Why you never look at me?



Listened to Let Her Go by Passenger when you read this one! 



Only know you’ve been high when you’re feeling low
Only hate the road you’re missin’ home

Only know you love her when you let her go

(Inspirated by Passenger - Let her go)


Hujan yang bergeming, dan udara dingin yang perlahan berubah menjadi embun di kaca-kaca jendela kafe. Gue masih duduk di tempat yang sama sejak tiga jam yang lalu. Memainkan kedua bola mata gue dengan berpura-pura sibuk mengamati kemacetan panjang Ibu Kota. Menutup perasaan gue dengan menghindari segala kegiatan yang bakal mempertemukan gue sama dia. Membentengi hati gue dengan tembok besar yang kuat biar nggak ada orang yang tahu, apa yang sebenarnya terjadi sama gue.


IPhone gue bergetar dengan sebaris kalimat “Radit“ di layar panggilannya. Seketika itu juga gue bergegas menghapus airmata yang sedari tadi udah membasahi pipi gue. Baru aja gue buka mulut buat angkat panggilan dia, sebuah teriakan dari ujung telepon sana bikin gue terdiam.


“Fa!” itu teriakan kebahagiaan lo, kan, Dit? Gue tau itu.

“Fa?! Lo di mana? Sumpah! Lo harus dengar cerita gue soal Amalia!” gue cuma bisa meringis pelan waktu dengar nama cewe di ujung kalimat dia.

“Gue di kafe, Dit. Kenapa? Abis jalan lo sama dia?” tanya gue sederhana, seperti biasanya.

“Ntar gue ceritain, lo tunggu gue. I’ll be there!” dan panggilan kami terputus.

Simple banget lo bilang “I’ll be there” ke gue, Dit.


Vanilla Sweet gue udah hampir habis, dan jam tangan gue udah nunjukin pukul 10.40. Dalam derasnya hujan yang beradu dengan kemacetan Ibu Kota, gue tertegun. Terdiam dalam bayang-bayang pikiran gue tentang Radit dan Amalia.

Gue tau jadwal kegiatan lo hari ini, Dit. Lo selesai latihan basket jam lima sore, jam enam sorenya lo ngantar dia kuliah, jam sembilan malam lo jemput sekalian makan bareng sama dia, dan jam setengah sebelasnya lo ngantar dia pulang. Monoton banget hari-hari lo, Dit. Se-monoton gue yang tiap harinya pasti bakal duduk merenung selama berjam-jam.


“Fa!” gue tersenyum begitu lihat dia datang. Lo datang ke sini bukan buat gue, Dit. Gue tau itu. Tapi, gue cuman mau bersikap sewajarnya, seperti saat sebelum perasaan ini ada buat lo.

“Abis ke mana aja lo?” tanya gue beriringan dengan Radit yang mengangkat tangan kanan dia ke arah pelayan kafe.

“Lo pasti nggak bakal percaya sama cerita gue!” seru dia antusias.

“Cerita juga belum, apa yang bakal gue percaya?” komentar gue bersamaan dengan pelayan cafe yang datang ke meja kami.

“Lo pesan apa, Fa?” tanya Radit sambil memajukan badan dia ke arah cangkir Vanilla Sweet gue di atas meja.

“Vanilla Sweet.” jawab gue.

“Ok, Mbak, saya pesan dua Vanilla Sweet. Yang satu nggak usah terlalu manis.” kata Radit yang seketika itu juga bikin gue diam menatap tepat ke mata dia.

“Nggak usah kaget gitu, Fa. Nggak enak kali kalo pas kita cerita, minuman lo abis.” balas Radit begitu dia menyadari bola mata gue yang tertuju ke arah dia.

“Karena lo yang ngajak gue stay di sini, lo harus traktir gue.” ucap gue yang bikin Radit ketawa.

“Iya deh iya. Apa sih yang nggak demi lo, Fa.”


“Apasih yang nggak demi gue, Dit?” Gue minta lo putus ama Amalia, apa bakal lo lakuin, Dit? Nggak, kan?


“Permisi.” sapa pelayan kafe sambil membawa nampan kaca berisi dua cangkir Vanilla Sweet pesanan Radit.

“Makasih, Mas.” balas Radit begitu pelayan kafe itu berlalu.

“Eh, Fa, bentar, ini yang nggak terlalu manis yang mana?” tanya Radit sambil pasang wajah polos dia ke arah dua cangkir Vanilla Sweet di depan kita.

