What's your dream?

Astagaaa, sumpah gue kangen banget nge-type di depan pc kaya begini. Udah lama banget gue nggak ngeposting; setelah acara kekalahan adu comment beberapa waktu lalu, gue nyadar, gue musti wake up.

Oh iya, kali ini gue bawa sesuatu yang beda dari yang biasanya gue bawa. Kalo biasanya gue posting soal cerpen atau quotes bebas yang emang udah jadi hobi gue, sekarang gue bawa hasil penelitian gue yang kemarin, spesial buat lo semua.

Ini bukan karangan fiktif yaaa, ini real. 
Based of the fact! Let prove if you don’t believe.

Ok, gue buka dulu deh ya biar lebih sakral. Lo semua juga pasti udah pada tau siapa gue. Yup, Fauzia. Gue beberin dikit yaaa wkwkwk, gue lagi melangkah buat ngejar mimpi-mimpi gue (?), gue lagi dalam proses ngaduk semen buat ngebangun gedung anti friendzone. Gue juga lagi dalam tahap melangkah mundur (kalo ngejar mimpi tadi gue melangkah maju yaaa) buat stop suka sama cowo kekeran (yang gue suka). Gue juga... ah kelamaan.

Yaudah, gue langsung ke intinya nih.
Ini isi postingan gue yang sebagian besar terisi atas jawaban-jawaban dari teman-teman gue di sekolah. Thanks ya temen-temen gue yang emang the best abis. Ga ada matinya deh buat lo semua.

Go!


Mimpi 

I have a dream! Lo, iya, lo yang lagi baca tulisan gue, lo punya mimpi gak? Punya sebuah harapan, keinginan, impian, cita-cita, atau sesuatu yang lagi lo perjuangin? Atau gini deh, ngapain lo cape-cape sekolah, dari playgroup-tk-sd-smp-sma bahkan sampai ke perguruan tinggi kalo bukan buat sesuatu yang lo tuju? Lo sekolah udah selama itu pasti ada tujuannya lah. Bukan cuman buat pinter doang, bukan cuman sekedar mau dapat banyak teman, atau numpukin list mantan-mantan di memo lo aja. Lo sekolah juga bukan buat dapat ijazah doang, kan? Inget nih kata-kata Oom gue, Thomas Alva Edison, “Tomorrow is my exam. But, I don’t care. Because a single sheet of paper can’t decide my future.”

Apa sih mimpi itu? 
Jangan lo jawab “Mimpi itu bunga tidur, Fau.” Atau “Mimpi itu yang biasanya jadi drama buatan imajinasi lo waktu lo bla bla bla.” 
Bukan. Bukan itu maksud gue. 

Mimpi yang gue bahas kali ini adalah “Future” berkenan sama masa depan. Iya, masa depan; sebuah masa yang lo sama ortu lo siapin jauh-jauh hari sebelum hari-H. Masa depan atau dalam kamus hidup gue “Hidup lo setelah ini, bakal kayak gimana?” adalah hantu yang selalu meneror sekaligus menjadi motivator terbesar kita buat bisa ada di suatu titik yang kita mau, yang kita tuju. 

Menurut lo mimpi itu apa si? 
(jawab di akun ask fm gue yaaa xD)

Nah, gue kasih tau deh, sedikit opini dari teman-teman gue yang dengan baik hatinya udah mau jawab pertanyaan gue pada 221114.

Me : “What do you think about “dream”?, explain to me.”


*** “Mimpi ya, in general dream is about something we want the most. But usually dream itu cuman kayak angan angan. We want the most but don’t take any action to make it happen gitu loh. Karena apa? Hey its just a dream we will wake up and sometimes we forget about what dream we got last night, jadi yaaa aku mendefinisikannya gitu mak :3 dream itu beda sama hope~ hope itu kita kayak hey I want it and I must get it so I’ll do something and pray to get it. Kalo dream itu kayak you just let it flow aja, karena dream isn’t real. Ada kan orang-orang bilang, “kaya mimpi ih nggak nyangka.” Nah it’s mean that ini ituh kaya nggak nyata. So, the definition of dream is something not real~”

Itu dari ketua ESDC 14/15 sekolah gue. Gue mikirnya jadi antara mimpi dan harapan itu ada yang nggak bisa jadi nyata. Buat gue si, yaaa nggak juga si. Emang si, mimpi itu terjadinya sewaktu lo tidur. Jadi berasa sukar aja buat jadi kenyataan. Tapi lo pernah ngerasain dejavu nggak? Bagian dari mimpi dejavu yang jadi kenyataan, gimana coba? The definition of dream is something that we never know.


