Bukan Anak Sekolahan




Gini, ya. At least, gue sekarang udah jadi mahasiswi, and I’m not a teenager lagi yang kalo apa-apa musti dikomando. Okelah, kalo misal dari SMP sampai SMA semua tugas kelompok yang consist of almost delapan orang cuman dikerjain sama gue sendiri si, okay, it’s okay, no prob. Anak SMP ingusan, sibuk nyari jati diri, sibuk ekskul segala macem, ga bisa pulang telat. And then, kalo udah SMA sibuk les buat UN, sibuk ngurus PTN, sibuk daftar kuliah dan itu-itu lah.

And, now, lo it udah mahasiswa. Ingat ya, MAHA. Tinggi banget tu status lo. Please jangan bawa-bawa habit masa sekolah lo yang ugh… ga nyenengin itu ke dunia kampus. Lo dulu kalo sekolah doyan nyontek, ranking 1, bangga, itu kurang ajar. Ga ada etika orang terdidik. Sorry, ya, gue kzl mampus sama orang-orang yang suka nyontek, udah gitu dia pamer lagi kalo dia nyontek, dan yang bikin gue pengen nonjok muka dia adalah DIA BANGGA. WHAT the hell are you doin’?

Dan kalo sekarang, lo kuliah, trus nyontek, IP tinggi, bangga, itu super bangke kurang ajar. Ga ada moral, actually, lo kan orang akademik, apalagi buat lo-lo pada yang kuliahnya ngambil jurusan keguruan. Hello? Lo mau jadi guru? Dengan cara gitu? Lo mau didik anak murid lo? Jangan ngawur!

Gue bukan orang yang jujur dari sejak dalam rahim sampai sekarang, yaaa, but, pikir baik-baik deh, lo itu orang akademik, orang terdidik dan dengan segala macam daya upaya orang tua lo masukin lo ke kampus bergengsi itu bukan tanpa modal. Dan lo tega gitu ngirim dosa ama mereka? Oh, no.

Dan nih, ya, yang bikin gue gak habis pikir adalah, kok bisa orang yang nyontek ngerasa anteng-anteng aja di depan temannya yang IP seadanya but they didn’t do anything like the hollyshit used to do. And you laugh? In front of me? Oh Tuhan, gimana ya cara nyadarinnya.

Lo yang baca ini tulisan, terus doyan banget nyontek, entah itu ujian sekolah, ujian nasional, ujian semester, atau bahkan final sekalipun, pernah gak sih, terbesit sedikit aja di pikiran lo kalo lo kasian sama orang-orang yang ngerjain ujiannya dengan jujur? Pernah merasa bersalah gak sih sama mereka?

Sadar gak sadar, lo itu udah ngerebut hak orang. Lo bohongin diri lo. Bohongin guru lo. Nipu dosen lo. Bahkan lo bikin orang tua lo bangga sama semua rekayasa palsu lo.
Siapa sih yang nggak mau ngebanggain orang tua? Tapi membahagiakan seseorang bukan dengan cara bikin orang lain sakit hati. Garis bawahin ya, SAKIT HATI.

Itu yang ketawa ketiwi karena bangga nyontek, please, please banget, tolong ngaca.

Zaman sekarang lo mau naruh mental di mana?


Dan, terakhir, itu, buat yang suka nyontek, kalo udah jadi orang tua, baru tau rasanya ditipu sama anak sendiri. Tungguin aja waktunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020