“Udah deh, gue minum yang mana aja juga nggak apa-apa.”

“Jangan kali, bisa mampus gue kalau lo kenapa-kenapa cuman gara-gara minum Vanilla Sweet doang."

Gue kembali terdiam, nggak tau harus ngapain lagi pas Radit mulai mencicipi satu per satu cangkir Vanilla Sweet cuma buat mastiin mana yang nggak terlalu manis. Karena Vanilla Sweet yang nggak terlalu manis itu buat gue, minuman yang nggak terlalu manis itu minuman gue.

“Ini nih punya lo, Fa. Eh, nggak apa-apa, kan gue cicip tadi?” tanya Radit sambil memperbaiki posisi duduk dia. Hujan di luar sana pasti bikin dia menggigil, gue tau itu.

“Kalo kenapa-napa gue juga nggak bisa protes. Udah lo cicip dua-duanya.” balas gue sambil narik satu cangkit Vanilla Sweet di depan dia. Dan saat itu juga dia ketawa, seperti biasanya ketawa dia kalo lagi bareng sama gue.

“Kalo lo protes, gue pulang. Jadi, elo deh yang bayar ni minuman.” cengenges dia; nggak mau kalah bicara sama gue.

“Ah, bawel lo, Dit. Mending gue deh yang pulang.” jokes gue yang bikin dia sigap seketika, “Eit, mana ada kayak gitu!”


Sejujurnya gue males denger cerita lo, Dit. Tapi, gue tau, gue nggak bisa kalo satu hari aja nggak ketemu sama lo.


“Eh, Fa, menurut lo, kenapa ya Amalia tanya soal Agam ke gue?” gue menatap heran ke arah Radit.
Jadi hal ini yang mau lo ceritain sama gue, Dit?

“Cewe lo nanya soal Agam? Jangan-jangan dia mau selingkuh tuh, Dit.” ceplos gue yang sukses bikin satu jitakan ringan melayang di kepala gue.

“Asbun lo, Fa.” komentar Radit yang bikin gue ketawa.

“Itu menurut pendapat gue, kali. Kan, tadi lo nanya. Emang dia nanya apaan ama lo?”

“Dia nanya, gue bareng Agam udah berapa lama sahabatan. Ya, gue jawab aja kalo gue sama Agam sahabatan udah hampir delapan tahun.”

“Terus?”

“Terus dia nanya soal Agam sama lo. Ya, gue jawab kalo lo sama Agam itu juga sahabatan, sama kayak gue ke Agam, sama kayak gue ke elo. Ya, pokoknya gitu lah.”

“Terus?”

“Terus dia nanya, apa Agam ada kasih komentar soal hubungan gue sama dia. Gue jawab seadanya, kalo Agam biasa-biasa aja soal hubungan gue sama dia.”

“Terus?”

“Terus dia bilang ke gue, kalau dia bahagia banget bisa ngabisin waktu hampir tiga tahun ini bareng gue. Dia bilang, dia nggak mau ngelanjutin kuliah jauh-jauh biar bisa bareng gue terus. Sumpah, Fa, gue terharu banget pas denger dia bilang kayak gitu. Lo tau, kan, Amalia jarang banget bikin gue happy. Tapi, malam ini gue dibikin melting sama kata-kata dia.”

“Terus?”

“Terus dia peluk gue, dan nangis di pundak gue. Gue nggak tau, Fa, gue nggak tau kenapa gue ngerasa jadi orang paling bahagia di dunia pas gue bisa balik meluk dia, bisa nenangin dia dengan kata-kata gue yang bilang kalo gue bakal terus ada buat dia. Bullshit nggak, Fa, kalo gue bilang, gue bakal ngelakuin apa aja buat bikin dia bahagia?”


Nggak, Dit. Lo cowo yang bisa dipercaya dan dipegang janjinya. Gue sendiri juga udah buktiin kata-kata lo itu, lo yang bakal ngelakuin apa aja buat bikin Amalia bahagia.


“Kalo buat gue si, bullshit. Misalnya Amalia bahagia dengan mutusin lo, gimana? Lo pasti nggak bakal terima, kan?” tantang gue yang seketika itu juga bikin Radit diam. 

“Atau, Amalia bahagia dengan jadian sama Agam. Apa lo juga bakal terima?” sambung gue dengan lantangnya.