***“Dream is the best way to do what we can’t do –to have what we can’t have –to enjoy what we can’t enjoy- dan mimpi itu gratis. <3”

Itu dari anak padus yang udah terlatih buat jadi cewe se-terong di sekolah gue. Dream is about anything that we can’t about bla bla bla. “Can’t” nanti bakal jadi Word Teguh yang terus ngasih lo motivasi biar nggak stuck atau step back. “Can’t” ngasih lo alasan biar lo tetap maju and keep going without complaining. Sesuatu yang pada dasarnya jadi cambuk yang sakit tapi ngasih effect yang luar biasa.


***“’Dream is a wish your heart makes’. You think about it too often, it keeps sticking around in your mind. So, to give you the satisfaction of experiencing it at least once in a lifetime, your brain demands it to appear in your sleep. Even though it’ll never be the same in reality.”

Nah, kalo yang itu dari anak London darah Indo yang 1 legion ama gue pas MOS dulu. Iya benerrr! Muter-muter dan jadi motivator yang terus meraung-raung tiap harinya. Heart and brain deh biar lebih complete wkwkwkwk. Soalnya ke-sinkron-an hati ama otak itu gak bisa konek kalo soal masalah cinta. Buat urusan mimpi si kayaknya musti jadi satu.


***”Dream. Is something that you desire to achieve there areany dreams in people mind” –apa itu areany gue juga gatau. 

Ini dari wakil MPK 14/15 di sekolah gue. To achieve itu yang jadi tujuan mimpi semua orang. Mau background-nya apa kek, pasti semua orang mau mencapai kesuksesan, kan? Bahkan lo yang lagi baca ni tulisan juga mau mencapai kesuksesan, yakin deh gue. Cuman kesuksesan macam apa yang di mau itu beda-beda. Ada yang bilang mau sukses dunia-akhirat, tapi yg di prioritas-in semua tentang dunia aja. Emang si, kesuksesan itu relatif. Seorang penyiar radio lulusan jurusan komunikasi dan informatika udah ngerasa sukses dengan berbagi keceriaan lewat antena-antena radio. Bahkan seorang penulis yang royalty-nya cuman bisa makan di warteg aja udah bisa di bilang sukses.


***”Dream? Itu mimpi yaaa hm..... Mimpi itu suatu keinginan yang kita harapkan tercapai namun banyak orang dapat mengabulkan mimpinya, lewat mimpi orang bisa menjadi lebih baik, lewat mimpi orang bisa menjadi lebih rajin, agar mimpinya tercapai diperlukan suatu usaha yang mungkin akan ada di mana namanya kegagalan. Mungkin nggak semua orang yang merasakan kegagalan itu, namun dari kegagalan itu kita bisa belajar menjadi lebih baik ;3”

Ini dari teman sekelas gue pas duduk di bangku kelas 1 SMA. Gue setuju, serius, “agar mimpinya tercapai diperlukan suatu usaha yang mungkin akan ada di mana namanya kegagalan” kegagalan itu sama aja kayak lo makan indomie plus telor dadar / telor ceplok. Jadinya apa? Tambah enak, kan? Berasa complete aja lah gitu jadinya. Kegagalan itu dalam kamus hidup gue hukumnnya jadi sunnah muakad wkwkwkwkw. Soalnya kalo tanpa kegagalan, mimpi-mimpi yang udah lo raih itu berasa ada yang kurang. Kurang nge-wow gitu. Ntar ada lah pembahasan lebih lanjutnya.



Itu-itu yang pada di atas adalah segelintir pengertian dari orang-orang di sekolah gue mengenai yang namanya mimpi. Opini mereka buat ngejelasin sama dunia, ‘apa sih mimpi itu’ adalah satu paket sama ‘seberapa besar sih kekuatan mimpi itu buat lo?’ Iya, lah. Setiap kata, kalimat, paragraf, cerita, bahkan quotes sederhana aja punya kekuataan. 

Nih, ya. Misal ni ya. Orang yang lo taksir bilang “Take care, ya.” ke elo. Beuh! Jamin deh gue, udah fly to the sky and difficult to down to the earth because you show your identified questionable smiling be complete with the sun and landing yourself in a non-spacious position, have be an awkward silence. 

