak diperhatiin baik-baik, yakni the divided operation for five and four.

Semua anak SD yang udah belajar pecahan, juga pasti udah tau kalo lima bagi empat itu hasilnya satu koma dua lima. So, how can I wrote the number is 1.125?

It cause I solved the question, and write the same answer di buku sakral itu. Karena udah kepatok ama jawaban sebelumya, I put 1.125 in the last ending circuit.

Ternyata eh ternyata, setelah keluar dari ruang ujian, yang tadinya minjam catatan sakral itu jawabannya bener.
Reflex, I asked her, “Lho? Kok 1. 25? Kan itu soalnya sama kayak di buku sakral?”
And you know, she gave me an abnormal respond, “Ya, yang di catatan sakral lu salah. Tadi malam baru aja nyadar kalo jawabannya 1.25.”

Secara, detik itu juga, gravitasi newton melengkung ke dalam jauhhhh bangettt. I felt kayak dilempar dengan kecepatan cahaya, menembus ruang semesta yang gelapnya nggak kebayang mata.

Bayangin, GUE si BEGO yang udah minjemin dia catatan, yang dengan IKHLASnya ngasih liat dia step by step penyelesaian soal, ternyata NGGAK DIKASIH TAU KALO JAWABAN GUE SALAH.

It doesn’t mean dia harus called my name saat ujian terus ngasih tau jawabannya yang bener. Kita chat-an lho, ya. Dan sebelum masuk ruang ujian pun, kita masih sempat bahas soal itu. pertanyaannya adalah kenapa dia nggak ngasih tau? I don’t accept any feedback dalam bentuk apa pun gitu?

Seriously, I regret to lend it. Now, I know, I don’t stand at a friend position, but at rival area.
After that, I told my mom, cerita ama sepupu juga. Ya, intinya sekarang nggak usah berteman sama manusia yang kayak begitu. Toh, my life nggak bergantung sama mereka, secuil pun.

Akhrirnya I make a long separated distance, ngejauhin sejauh-jauhnya. And then, guess what? Sindiran-sindiran yang entah buat siapa bermunculan di social media. At least, I think I don’t deserve those.

Sebenarnya yang wajib marah itu siapa, coba? Kan, yang ditusuk di sini itu bukan dia? Koar-koarlah dia di seribu satu sosial media yang dia punya.

Selesai itu, I realized, I don’t have to be manusia yang musti baik-baik banget ama orang. Jahat dikit nggak apa-apa. Tegaan, biar nggak dikibulin orang mulu.

Dan pada akhirnya semua akan tiba pada momennya masing-masing. Belum ketahuan aja. Tunggu sampai Tuhan akan membuka keburukan masing-masing dari kalian. Buat yang muna dan mukanya belagak nggak punya dosa, I hate yours so so much.

Percaya nggak percaya, kalo kita benci sifat seseorang, kebencian itu bakal nyebar ke diri mereka. Padahal, kan sebenarnya itu nggak boleh, ya. Kita nggak boleh benci manusia, kita cuman boleh benci sifat manusia.

Tapi, di sini, I’m human too. Gimana coba? Udah berusaha buat throw that problem to the dustbin, ya ternyata tetap aja nyesek. Apalagi saat nilai ujiannya come out. Yang minjam catatan dapet higher score than me. Makin berasa parah lah rasa nyeseknya.

Ngebiasain buat hidup mandiri itu bukan cuman dari kita bisa bangun pagi sendiri, masak sendiri, atau cuci baju sendiri. Mandiri buat manusia kayak kita sekarang itu definisinya nggak sesempit itu. Mandiri buat yang udah punya KTP itu musti bisa ngadepin masalah sendiri, mampu nyelesain ujian sendiri.

Bukannya belagak sok pintar atau apa, tapi I ever reply it for a thousand times, gue benci banget liat orang cheating DALAM BENTUK APAPUN.

Bayangin aja, nih, soal ujian yang cuman ngandelin nalar aja, masa musti nyontek juga? Inget, baik-baik, kita itu calon pendidik. Mau majuin generasi bangsa pake apa kalo kita nya aja masih belangsak kayak gitu?

Bingung.
Itu nyontek berasa legal, tapi tetap aja haram, broh.

Apalagi buat para laki-laki. Bayangin, one day you will be a husband, become a daddy. Ngasih anak bini rela pake yang haram?

Alur ceritanya sederhana. Kalian ujian, terus kalian nyontek. Jatuhnya udah haram, tuh. Nilai IPK keluar, nilainya haram. Mau lulus, IP-nya keluar, di nilai IP-nya ada yang haram. Inget, karena nila setitik rusak susu sebelanga, jadilah itu IP haram juga. Nilai IP dipake buat nyari kerja. Kerjanya halal, cara dapetin kerjany nggak halal. Terus gajihan, dapet duit, kasih makan anak bini, yakin masih halal?

Perempuan juga. Kalo malas belajar itu jangan ngandelin kerpean. Ingat, kalo lagi malas belajar, pake mantra “Kalo setiap anak yang bakal kita lahirin nanti harus dari rahim perempuan yang cerdas.”

Signifikan banget dampaknya kalo dari awal kita udah kebiasaan buat bohong. Ngandelin semua cara buat nyampe ke tujuan itu nggak lebih dari sekedar ambisius dan obesesi yang berlebihan buat nyampe ke puncak.

Inget baik-baik apa kata Baginda Nabi, temenan itu ama orang yang jual parfume, biar ikut wangi juga. Nah, pikir aja baik-baik. Kalo temenan sama yang suka nyontek, kitanya bakal jadi apa. Kalo temenan sama yang suka jatuhin orang lain, suatu saat kita lah yang bakal dia jatuhin. Kalo temenan ama orang muna, ya bakal ikut muna juga. Pokoknya kita kecipratan sedikit banyaknya ama temen kita. Tapi, ini bukan berarti kita selektif, ya. Boleh seadanya, sewajarnya. Jangan ikut-ikutan, gitu.

Dan, I still have one curious story to type. But, let’s end this one. Let time be great to make a space longer for me.  


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020