Dan detik itu juga gue liat tatapan mata Radit yang tertuju tajam ke arah gue.

“Dari tadi, omongan lo soal Amalia ngaco, Fa! Lo kenapa?! Apa sekarang lo udah nggak suka lagi sama dia?! Amalia nggak mungkin kayak gitu, jaga omongan lo, Fa!”

“Gue ngomong kayak gitu juga karena denger cerita dari lo, Dit. Awalnya dia nanya soal Agam sama lo. Terus, ujung-ujungnya dia justru meluk lo dan nangis di pundak lo. Bertentangan banget, Dit. Apa sekarang mata hati lo udah ketutup sama cinta buta lo buat Amalia? Sampai-sampai lo nggak bisa bedain mana ucapan yang pake hati, mana ucapan yang pake mulut doang?!”

“Fa, jaga omongan lo! Gue nggak suka lo ngejelek-jelekin Amalia di depan gue! Kalo lo nggak bisa kasih komentar yang baik soal dia, lo jangan buka-buka keburukan dia di depan gue, Fa!”

“Gue nggak buka keburukan Amalia di depan lo, Dit. Gue cuman mau lo buka mata buat liat betapa monotonnya hidup lo selama tiga tahun ini sejak lo bareng dia. Lo sendiri yang bilang sama gue kalo Amalia jarang bikin lo happy. Seharusnya lo sadar, kalo lo cuman dijadiin-”

“Tutup mulut lo, Fa!!!” satu kalimat perintah yang keras dan tegas bikin gue tersentak.
Sontak, pengunjung kafe di dekat jendela kaca menoleh ke arah gue dan Radit.
Sumpah, ini pertama kalinya dalam sepuluh tahun kita sahabatan, lo bentak gue, Dit.

“Gue nggak bisa liat lo jadi budak buat Amalia, Dit. Lo harusnya sadar-”

“Iya! Gue sadar! Gue sadar sama perasaan benci lo ke Amalia yang-”

“Bagus kalo lo sadar, gue benci sama cewe lo.” sela gue yang disambut dengan senyum kecut di bibir Radit.

“Muna lo, Fa. Topeng apa yang lo pake selama ini dengan bersikap welcome waktu gue cerita soal Amalia ke elo?”

“Gue? Muna? Liat diri lo, Dit! Elo yang muna! Elo yang sok-sok-an happy dan bahagia luar biasa, padahal dia nggak respect sedikit pun ke elo!”

“Gue salah nilai lo selama ini, Fa.” balas Radit sambil menatap tajam ke mata gue.

“Iya, lo salah nilai gue selama ini, Dit. Lo salah nilai kehadiran gue buat lo. Yang ada di otak lo selama ini cuma Amalia. Apa lo nggak mikir, cewe mana yang sanggup nyimpen perasaannya bertahun-tahun, dan ngerelain cowo yang dia cinta menderita hanya karena ngejar-ngejar cewe kayak Amalia.” ucap gue pelan, pertanda gue lelah.
Iya, gue lelah, gue cape berpura-pura bahagia dengan hubungan lo sama Amalia, Dit. Tapi, gue bisa apa? Gue nggak bisa apa-apa.


Gue meringis sambil mengangkat kaki buat ninggalin kafe ini. Gue nggak tau, keberanian dari mana sampai-sampai gue bisa ngeluarin kata-kata tadi di depan Radit.


“Gue bukan kado yang abis lo buka, lo buang kertas kadonya. Gue punya hati, Dit. Dan lo harusnya tau itu.” ucap gue sebelum akhirnya langkah-langkah lelah gue membawa gue keluar dari kafe, ninggalin Radit yang nggak gue tau ekspersinya kayak gimana.
Sekarang gue cuma perlu udara bebas buat bisa bernapas dan menutupi airmata gue.


Lo yang gue tunggu, ternyata nunggu orang lain, Dit. Simple banget, ya ceritanya. Mungkin dulu gue bakal terus ada di belakang lo, bakal terus natap punggung lo. Dan kalo lo lagi butuh seseorang, lo cuma perlu berbalik arah dan berjalan beberapa langkah, abis itu gue bakal ada di samping lo, gue bakal ada buat lo. Tapi, sekarang gue udah nggak bisa lagi, Dit. Gue cape, gue lelah, gue bosan cuma jadi pendengar soal Amalia. Kenapa si, Dit? Kenapa lo nggak pernah liat gue? Apa pengorbanan gue selama ini masih belum cukup? Pengorbanan tolol atas perasaan gue sendiri demi kebahagiaan lo.