Nah! Betapa besarnya kekuatan sebuah kata “Take care, ya.” dari seseorang yang kita suka. Cuman sekedar kata “take care” doang.

Apa lagi semisal kayak kata-kata bijak atau quotes yang lo tulis di kertas origami warna-warni trus lo tempel di dinding kamar lo. Pasti jadi jimat kesuksesan deh kayaknya. Soalnya lo liat tulisan itu setiap hari, lo baca setiap lo nengok dinding-dinding kamar lo. Udah pernah lo coba belum? Gue saranin nih, ya. Lo musti nyoba! Gue udah buktiin, dan itu emang bener-bener ngasih effect buat kita biar jadi stronger!

Sebenarnya seberapa besar sih kekuatan sebuah mimpi? 
Apa mimpi berbanding lurus sama usaha seseorang buat ngedapetin mimpinya? 
Atau mimpi justru berbanding terbalik sama harapan semata? Okedeh, gue jelasin.

Secara matematis aja ni ya, mimpi. 

Diketahui :

A.  Mimpi itu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi usaha sesorang.

Mimpi itu = tujuan lo sebelum hari H pas masa depan. Mimpi itu biasanya cuman terucap di dalam hati. Biasanya mimpi itu punya kadar kadaluarsa yang lamaaaaaaaa banget.

Faktor-faktor yang mempengaruhi mimpi, yaitu;

1. Kegagalan
Kenapa gue jadi naroh kegagalan di top of the supporting factor to save your dream? 
Misal gini ya, lo itu udah kebiasaan banget bangunnya lelet, jadinya lo telat mulu deh masuk ke sekolah, pake acara pagar utama di tutupin ama satpam pula. Nah, kalo udah kayak gitu, apa yang bakal lo lakuin? Pulang ke rumah gitu? Terus ntar lo di alfa ama guru lo? Atau lo sekalian aja bolos trus nongkrong di tempat karoke buat ngindarin kebosanan dengan nyanyi-nyanyi ga jelas?

Kegagalan itu adalah pagar utama-nya, guys. Orang-orang sukses ga bakal mau kalah sama yang namanya ‘tarik-ulur sebuah kegagalan’. Gini nih, lo kan gagal (lo bangun lelet soalnya), trus lo mau bangkit (lo musti ngubah habit tidur lo), lo melangkah buat ga lagi gagal untuk yang kesekian kalinya (lo ngebiasain diri lo dengan datang lebih cepat H-1menit sebelum pagar utama sekolah di tutup). Akhirnya H-1 menit lo itu berubah jadi H-3 menit, jadi H-5 menit, jadi H-10 menit, bahkan sampai H-15 menit. Dan hasilnya lo aman dan selamat dari yang namanya telat (lo bakal makin jauh dari yang namanya kegagalan). 

Bisa dipahami gak?


2. Supporter
Supporter to support our dream? Of course, we need them. 
Jangan salah ya, jangan lo pikir kesuksesan seseorang itu murni 100% muncul dari dasar dirinya. Gak selalu kayak gitu, serius. 
Kadang kita perlu pendukung; seseorang yang bisa di ajak berbagi, bisa di ajak menelaah masalah dan bisa ngasih solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Pendukung di sini bukan berarti ‘kekasih’ atau ‘sahabat sejati sehidup semati’ doang. 
Pernah gak sih, lo lebih ngerasa nyaman berbagi kesedihan sama teman biasa daripada sama pacar lo sendiri? 
Pernah? 
Pernah gak? 

Supporter itu kayak elo lagi olahraga panjat tebing. Lo itu udah punya skill sama yang urusannya manjat-manjat, save without safety. Tapi, kalo misal lo manjat di dekat Grand Canyon, gimana? Lo perlu tali pelindung, kan? Lo perlu sesuatu yang bisa menahan lo biar lo gak jatuh dan membantu lo biar lo bisa terus manjat ampe ke atas.

Nah! Itu supporter, seseorang yang bisa menahan lo biar lo gak mundur sewaktu lo ngejar mimpi-mimpi lo, seseorang yang ngedorong kedua kaki kokoh lo itu biar lo keep going ke depan. 

Berarti banget, kan? Iya! Emang.