Gue akhirnya berhenti melangkah di halte bus, dekat toko buku. Udah nggak ada lagi penumpang bus yang nunggu di halte ini, jelas karena jam tangan gue udah nunjukkin pukul 11.50. Angin malam yang semakin menusuk, mengharuskan gue bergumam kesal. Apalagi waktu gue lihat IPhone gue yang bergetar, perlu waktu beberapa detik buat bisa bernapas sebelum akhirnya gue liat siapa yang nelpon gue. Agam.


“Hallo.” ucap gue.

“Hallo, Fa.” balas dia. Gue nggak tau harus jawab apa dengan perasaan gue yang kayak gini, Gam.

“Fa?” tegur Agam yang akhirnya bikin gue buka mulut, “Tumben- tumbenan lo nelpon gue, kenapa?”

“Nggak kenapa-napa, kok. Lo udah tidur ya, Fa?”
Basi banget pertanyaan lo, Gam. Tapi, itu yang gue butuh sekarang. Mungkin lo nggak tau kalo gue lagi duduk sendirian di halte ini.

“Belum, Gam. Lo kenapa nggak tidur?” tanya balik gue ke Agam.

“Rencananya gue mau stargazing Rigel malam ini. Tapi, karena hujan, nggak jadi deh.” jawab Agam ceria. 

“Malam ini ngak ada apa-apa di langit, selain awan kelabu, Gam.” tanpa gue sedari setetes airmata bergulir membasahi pipi kanan gue.

“Iya ni, Fa. Padahal gue mau nandingin Rigel-lo sama Antares-gue.” balas Agam sambil tertawa kecil.
Gue emang nggak bisa bohong, kalau kecintaan Agam sama dunia astrnonomi-lah yang pada akhirnya bisa bikin gue dekat sama dia.

“Fa.” sapa Agam waktu cuma terdengar suara angin malam yang berhembus dalam percakapan gue sama dia.

“Hmmm?” jawab gue pelan.

“Tadi Radit nelpon gue dan minta gue buat jemput lo. Lo ada di mana sekarang?”

Ya, Tuhan. Ngapain Radit minta Agam buat jemput gue? Apa dia masih peduli sama gue? Dan kalau pun dia masih peduli sama gue, harusnya dia yang nganterin gue pulang kayak biasanya.

“Lo nggak bisa bohongin gue, Fa. Lo ada di mana sekarang?” gesak Agam yang akhirnya bikin pertahanan gue hancur.
Gue nggak bisa nahan ini sendirian. Karena Agam tau semuanya, dia tau soal perasaan gue buat Radit.

“Gue cape, Gam.” cuma itu jawaban yang bisa gue kasih ke Agam.

Hening.
Setelah itu hanya terdengar suara isakan tangis gue yang nggak lagi bisa terbendung. Hingga akhirnya gue menutup panggilan Agam.
Gue terlalu banyak membebani lo dengan perasaan gue buat Radit, Gam. Maafin gue.


“Fa.” gue menoleh ke arah kiri halte bus dan mendapati sosok laki-laki berkemeja biru malam yang berdiri sambil membawa sebuah jaket tebal berwarna coklat kelam. Sebuah mobil Volkswage terparkir di depan halte, mengisi kemacetan yang sejak tadi masih berlanjut.

Lo datang buat gue, Gam? Lo jemput gue di sini karena apa? Karena Radit?

Satu detik, dua detik, tiga detik, bahkan sampai sepuluh detik, Agam hanya berdiri di sana tanpa melangkah sedikit pun. Sementara gue mati-matian menahan airmata buat nggak nangis di depan dia.


“Lo udah bilang semuanya sama Radit, Fa?” tanya Agam yang gue jawab dengan pelan, “Ya.”


Detik demi detik berlalu, hingga akhirnya Agam melangkah menghampiri gue. Sumpah, Gam, gue perlu lo sekarang.

Gue menunggu sampai dia tiba di depan gue, dia menunduk dan mengangkat wajah gue yang sejak tadi gue tekuk.

“Lo nggak sendirian, Fa. Ada gue di sini.” detik itu juga gue jatuh dalam pelukan dia, isak tangis yang dari tadi gue tahan akhirnya pecah. Rasanya banyak banget luka yang didera sama hati gue, dan cuma sama Agam gue bisa ngebagi luka itu.

“Gue cape, Gam. Gue cape. Kenapa gue nggak bisa ikhlasin dia buat Amalia? Kenapa gue-”

“Karena terkadang cinta itu egois, Fa. Terkadang cinta itu terlalu menuntut untuk dipenuhi.” sela Agam sambil ngehapus airmata yang membasahi pipi gue. Detik-detik itu berlalu dan gue merasa semakin berat walau cuma hanya ngambil satu tarikan napas.

“Dengerin gue, Fa. Gue nggak peduli berapa banyak cinta lo buat Radit, gue juga nggak peduli sama semua pengorbanan yang lo kasih buat dia, yang penting buat gue adalah lo bisa bahagia. Mungkin bukan gue orangnya, mungkin kebahagiaan lo bukan sama gue. Tapi, gue pengen lo tau, gue bakal ada buat lo kapan pun lo mau, kapan pun lo perlu. Bahkan kalo lo cuma jadiin gue pundak dan sandaran lo buat nangis, gue rela, Fa, asal itu bisa bikin lo bahagia.” ucap Agam yang detik itu juga bikin gue terdiam.

Gue nyakitin hati lo udah sejauh mana, Gam? Udah sesakit apa? Sampai-sampai lo masih bisa bertahan buat gue. Sampai-sampai lo rela ngelakuin ini semua.

“Gue sayang sama lo, Fa.” sambung Agam sambil narik gue ke dalam pelukan dia, memenjarakan tangis gue yang semakin menjadi-jadi.
Hanya suara kemacetan jalan yang mampu gue dengar selain isak tangis gue sendiri, Gam. Dan sekarang cuma lo yang ada di sini buat gue, bukan Radit.

“Ajarin gue, Gam. Ajarin gue buat ngelupain Radit, ajarin gue gimana biar gue bisa benci sama dia, ajarin-”

“Lo nggak bakal mampu ngelupain dia, Fa. Lo cuma perlu berlajar buat terbiasa menjalani hari-hari lo tanpa dia. Lo juga nggak bakal bisa benci sama dia, karena dia nggak pantas buat lo benci, karena nggak ada satu point pun dalam diri dia yang mengharuskan lo buat benci sama dia.” sela Agam.

Dan gue cuma bisa kembali menunduk, menekuk wajah gue, pertanda gue lelah.

“Let him go. If he comes back, then he’s yours.” lagi-lagi ucapan Agam bikin gue terdiam. Nggak ada yang salah sama ucapan dia, semuanya benar. Gue cuma perlu biarin Radit pergi, dan kalo suatu hari nanti dia datang buat gue, itu artinya dia milik gue.

“Ya. I’ll let him go.” balas gue sambil mengangkat wajah dan mencoba tersenyum buat Agam.
Thanks, Gam, lo emang bukan yang gue mau buat jadi pengisi hati gue, tapi lo yang dimau hati gue buat ngisi hari-hari gue.



Malam itu berlalu dengan Agam yang ngantar gue pulang ke rumah. Dan satu Voice Note gue terima sebelum gue terlelap tidur.
Dari Radit, yang bilang “Gue sayang lo, Fa, Raifa Azkia. Trust it.”


“Gue juga sayang lo, Dit.” jawab gue begitu Voice Note itu berkhir.
Dan lagi-lagi, gue cuma bisa menutup wajah gue dengan topeng ketegaran yang gue buat sejak bertahun-tahun yang lalu. Ngebiarin bantal gue basah buat airmata yang menyatu dengan penyesalan di hati gue karena udah mencintai dia; laki-laki yang selama ini nggak pernah liat gue.


“I want you, but I can’t. Although I won’t, but you make me to take this fucking cry. Cuz I never learn how to be stronger, so I just be the wimp to faced this fucking love.”


Gue emang harus relain lo, Dit. Itu yang pengen gue lakuin sekarang. Ngebiarin lo pergi dari hidup gue sambil belajar buat mengakhiri semuanya; persahabatan kita dan rasa gue buat lo. Cuman itu, sesederhana itu.


~If you’re brave to say goobye, life will reward you with a new hello~
(Paula Coehlo)







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aku dan Egoku

A for Awesome ULM

Kilas Balik 2020