3. Kesabaran
Sabar. Kalo dalam kamus hidup gue, sabar itu “menahan emosi saat dada lo udah berasa mau meledak.” Sabar buat gue juga bisa di artiin dengan “step by step, little by little, one by one.” 
Kesuksesan seseorang dalam meraih mimpinya itu pasti perlu yang namanya proses, dan dalam proses itulah tingkat kesabarannya diuji. Anggap aja sabar itu anak tangga biar lo bisa get the top point with clearly. Emang si, sabar itu susah. Speak mah gampang, realisasinya yang bikin mau gantung diri. Tapi namanya juga mau sukses. Lo mau sukses juga, kan? Kita semua juga mau kale.


B. Harapan
Harapan itu = keinginan lo yang kalo gak terwujud effectnya nggak terlalu ngena banget. 

Biasanya terucap lewat mulut dan perkataan. Kadang kadar kadaluarsanya cuman seumur jagung. Sering banget harapan seseorang itu gak teralisasi, cuman sekedar speak doang; (Hukumnya itu jadi gini, harapan : speak doang tanpa realisasi) salah banget harapan yang kayak gitu. Harapan itu musti di lakuin, guys, biar ada bukti nyata gitu loh.

Harapan itu secara matematisnya adalah perbandingan antara usaha dan faktor-faktor yang mempengaruhi mimpi seseorang.

C. Usaha = bentuk kinerja atau semacam pengorbanan yang di lakuin seseorang demi mimpi yang dia kejar. Usaha itu grafiknya naik turun,nggak konstan-konstan aja. 
Penurunan usaha itu berbanding terbalik sama ‘tingkat nge-down-nya’ seseorang. 
Makin kecil ‘down’-dia, maka usahanya bakal lebih maksimal.


Jadi rumusnya gini =

(Kekuatan mimpi lo : m)
(Kegagalan : k) 
(Supporter : s)
(Sabar : r)
(Harapan : h) 
(Usaha : u)

u = (k.s.r) : h

m = u

Makin kecil harapan (bentuk realisasi) maka makin besar usaha yang harus lo lakuin. Kalo bisa ni ya, nilai K, S dan P itu setara, tapi lo kebanyakan ngomong? Apa yang terjadi? Nilai U lo bakal jadi besar. Itu artinya lo harus berusaha lebih banyak lagi. Mau apa sekarang? Mau banyak ngomong atau mau banyak usaha? 
Hukumnya itu gini, makin banyak omong lo, makin besar usaha yang musti lo lakuin.

Nah, kekuatan mimpi lo itu harus memerlukan nilai K,S dan P yang gede tapi, membutuhkan nilai H sekecil mungkin agar U yang lo terima ntar juga gede. 
Hukumnya itu jadi kayak gini, kekuatan mimpi lo berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang lo lakuin.

Bisa di pahami gak? Pasti bisa lah. Kalo pun lo gak bisa ngerti, gue juga nggak bisa ngapa-ngapain. Kan gue cuman ngetik doang, gak buka lowongan pertanyaan hahahahaha.

Hufff. Cape juga gue. Dan syukurnya, pembahasan sederhana soal mimpi juga udah selesai.

Semoga lo semua yang ngebaca tulisan gue bisa memahami, kalo niat gue cuman mau berbagi pengalaman. Nilai U-gue juga gak gede-gede banget. Malah kadang 0, guys. Sadri aja gue. Tapi, gue selalu berusaha gimana caranya biar nilai K-S-P gue selalu makin gede, dan nilai H gue selalu makin kecil. Karena gue percaya, mimpi kita itu punya kekuatan. Mimpi itu adalah imajinasi yang wajib diperjuangkan. Dan gue yakin, gak ada yang lebih mengagumkan di dunia ini selain sebuah pembuktian. 

Percaya deh, suatu hari nanti pas lo udah bisa raih mimpi-mimpi lo, lo musti teriak sekencang-kencangnya bahkan kalo bisa sampai semua orang di dunia denger. Terserah lo mau teriak apa. Karena saat lo teriak, saat itu lah kesempatan kebebasan lo di buka sama awan-awan di atas langit sana. Dan lo musti ngelakuin hal itu suatu saat nanti, ya! Raih mimpi lo, teriak bahagia sama udara dan naungan kehidupan yang udah membentuk kepribadian lo sedemikian rupa. Kepribadian seorang pemimpi yang dibangun dari tiang-tiang kerja keras, beton-beton ketegaran, dinding-dinding pantang menyerah dan di tutup sama keramik-keramik rendah hati anti kesombongan. 

Lalu dunia bakal liat, dan orang-orang di bumi bakal tau, gak ada kesuksesan yang langsung bisa kita dekap erat. Semua perlu usaha, perlu pengorbanan, dan perlu keyakinan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020